infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Halaman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    November 2008
    S S R K J S M
    « Okt   Des »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,194,595 hits
  • PojoK

  • GuguK

    Prabumulih Lubuklinggau Pagaralam Pemkab Lahat Banyuasin Muara Enim Musi Banyuasin OKU OKUT Baturaja BPS Sumsel Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Beasiswa Miskin Pemprov Sumsel Rp38 Miliar

Posted by infokito™ pada 25 November 2008

Sebanyak 126.700 siswa SMA/SMK kurang mampu di 15 kabupaten/kota mendapat beasiswa dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel). Pasalnya, pemprov telah mengalokasikan dana bantuan pendidikan lebih dari Rp38 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2008.

Pengelola Dana Subsidi Yayasan Perguruan Swasta pada Dinas Pendidikan (Disdik) Sumsel Madjid Sirin mengatakan, realisasi pencairan dana dibagi dalam tiga tahap.

Tahap pertama, telah dicairkan pada 19 September 2008 lalu sebesar Rp10,2 miliar. Dana ini dialokasikan kepada 33.871 siswa di 6 kabupaten/ kota, yaitu Ogan Ilir (OI), Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, Banyuasin, Musi Banyuasin (Muba), dan Kota Prabumulih.

”Hanya 6 kabupaten/kota ini yang siap lebih dulu untuk mempertanggungjawabkan secara administratif sehingga mereka bisa mendapat giliran pertama,” ungkap Madjid kemarin.

Untuk tahap kedua, pencairan dana telah dilakukan pada 13 Oktober 2008 kepada 88.889 siswa dari 8 kabupaten/ kota. Adapun daerah dimaksud, yakni Lubuklinggau, Musi Rawas, Palembang, Lahat, Pagaralam, Muaraenim, OKU Timur, dan Ogan Komering Ilir (OKI). Pada tahap kedua ini, total dana yang dicairkan lebih dari Rp26,6 miliar.

”Berarti, hingga saat ini total dana bantuan pendidikan yang telah disalurkan sebesar Rp36,8 miliar untuk 122.760 siswa,” ujar Madjid.

Sedangkan, pencairan dana tahap ketiga masih dalam proses penerbitan surat perintah membayar (SPM). Dana ini, sebut dia, akan disalurkan ke 1.792 siswa yang ada di Kabupaten Empat Lawang, dengan total dana lebih dari Rp537 juta. Namun, diperkirakan paling lambat dana tersebut akan dicairkan pada awal Desember 2008 mendatang.

“Yang jelas, sebelum akhir tahun anggaran, dipastikan dana tersebut bisa diterima para siswa,” tandasnya.

Madjid menambahkan, bantuan subsidi setiap siswa sebesar Rp300.000 dan berlaku selama satu tahun. Penyaluran dana akan dilakukan langsung melalui kantor pos.

Semua siswa yang terdaftar sebagai penerima subsidi APBD adalah mereka yang tidak menerima dana bantuan khusus siswa atau beasiswa lainnya. Hal ini dimaksudkan agar semua beasiswa yang dialirkan ke sekolah-sekolah bisa dinikmati setiap siswa.

”Dalam penyaluran dana ini, pihak Disdik telah bekerja sama dengan PT Pos Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan pada Disdik Sumsel Eddy Manhar menuturkan, bantuan ini akan diberikan dalam bentuk tunai sehingga dalam penggunaannya akan dipercayakan sepenuhnya kepada para siswa masing-masing.

Tujuan pemberian subsidi ini, kata dia, untuk membantu meringankan kebutuhan pendidikan siswa. Karena itu, dia mengimbau agar dana tersebut tidak disalahgunakan. Ke depan, diharapkan penyaluran dana bantuan dapat diteruskan dan ditingkatkan.

“Saya harap dana ini bisa dimanfaatkan dengan baik, seperti untuk membeli buku, seragam sekolah, atau membayar uang sekolah lainnya. Jangan sampai setelah uang diterima, justru dipakai untuk nonton atau makan,” tandasnya. (febria astuti/SINDO)

24 Tanggapan to “Beasiswa Miskin Pemprov Sumsel Rp38 Miliar”

  1. Eva Agustina Siahaan said

    Kepada YTH: Pemerintah Sum-Sel
    di tempat

    Dengan hormat,

    Saya Eva Agustina Siahaan, dari desa V. Surodadi, kec. Tugumulyo, Saya sekarang mahasiswa kedokteran hewan semester 4 di Universitas Udayana, Bali. Orang tua saya cuma PNS biasa yang gajinya tidak mencukupi untuk biasa kuliah saya yang lumayan besar. IPK saya 3.02, apakah pemerintah SUM-SEL menyediakan beasiswa buat mahasiswa seperti saya?? Jika iya, apakah syarat-syaratnya.. Trima kasih. Dan sukses buat SUM-SEL.

  2. Bambang Deriyanto said

    Kepada YTH: Pemerintah Sum-Sel
    di tempat

    Dengan hormat,
    Saya Bambang deriyanto, saat ini saya kuliah di ITB jurusan T.Geodesi, saya berasal dari Palembang,saya ingin menanyakan, apakah ada beasiswa bagi warga sumsel yg kuliah di luar daerah, karna pada saat ini saya kesulitan keuangan..mohon bantuan informasinya..Trima kasih. email : abenk77@gmail.com

  3. andremin said

    mat.amin
    24 septeber 2009 pada 00.00 wib

    Kepada YTH: Pemerintah Sum-Sel
    di tempat

    Dengan hormat,

    Saya Mat.Amin,dari Desa Tanjung Laga.Kec.Tanjung Laga.Saya sekarang mahasiswa Pendidikan Agama Islam semester 5 di IAIN Raden Fatah Palembang,Orang tua saya cuma dagang biasa yang kadang untung dan rugi, tidak mencukupi untuk biaya kuliah saya yang lumayan besar. IPK saya 3.73, apakah pemerintah SUM-SEL menyediakan beasiswa buat mahasiswa seperti saya?? Jika iya, apakah syarat-syaratnya.. Trima kasih. Dan sukses buat SUM-SEL.
    ini nomor kontak saya 081977839282

  4. Nurjanah said

    Kepada YTH
    pemerintah Sum-sel

    nama saya nurjanah,saya lulus smk tahun ini,saya ingin sekali bisa melanjutkan kuliah di perguruan tggi mana saja.orang tua saya hanya petani karet milik orang(paruh).sejak tgkat mts sampai smk saya sring dapat peringkat 3 besar dikelas.tp saya tdak ditawari untk ikt program beasisw manapun.pernah ikt tes poltek sekayu hanya lulus tahap satu.mohon bntuan biaya pendidikan.dan apa syarat2 yg harus saya penuhi dan dikirim kemana?

  5. rahmat said

    aslm saya rahmat ardi wijaya selaku mahasiswa IAIN RADEN FATAH PALEMBANG ,sangat mendukung dengan adanya beasiswa dapat meningkatkan semangat belajar,saya menyarankan jangan hanya untuk mahasiswa yng tidak mampu tapi juga mahasiswa yang berprestasi di bidang apapun,baik akademik, olaraga maupun hal yng lainya sehiinga menciptakan SDM yang berkualitasssss

  6. Try Utami Handayani said

    Kepada YTH : Pemerintah Sum-Sel
    di tempat

    Dengan Hormat,

    Saya Try Utami Handayani, dari Kabupaten Lahat. Saat ini saya sedang kuliah semester 5 di Politeknik Negeri sriwijaya, karena masalah keuangan saya kesulitan untuk bisa melanjutkan ke semester berikutnya. IPK saya 3.41, apakah pemerintah SUM-SEL menyediakan beasiswa buat mahasiswa seperti saya?? Jika iya, apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi???
    ini nomor kontak saya 0852 6829 3198
    e-mail : Malling_Pirates@yahoo.com
    Terima Kasih.

  7. suparno said

    Kepada YTH : Pemerintah Sum-Sel
    di tempat

    Dengan hormat,

    Saya Suparno, dari kab. MUSI banyuasin. saat ini saya sedang di kelas 3 MA Negeri MODEL Skayu, besar sangat keinginan saya untuk melanjutkan ke peruruan tinggi, namun mengingak perekonomian keluarga saya yang bisa di bilang kurang mampu. saya tak yakin kalau saya bisa melanjutkan ke perguruan tinggi. Pak \ Buk.. apakah ada pemerintah menyiapkan beasiswa buat saya?? kalau ada tolong informasikan ke saya. karna saya benar – benar bimgumg pa yang harus saya lakukan saat ini.
    e-mail: pharnoes@yahoo.co.id

    terimakasih

  8. peki herian putra said

    ass,,,
    kepada : pemerintah sum-sel
    di tempat
    dengan hormat
    Sehubungan dengan dilanjutkannya studi yang saya lakukan pada jenjang Strata 1 (S.1) Program Studi Pendidikan teknik elektronika, Universitas Negeri Padang (UNP), serta mengingat besarnya dana yang diperlukan dalam setiap tahunnya, maka dengan ini saya memohon bantuan dana pendidikan. Sebagai bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu, berikut saya lampirkan:

  9. peki herian putra said

    Kepada Yth: pemerintah sum-sel
    dengan hormat

    Sehubungan dengan dilanjutkannya studi yang saya lakukan pada jenjang Strata 1 (S.1) Program Studi Pendidikan teknik elektronika, Universitas Negeri Padang (UNP), serta mengingat besarnya dana yang diperlukan dalam setiap tahunnya, maka dengan ini saya memohon bantuan dana pendidikan.
    nama : peki herian putra
    perguruan tinggi : universitas negeri padang
    asal : ds embacang baru, kec karang jaya, kab musirawas, prov sumsel
    no hp: 087898049096

  10. susilawati said

    ass…
    kpd yth pemda sumsel

    saya susilawati mahasiswa universitas negeri padang jurusan geografi dari musi rawas. saya sedikit mengalami kesulitan untuk dana pendidikan saya. apakah pemda MURA tidak menyediakan beasiswa bagi generasinya yang melanjutkan di jenjang pergiruan tinggi??
    saya mohon informasinya jika ada dan apa-apa saja persyaratannya?
    terima kasih
    wass……

  11. kepada Yth. pemerintah sumatera barat
    dengan hormat….

    ASALAMUALAIKUM….WR..WB..
    saya indra sukriadi mahasiswa STEI yogyakarta saya mohon untuk meringan kan beban biaya kuliah.
    Ini permohonan beasiswa,atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih…

  12. Muhamad Edward said

    Kepada YTH: Pemerintah Sum-Sel
    di tempat

    Dengan hormat,

    Saya Muhamad Edward, dari Kota Palembang. Saat ini saya sedang kuliah semester 2 IAIN Raden Fatah Palembang, karena masalah keuangan saya kesulitan untuk bisa melanjutkan ke semester berikutnya. IPK saya 3,79, apakah pemerintah SUM-SEL menyediakan beasiswa buat mahasiswa seperti saya?? Jika iya, apa saja syarat-syarat yang harus dipenuhi???
    edo.arai@gmail.com
    ini nomor kontak saya 0852 6829 3198

  13. hafizen said

    saya mahasiswa s2 UGM asal sumsel, berminat mengajukan beasiswa, mohon info,,,

  14. Mahmud Basuki said

    Kepada YTH: Pemerintah Sum-Sel
    di tempat

    Assalamu’alaikum,
    Dengan hormat,
    Saya mahasiswa s1 Teknik Industri UIN Yogyakarta asal MUBA SUM_SEL, berminat mengajukan beasiswa, mohon info,
    email : jofunka@gmail.com

  15. aziza said

    assalamua’laikum wr wb.

    6 februari 2011

    Kepada Yang Terhormat pemerintah sum-sel

    Dengan hormat.

    Pak, saya adalah mahasiswa s1 fakultas ekonomi jurusan akuntansi Univ Islam Riau ,saya asal dari sumsel,ingin sekali berminat mengajukan beasiswa.saya anak yatim pak.mohon dengan sangat untuk bantuannya pak.sebelumnya saya haturkan ribuan terima kasih.mohon infonya,email icha_imoet26@yahoo.com

  16. Yth
    Pemprov Sum-sel

    Perkenalkan, saya Masagus Halim Taufik, mahasiswa S1 ITB angkatan 2010. sekarang saya kuliah di Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan. Sekarang saya sedang membutuhkan bantuan beasiswa untuk membayar uang SPP saya semester II ini. apakah pemprov Sumsel menyediakan dana beasiswa yang sedang saya butuhkan ini?

    mohon informasinya

    terima kasih.

  17. Yoppy Kurniawan said

    Kepada pemprov Sum-Sel

    saya ingin mengajukan beasiswa dan saya butuh info yang lengkap tentang syarat beasiswa tersabut.

    terima kasih.

    salam wong kito galo

  18. yuli said

    Kepada Yang Terhormat
    pemerintah sum-sel

    Dengan hormat.

    Pak, saya adalah mahasiswa s1 fakultas ilmu pendidikan jurusan pendidikan luar biasa universitas negeri jakarta ,saya asal dari sumsel,ingin sekali berminat mengajukan beasiswa.mohon dengan sangat untuk bantuannya pak.sebelumnya saya ucapkan terima kasih.mohon infonya,email luversp@yahoo.com

  19. M.Fadli Hartanu said

    Kepada Yang Terhormat
    pemerintah sum-sel

    Dengan hormat.

    saya M.FADLI HARTANU saya adalah mahasiswa S1 fakultas Kedokteran di Universitas Abulyatama Aceh, ayah saya adalah seorang sopir yang pendapatan nya tidak menentu,,, saya sudah mengajukan permohonan kepada Pemerintah ACEH agar berkenan untuk membantu, tapi sedikitpun tak ada respon dari sini,sekiranya saya sebagai asli warga palembang khusunya di pendopo tl.ubi,agar dapat memberikan bantuannya,demi kemajuan dan kesuksesan putra daerah,saya mohon infonya,di no HP:085260170603,,, dengan segala hormat saya minta maaf sebelumnya dan saya ucapkan terima kasih…

  20. Heri Suhendar said

    Kepada YTH: Pemerintah Sum-Sel
    di tempat

    Dengan hormat,

    Saya Heri Suhendar, dari Kabupaten Musi Banyuasin, Kecamatan Sungai Lilin. Saat ini saya sedang kuliah semester 3 Universitas Negeri Padang, Jurusan Teknik Pertambangan (Diploma) karena masalah keuangan saya kesulitan untuk bisa melanjutkan ke semester berikutnya. IPK saya 3,35.
    Bagaimana persyaratannya ?
    Saya mohon bantuannya kepada Pemerintah Sumatera Selatan, karena saya anak yatim yang kurang mampu untuk melanjutkan perkuliahan.

    Hormat Saya

    Heri Suhendar

    Email : http://www.herisuhendar18@yahoo.co.id
    HP : 0813 7310 8396

  21. sabarudin said

    Kepada YTH: Pemerintah Sum-Sel
    di tempat

    Dengan hormat,

    saya sabarudin, dari kabupaten ogan komering ilir, kecamatan mesuji makmur, desa kampung baru.

    saya mau tanya apakah ada beasiswa untuk mahasiswa?

    kalau ada apakah persyaratannya dan kapan pendaftaranya?

  22. Aan Andrianto said

    Kepada YTH: Pemerintah Sum-Sel
    di tempat

    Dengan hormat,

    pak nama saya Aan Andrianto,dari kabupaten musirawas,alhamdulilah saat ini saya memasuki smester 4 di universitas Jambi,jurusan DIV keuangan Daerah,saya minta partisipasi nya kepada bapak(pemerintah Sum-Sel) untuk memeberikan bantuan biaya kepada kami dari mahasiswa,, dan kawan mahasiswa lain nya,,, tisak panjang dan lebar saya harap pemprov sum-sel bisa mengabulkan pengajuan kami.
    terima kasih…………………
    Email : Aan_adria55@yahoo.co.id
    No Hp : 082184779694

  23. Kepada Yth: pemerintah sum-sel
    dengan hormat

    Sehubungan dengan dilanjutkannya studi yang saya lakukan pada jenjang Strata 1 (S.1) Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), serta mengingat besarnya dana yang diperlukan dalam setiap tahunnya, maka dengan ini saya memohon bantuan dana pendidikan.
    nama : Minarti
    perguruan tinggi : universitas muhammadiyah yogyakarta ( UMY)
    asal : Ds.Srigunung Dusun V, kec Sungai Lilin, Musi banyuasin Sumsel
    no hp: 081273184773
    email; minarti773@gmail.com

    mhon info dari bapak,
    trimakasih

Berikan Balasan

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

