infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Halaman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    Juni 2011
    S S R K J S M
    « Apr   Jul »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    27282930  
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,170,750 hits
  • PojoK

  • GuguK

    Prabumulih Lubuklinggau Pagaralam Pemkab Lahat Banyuasin Muara Enim Musi Banyuasin OKU OKUT Baturaja BPS Sumsel Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

PDAM Tirta Musi akan Berlakukan Tarif Baru

Posted by infokito™ pada 7 Juni 2011

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang akan memberlakukan tarif baru untuk penggunaan air bersih mulai Juli 2011 mendatang. Tarif sebelumnya yang rata-rata Rp3.400/m3 akan naik menjadi Rp 3.700/m3–Rp 3.800/m3. Implementasi kenaikan tarif ini akan diberlakukan untuk semua jenis pelanggan di Kota Palembang.

Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang Syaiful, DEA mengatakan, pemberlakuan tarif baru ini mengikuti Peraturan Wali Kota Palembang No 50/2011 tentang Penetapan Tarif Air Minum PDAM Tirta Musi Palembang. Selain itu, kenaikan ini diterapkan dalam menyikapi kenaikan tarif dasar listrik, kenaikan bahan kimia,dan biaya operasional lainnya.

“PDAM sudah lama tidak melakukan perubahan tarif air minum sejak 4,5 tahun lalu atau tepatnya sejak 2007. Tahun ini kita naikkan tarif 10% untuk semua kelompok pelanggan,” kata Syaiful di ruang kerjanya kemarin. Penyesuaian tarif air minum ini, kata dia, masih jauh lebih rendah dibandingkan tarif perusahaan air minum swasta di Kota Palembang. Begitu juga dibandingkan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) yang mencapai 18%.

“Kenaikan TDL sejak Juli 2010 menambah pengeluaran hingga Rp2,1 miliar untuk biaya pembayaran listrik,” bebernya. Syaiful mengimbau masyarakat lebih menghemat penggunaan air bersih. Menurutnya, pemakaian air bersih warga Palembang dinilai cukup tinggi.

“Pemakaian air di Palembang ini mencapai 200 liter per orang per hari. Padahal, idealnya hanya 150 liter/hari/orang. Jika masyarakat bisa lebih hemat, biaya per bulan tidak akan mahal, meskipun sudah ada kenaikan tarif,” tukasnya. Dengan adanya kenaikan tarif, akan berdampak besar terhadap perolehan pendapatan yang dibukukan. Sekaligus, mendorong PDAM untuk merealisasikan target pelayanan air bersih secara prima kepada seluruh masyarakat Kota Palembang sekitar 95%.

“Ya, penyesuaian tarif air minum PDAM Tirta Musi ini guna mencapai pelayanan prima serta untuk mencapai target pengembangan pelayanan air minum kepada masyarakat yang belum terlayani air minum,” sebutnya. Terpisah, Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra mengatakan, kenaikan ini dinilai layak dan pihaknya mendukung langkah perusahaan daerah milik Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang untuk menaikkan tarif penggunaan air bersih tersebut.

“Tentu saja layak naik karena jika tidak naik, biaya operasional tidak akan tertutupi. Tentunya kenaikan tarif itu juga harus diimbangi dengan memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan air bersih PDAM,” kata Eddy kemarin.***yulia savitri/sindo

2 Tanggapan to “PDAM Tirta Musi akan Berlakukan Tarif Baru”

  1. PDAM SUSAH BANGET…MEMBUAT SENGSARA RAKYAT,KAMI MOHON UNTUK DINYALAKAN…SUDAH TIGA HARI KAMI TIDAK MANDI DAN MASAKKK………..

  2. samendra said

    cakmano caronyo klo nak ngecek biaya tagihan online???

    bls

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: