infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Daftar Pemilih Tetap Sumsel 5.058.827

Posted by infokito™ pada 6 Agustus 2008

Setelah sempat dua kali tertunda, KPUD Sumsel akhirnya menetapkan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilgub Sumsel 4 September sebanyak 5.058. 827 pemilih. Jumlah pemilih tetap tersebut bertambah sebanyak 115.294 dari yang terdaftar pada daftar pemilih sementara (DPS) sebesar 4.943.533 pemilih.

Penetapan rekapitulasi DPT tersebut dilakukan dalam rapat pleno terbuka KPUD Sumsel yang dihadiri tim kampanye dua pasangan calon,  Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sumsel, dan Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel, kemarin.

Di hadapan kedua tim kampanye kedua pasangan calon, KPUD Sumsel menerima laporan DPT empat KPUD kabupaten/kota, yakni Kabupaten Empat Lawang, Kabupaten Lahat, Kota Palembang, dan Kabupaten OKI, yang belum menyampaikan DPT-nya pada 28 Juli lalu. Seyogianya, KPUD Sumsel mengumumkan jumlah DPT Sumsel 10 Juli lalu.

Namun, karena saat itu baru dua KPUD kabupaten/kota yang siap, maka ditunda 28 Juli. Namun, karena pada 28 Juli tiga KPUD dari empat kabupaten/ kota masih belum siap melaporkan DPT daerahnya masing-masing, penetapan DPT baru diumumkan Selasa (5/8) kemarin.

Dalam laporannya, KPUD Lahat yang hanya mengirimkan DPT-nya melalui faks melaporkan, jumlah DPT Kabupaten Empat Lawang sebanyak 164.940 jiwa. Jumlah pemilih tersebut tersebar di 375 tempat pemungutan suara (TPS), 156 di kelurahan/ desa,dan 7 kecamatan.

Dari jumlah tersebut, terjadi peningkatan sebanyak 2.500 pemilih dari sebelumnya sebanyak 162.440 pemilih yang disampaikan per 28 Juli lalu. Sementara, untuk jumlah pemilih Kabupaten Lahat dilaporkan sebanyak 253.849 jiwa yang tersebar di 645 TPS, 376 desa/kelurahan dan 17 kecamatan.

Sementara itu, dalam laporan yang disampaikan Ketua KPUD Palembang Kms Khoirul Mukhlis, diketahui jumlah pemilih tetap Kota Palembang sebanyak 1.043. 051 jiwa atau meningkat 30. 954 jiwa dari DPS yang berjumlah 1.012.097. Pertambahan jumlah pemilih tersebut juga berimbas pada penambahan jumlah TPS sebanyak 340 TPS dari sebelumnya sebanyak 2.329 TPS menjadi 2.669 TPS, sedangkan jumlah PPS dan PPK masih berjumlah 16 PPK dan 107 PPS.

”Penetapan DPT untuk kota Palembang baru kami lakukan pagi ini. Kami sengaja melakukan pleno di detik terakhir agar data pemilih yang kami sampaikan paling update,” ujar Mukhlis di KPUD Sumsel Selasa (5/8) kemarin. Pernyataan Mukhlis tersebut dibantah Tim Advokasi Pasangan Alex Noerdin-Eddy Yusuf (ALDY) Anita Noeringhati.

Dia mengaku, jumlah DPT Kota Palembang tersebut mengalami pengurangan sekitar 5.000 pemilih dari yang dilaporkan sebelumnya. Pengurangan tersebut terjadi dari hasil validasi data pemilih KPUD Palembang.

”Pengurangan 5.000 dari yang dilaporkan sebelumnya, karena setelah divalidasi, ada data pemilih ganda,” paparnya.

Sementara, untuk DPT Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), anggota KPUD OKI Haisen Hower melaporkan jumlah pemilih Kabupaten OKI berjumlah 468.926 jiwa.

Dia juga melaporkan jumlah TPS di Kabupaten OKU berkurang dari sebelumnya berjumlah 1.387 TPS menjadi 1.332 TPS yang tersebar di 310 PPS dan 18 PPK. Setelah menerima laporan empat kabupaten/kota tersebut, KPUD kemudian menetapkan jumlah DPT Sumsel.

Wakil Ketua Tim Kampanye ALDY Syaiful Islam mengatakan, setelah DPT tersebut ditetapkan, dia meminta KPUD Sumsel berikut seluruh perangkatnya mengumumkan DPT tersebut di tempat-tempat terdekat dengan pemilih. Hal ini dimaksudkan agar pemilih yang belum terdaftar dapat mengetahui dan melaporkannya ke KPUD.

”Saya meminta, sesuai peraturan perundang-undangan DPT tersebut diumumkan secara resmi di tingkat RT atau dusun, masyarakat dapat mengetahui dirinya terdaftar atau tidak,” ucapnya.

Hal senada diungkapkan anggota Tim Kampanye Pasangan Syahrial Oesman- Helmi Yahya (SOHE) Fahlevi Maizano.

Menurut dia, berdasarkan PP 6/2005, DPT harus diumumkan dan ditempel di dekat kediaman pemilih selama tiga hari. ”Itu perintah undang-undang dan harus dilaksanakan,” ucapnya.

Selain meminta penempelan DPT tersebut, kedua tim kampanye mempertanyakan batas waktu penambahan pemilih jika di kemudian hari diketahui ada pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT. Anggota Tim Advokasi ALDY Anita Noeringhati juga meminta KPUD memberikan waktu untuk memvalidasi kembali daftar pemilih.

Sementara, anggota Tim Kampanye SOHE Fahlevi Maizano meminta waktu sepekan untuk melakukan verifikasi pemilih tambahan yang tidak terdaftar setelah pengumuman DPT. Menanggapi hal itu, anggota KPUD Sumsel Ahmad Bakri mengatakan, pihaknya akan mengakomodasi permintaan tersebut. Pasalnya, dari hasil konsultasinya, KPU pusat mengizinkan penambahan atau pengurangan pemilih setelah DPT ditetapkan.

”Bahkan, anggota KPU pusat Syamsul Bahri mengatakan, satu detik sebelum pencoblosan, data pemilih bisa di-update.KPUD Sumsel akan mengeluarkan regulasi untuk menampung penambahan pemilih dalam DPT,” paparnya.

Ditemui seusai rapat pleno, Bakri mengungkapkan, DPT yang telah ditetapkan kemarin belum termasuk penambahan pemilih dari 11 kabupaten/kota yang sebelumnya telah melaporkan DPT.

Seperti diketahui, dalam beberapa hari terakhir, beberapa KPUD kabupaten/kota melaporkan terjadinya penambahan pemilih dari yang telah dilaporkan sebelumnya.

”Penambahan pemilih, seperti yang telah dilaporkan KPUD OKU Timur, akan kita masukkan saat update DPT mendatang,” ujarnya sesaat sebelum melakukan rapat pleno tertutup KPUD menanggapi permintaan update data pemilih kedua tim pasangan calon.

Dia menjelaskan, KPUD memutuskan bahwa DPT akan ditempel dan diumumkan di tempat terdekat dengan permukiman warga pada 8–10 Agustus. Setelah pengumuman tersebut, dilakukan pemutakhiran data pada 11–17 Agustus mendatang.

”Diharapkan, kepada masyarakat untuk melihat apakah namanya terdaftar dalam DPT atau tidak. Jika tidak, segera melaporkannya ke PPS terdekat agar bisa didaftarkan sebagai pemilih. Setelah pemutakhiran data pemilih itu berakhir, KPUD akan kembali melakukan rapat pleno untuk menetapkan hasil update data pemilih pada 20 Agustus,” tuturnya. (ahmad fajrihidayat/SINDO)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: