infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Halaman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    September 2008
    S S R K J S M
    « Agu   Okt »
    1234567
    891011121314
    15161718192021
    22232425262728
    2930  
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,170,035 hits
  • PojoK

  • GuguK

    Prabumulih Lubuklinggau Pagaralam Pemkab Lahat Banyuasin Muara Enim Musi Banyuasin OKU OKUT Baturaja BPS Sumsel Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Sulsel Punya Tambang Emas Terbesar di Dunia

Posted by infokito™ pada 25 September 2008

Sulawesi Selatan merupakan provinsi yang memiliki tambang emas terbesar di dunia yang hingga saat ini belum dieksplorasi. Padahal potensi ini memberi kesempatan kerja dan peningkatan pendapatan bagi masyarakat

Bahkan, kata ahli geologi dunia asal Malaysia, Datu Azis Chemor, pada ekspose “Peluang Tambang Emas Sulsel” di ruang Rapim kantor Gubernur Sulsel, di Makassar, Senin. Dalam peta pertambangan dunia, Sulsel merupakan sentra jalur emas di dunia.

Ekspose potensi tambang emas Sulsel yang menjanjikan kehidupan masyarakat yang lebih baik di masa mendatang dihadiri Gubernur Syahrul Yasin Limpo, Wagub Agus Arifin Nu’mang, Bupati dan Wakil Bupati daerah tersebut.

Potensi tambang emas Sulsel tersebar di sejumlah kabupaten, yakni Luwu, Luwu Utara, Palopo, Luwu Timur, Tanatoraja, Pangkep, Barru, Bone, Jeneponto, Takalar, Gowa, Maros, Selayar dan Wajo, perlu dijaga dan diawasi supaya dapat diolah menjadi industri yang menjanjikan kehidupan yang layak bagi warga di daerah itu.

Hanya saja, lanjutnya, untuk pemanfaatan dan pengelolaan sumber daya alam ini menjadi  emas maka harus dibangun industrinya yang investasinya cukup besar, termasuk desain lokasinya, survey lapangan, studi kelayakannya dan lainnya.

Menurut Datu Azis yang didampingi Edward Brennan, ahli pertambangan asal Australia, kandungan emas yang tersimpan di perut bumi sedalam lebih kurang 200 meter banyak ditemukan dalam kawasan hutan lindung di daerah kabupaten tersebut sehingga jika akan dikelola bisa berbenturan dengan instansi yang menangani kehutanan.

“Bank Dunia takut mendanai tambang emas sebab banyak risikonya,” ujarnya seraya menambahkan, sudah banyak investor asing melirik potensi ini untuk diolah menjadi industri emas.

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo meminta para bupati dan anggota muspida kabupaten/kota menjaga tambang emas yang banyak dijumpai di daerah ini supaya orang-orang tidak masuk ke area kawasan hutan lindung yang banyak menyimpan emas.[depdagri]

12 Tanggapan to “Sulsel Punya Tambang Emas Terbesar di Dunia”

  1. al fakhr said

    Bos lu mau invest emas dan dinar emas, gw mau sharing ke lu-lu pada dimana beli emas dan dinar emas yang dijamin asli dan tidak menipu, lu buktiin aj ndiri, bnyk kok yang dah beli dari jawa, banyak deh apalagi bandung itu markasnya,

    coba lu lihat disini bos http://geraidinarbandung.wordpress.com, dia itu sebuah usaha yang menjual emas 24K dan dinar emas bersetifikat ANTAM dan bernomor seri, pembelian dapat dilakukan dengan tatap muka (untuk daerah bandung) dan pembayaran juga bisa dibayar pada saat transaksi (khusus Bandung) bagi diluar Bandung Dia mengenai ongkos kirim+asuransi yang tidak mahal dan mengacu pada harga FEDEX karena perusahaan diaberkerjasama dengan FEDEX dalam pengiriman emas.
    Coba aj tanya dengan pemilik http://geraidinarbandung.wordpress.com
    dan lihat juga harga terupdate
    di webnya http://geraidinarbandung.wordpress.com
    cara belinya ada di webnya…
    di GeraiDinar Bandung tanpa daftar untuk membeli..
    Terimakasih Atas pertanyaannya
    ga ribet dah Coba aja lu hubungi pemiliknya

  2. Effendy Syarief said

    sy ada produk untuk pengelolah emas seperti : 1. MERCURY made in SPANYOL,USA,PERU,GERMANY, 2. Zodium Cyande made in KOREA Taekwang,Ceko 3.Carbon Davo 4. PBNU3 CHINA 5. ZINC NOODLEE 6. COUSTIC ZODA PREAL,CHINA 7. BORAX TURKEY 8.ZINC DASK . minat hubungi Effendy Syarief hp 0818686707

  3. ahmad afandi said

    Wah…… Indonesiaku kaya raya, emas memang menyilaukan sehingga kita harus menyipitkan mata.coba kita bayangkan jika kita menyipitkan mata “akankah pandangan kita lebih luas atau lebih sempit?”.
    dengan bulat dan lantang kukatakan TIDAK untuk adanya penambangan dengan alasan apapun.

  4. judika said

    gimana cara mengelola emas mentah menjadi emas murni

  5. memox said

    emangnya emas bisa di makan…?
    mending ditanami pohon buah atau yang lainnya.
    kalau ada tambang tar yang ada malah ekosistem disekitarnya rusak n tercemar oleh limbah pertambangan.
    toh bagian untuk kita juga kecil…!
    padahal disana terdapat logam atau bahan tambang yang lebih mahal dari emas. seperti plutonium, uranium dsb.
    tar yang rugi pihak kita pemilik tanah.
    kalau investor tinggal angkat kaki tanpa pikir panjang.
    kalau dah keluar negeri mana mungkin pemerintah indonesia bisa nangkap tu orang…!
    heheheheh…!!!

  6. Ahmad said

    Asal Sumberdaya Alam yang terbesar jangan di jual ke pihak asing,
    Jangan nanti seluruh bupati se Sulsel yang menjaga demi ekosistem, tapi nanti diam-diam mengundang pihak luar (asing) untuk mengexploitasi, banyak kejadian selalu daerah-daerah yang potensial dengan alasan ekosistem lalu di jual diam-diam seperti contoh Freeport di Tembaga Pura, New Mont di Sumbawa, dan banyak lagi yang lain,
    Lebih baik kalau memang bisa mensejahterakan rakyat, Pemerintah daerah membuat Perusahaan Daerah untuk mengelola supaya rakyat bisa menikmati,

  7. berat berat said

    lu pada g kasian sm bumi indonesia tercinta. Penambangan bisa diproses cm dalam hitungan tahun, 1-20 thn, tp penghijauan bth brp tahun? apalagi tanah yg tergerus tidak bisa dikembalikan. apa jadinya Bumi ini kalo hny dg alsn ada sumbr dy alam yg melimpah lantas mempercepat kerusakan habitat manusia. mau km smua mati cepat krn pergeseran/tanah ambles akibat maraknya pertambngn…
    gue ngomng gni krn gue krj d prshn tmbng n sdh resign. jujur gue kshn lihat tanah trcinta yg diprjual blikn sm bngs asing. Syesel gue msk dprshn tmbng emas kmrn, krn scr g lngsng gue mndukung penghncuran bumi yg dilkukn bngsa asing thdp tanhq tercinta.

  8. berat berat said

    Dasar manusia egois….
    Mereka yg berumur pendek saja yg ingin hidup seenak-enaknya selama masih didunia tnp memikirkn klangsungan keturunan mereka. Mereka pikir tanah yg ada itu hny untuk memenuhi kebutuhn finansial mrk, stlh mrk mati mereka tidak peduli pd yg lain…..Egois bukan.
    itulah pertambangan didunia.
    Bola dpt bergulir karena bulat. seandainya bola tidak bulat lagi,maka tidak dpat bergulir. sm halnya dg BUmi, apa ada yg bisa menjamin bumi akan berotasi normal, Tanah dapat tumbuh seperti halnya tumbuhan. Lalu siapa yg mau peduli.

    Dasar para oknum Egois, berpura2 memberi peluang kerja, tapi sebenrny utk mnutupi keserakahan dan keegoisan mereka.

  9. wahyuddin rn said

    kandungan emas2 yg ada dilapisan perut bumi SULSEL, ini jgn samp terjadi dampak2 yg negatif sehingga menimbulkan kerusakan2 alam yg disekitarx dan kesenjangan sosial sehingga menimbulkan kerugian2 diwil. tsb. & sekitarx, menimbulkan keresahan tdk aman pula tdk nyaman dan inilah hrs diantisipasi jgn samp terulang apa yg sering terjadi difreeport papua ok

  10. fahmi olenk said

    ada yang taw ndak nama titik lokasix

  11. Sunardi said

    Gak percaya sebelum di explorasi secara detail…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: