infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Halaman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    Februari 2010
    S S R K J S M
    « Jan   Mar »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,199,413 hits
  • PojoK

  • GuguK

    Prabumulih Lubuklinggau Pagaralam Pemkab Lahat Banyuasin Muara Enim Musi Banyuasin OKU OKUT Baturaja BPS Sumsel Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Senam Otak, Cara Atasi Anak Sulit Belajar

Posted by infokito™ pada 22 Februari 2010

Bukan hanya tubuh yang butuh senam, tapi otak pun juga perlu senam. Brain gym adalah rangkaian latihan gerakan sederhana yang dilakukan untuk memudahkan kegiatan belajar. Menurut dr Irfanuddin SpKO, rangkaian gerakan yang dilakukan bisa memperbaiki konsentrasi belajar si kecil, meningkatkan rasa percaya diri, dan menguatkan motivasi belajar. Selain itu juga dapat membuatnya lebih mampu mengendalikan stres. ’’Itulah sebabnya, latihan ini cocok untuk si kecil, terutama untuk menunjang belajarnya di sekolah,’’ungkapnya.

Dijelaskanya, senam otak sangat praktis, karena bisa dilakukan di mana saja, kapan saja, dan oleh siapa saja. Porsi latihan yang tepat adalah sekitar 10-15 menit, sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Ia mengatakan, metode yang diciptakan ini bertujuan untuk menolong para pelajar agar memanfaatkan seluruh potensi belajar alamiah (yang terpendam) melalui gerakan tubuh dan sentuhan. Apalagi ditemukan bahwa beberapa anak berusaha terlalu keras, sehingga mekanisme integrasi otaknya justru dilemahkan. “Akibatnya, anak malah mengalami hambatan dan kesulitan dalam belajar. Padahal, sebenarnya integrasi otak diperlukan agar kegiatan belajarnya utuh,” jelas Irfanuddin.

Senam ini, sambungnya, sebaiknya dilakukan ketika si kecil berusia 6 tahun. Sebab, pada usia ini biasanya ia sudah dapat memberi respons terhadap apa yang diinginkan oleh orang lain. Kalau pun tidak mampu merespons, ia tetap dapat melakukan senam secara pasif. Artinya, dalam posisi berbaring, si kecil tetap dapat dituntun untuk melakukan berbagai gerakan.

Lebih jauh Irfanuddin menerangkan, ada berbagai macam gerakan brain gym. Pertama, gerakan sakelar otak, jaringan lunak di bawah tulang selangka di kiri dan kanan tulang dada) dipijat selama 20-30 detik dengan satu tangan. Sementara tangan lainnya memegang atau memijat sebelah kanan dan kiri pusar. “Gunanya mengoptimalkan keterampilan motorik halus, memperbaiki sikap tubuh, meningkatkan energi, mengurangi stres visual dan relaksasi tengkuk serta bahu,” ujarnya.

Gerakan kedua, yakni gerakan silang. Gerakan ini mengaktifkan hubungan kedua sisi otak dan merupakan gerakan pemanasan untuk semua keterampilan yang memerlukan penyeberangan garis tengah bagian lateral tubuh. Gunanya untuk  mengoptimalkan pekerjaan menulis, mendengar, membaca dan memahami, meningkatkan stamina, memperbaiki pernapasan, pendengaran dan penglihatan.

Kemudian, ketiga, gerakan tombol bumi. Ujung salah satu tangan menyentuh bawah bibir, ujung jari lainnya di pinggir atas tulang kemaluan (15 cm di bawah pusar). Di sentuh selama 30 detik atau 4-6 kali tarikan napas penuh. “Gerakan ini gunanya  untuk  mengurangi kelelahan mental (stres), mengoptimalkan jenis pekerjaan seperti organisasi, perancangan seni, pembukuan.’’

Gerakan selanjutnya yakni tombol imbang. Gerakan ini akan mengembalikan tiga dimensi keseimbangan tubuh (kiri-kanan, atas-bawah, depan-belakang). Tekan ’tombol imbang’ 4-5 cm ke kiri dan ke kanan dari garis tengah/lekukan di batas rambut antara tengkorak dan tengkung di atas tulang belakang, sementara tangan satunya menyentuh pusar, selama 30 detik. “Gunanya mengerti konsep yang tersirat (saat membaca), mengkritisi, mengurangi mabuk perjalanan dan tekanan di kuping karena perubahan ketingian, mengoptimalkan pekerjaan menulis laporan, memakai telepon atau komputer,” jelasnya.

Terakhir, tambah Irfanuddin, gerakan kait relaks. Tumpangkan kaki kiri di atas kaki kanan, dan tangan kiri di atas tangan kanan dengan posisi jempol ke bawah. ’’Gerakan ini berguna untuk pengendalian diri dan keseimbangan,’’terangnya.***(mg39/sumeks)

3 Tanggapan to “Senam Otak, Cara Atasi Anak Sulit Belajar”

  1. Tri Sigit Sulistyo said

    Salam kenal ….
    Butuh info perhitungan biaya di bisnis konveksi dan harga mesin2 konveksi baru dan second. Cari aja di tempat saya.

    http://supercosting.wordpress.com

    http://www.konveksi.info.com

  2. beni. Tebatsari said

    Terimakasih ya pak/bu telah membarikan sesuatu yang sangat berguna untuk dan bagi kami.

  3. Artikel menarik..blognya juga keren..
    Saya juga punya artikel tentang dunia anak-anak di blog saya..
    Ada juga :
    1. Tips parenting
    2. Pendidikan kreatif anak
    3. Dongeng pendidikan..
    4. Lagu anak
    5. D l l
    Semua ada di http://lagu2anak.blogspot.com

    Salam kenal dari Kak Zepe
    Mari bertukar link.. 
    ,,,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: