infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Amerika Serikat Tertarik Kerja Sama dengan Sumsel

Posted by infokito™ pada 12 November 2008

Pemerintah Amerika Serikat tertarik untuk bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dalam berbagai bidang, baik ekonomi, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Hal itu disampaikan Konsulat Jenderal Amerika untuk Sumatera Mr Sean Stein seusai silaturahmi dengan Gubernur Sumsel Alex Noerdin di Kantor Gubernur Sumsel kemarin.

“Setelah mendengar visi pemerintahan provinsi di Sumsel melalui Pak Alex Noerdin, saya menjadi lebih paham dan harus segera ke kantor untuk berbicara dengan industri dan Pemerintah Amerika mengenai apa yang bisa mereka bantu, termasuk bagaimana cara membawa investasi ke sini,” ujarnya.

Dia mengatakan, Amerika banyak memiliki program untuk memperkuat Sumsel, baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, memberantas korupsi, maupun program kesehatan yang bagus. “Kami melihat prioritas gubernur sama dengan prioritas kami, seperti menanggulangi kebodohan dan akses kesehatan yang baik. Dengan senang hati kami mau bekerja sama untuk membantu,” ungkapnya.

Mr Sean menambahkan, Amerika memperhatikan Sumsel karena mereka sudah memiliki hubungan istimewa yang bersejarah dengan Sumsel dan Konsulat Jenderal USA di Sumatera pertama didirikan di Palembang pada 1842. “Selanjutnya, Amerika akan membuat program menyerupai Sumatera Foundation dengan politeknik di Banda Aceh yang setelah beberapa tahun menjadi yang terbaik di Indonesia. Tetapi, untuk bentuk konkretnya belum dapat saya jelaskan,” ucap dia.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin membenarkan kunjungan Konjen Amerika untuk Sumatera guna bersilaturahmi. “Kemungkinan kami akan memperoleh bantuan untuk rumah sakit dan sekolah dari Amerika selain Sumatera Foundation,” ungkapnya.

Dia menambahkan, dari pembicaraan yang dilakukan, kemungkinan Pemerintah Amerika akan membuka konjen di Sumsel karena mereka merasa Sumsel akan menjadi provinsi paling maju di Sumatera, yang kemungkinannya dalam waktu tiga tahun. (muhlis/sindo)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: