infokito

jembatan informasi kito

Berbahaya Anak-Anak Menonton TV Lebih dari 2 Jam Perhari

Posted by infokito™ pada 10 September 2007

Informasi ini penting kita ketahui. Menurut penelitian, anak-anak yang menonton televisi lebih dari dua jam sehari, akan mengalami kesulitan konsentrasi di masa remajanya. Penelitian atas hal ini dilakukan oleh sejumlah peneliti dari Fakultas Kedokteran Dunedin School di Universitas Otago.

Informasi yang juga disebarluaskan oleh American Academy of Pediatrics itu diambil dari penelitian terhadap 1037 anak laki laki dan perempuan yang lahir di tahun 1972 dan tahun 1983, di mana kondisi mereka diteliti sejak usia lima sampai lima belas tahun. Hasil penelitian itu menyebutkan, bahwa anak-aak yang meyaksikan televisi setiap hari pada usia lima hingga lima belas tahun, rata-rata menyaksikan tv 2 jam sehari. Sedangkan anak-anak usia 13-15 tahun menyaksikan televisi sebanyak 3, 13 jam sehari.

Yang menarik, ternyata hasil penelitian itu menyebutkan bahwa anak-anak yang menyaksikan televisi lebih dari 2 jam dalam satu hari di waktu kecil, mereka umumnya mengalami sulit berkonsentrasi ketika mereka mulai beranjak remaja. Sementara anak-anak yang menyaksikan televisi lebih dari 3 jam dalam satu hari, kesulitan konsentrasi akan dialami dalam tingkatan yang lebih besar.

Para dokter itu mengatakan, meski belum diketahui sebab detail tentang apa pengaruh negatif yang muncul dari menonton televisi dikaitkan dengan konsentrasi yang sulit, namun penelitian mereka setidaknya memberi bukti seperti itu. Masih menurut tim peneliti, anak-anak yang terbiasa menonton televisi dengan serius akan lebih mudah memiliki sikap yang bertolak belakang dengan realitas kehidupan. Misalnya saja, si anak akan bertambah malas untuk pergi sekolah. Selain itu, banyak menonton televisi juga berarti akan menghilangkan waktu anak untuk beraktifitas dan bersosialisasi dengan rekan-rekannya yang sebenarnya hal itu akan membantunya bisa memfokuskan pikiran, seperti ketika membaca atau bermain olah raga. (na-str/aljzr)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: