infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Halaman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,199,155 hits
  • PojoK

  • GuguK

    Prabumulih Lubuklinggau Pagaralam Pemkab Lahat Banyuasin Muara Enim Musi Banyuasin OKU OKUT Baturaja BPS Sumsel Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Budi-Sofyan Pimpin Kabupaten Empat Lawang

Posted by infokito™ pada 19 Juli 2008

Pasangan Budi Antoni Aljufri-Sofyan Djamal akhirnya resmi ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Empat Lawang oleh KPUD Lahat. Pasangan yang diusung Partai Golkar, PBR,PNBK,dan PKB,ini unggul setelah mengantongi jumlah suara 36.964 atau 32,12%. Budi-Sofyan unggul di empat kecamatan, yakni di Kecamatan Tebing Tinggi,Talang Padang, Ulu Musi,dan Pasemah Air Keruh. Sementara pasangan nomor urut 5 Yulizar Dinoto-Yulius Maulana tetap berada di urutan kedua dengan total perolehan suara 33.358 atau 28,99%.

Pasangan Joncik Muhammad- Idham Madani harus puas di posisi ketiga dengan perolehan 28.913 suara atau 25,12%; pasangan nomor urut 2 Abdul Shobur-Amirul Husni berada di posisi ke empat dengan total suara 12.827 atau 11,14%; dan pasangan nomor urut 4 Rusman A Mancik-Fahrurozi Alie berada di posisi terakhir dengan total perolehan suara 3.027 atau 2,63%.

Kemenangan Budi Antoni Aljufri-Sofyan Djamal sangat dipengaruhi perolehan suara yang berasal dari Kecamatan Tebing Tinggi. Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan KPUD Lahat,daerah tersebut memberikan sumbangan terbesar untuk membuat jarak yang cukup jauh dari pasangan Yulizar Dinoto-Yulius Maulana, yakni sebesar 3.463 suara,yang mana sebelumnya hanya terpaut 143 suara.

Dari 158.865 daftar pemilih tetap (DPT) Pilkada Empat Lawang, jumlah suara sah tercatat sebesar 115.083 dan sebanyak 2.780 suara dinyatakan tidak sah akibat kesalahan saat pencoblosan. Sementara warga yang tidak menggunakan hak pilihnya atau golongan putih sebesar 41.002 mata pilih atau sekitar 26,06%.

Ketua KPUD Lahat Rasyid Pajim,saat memimpin rekapitulasi perhitungan suara kemarinmengatakan, perolehan suara yang dilakukan diperoleh dengan menjumlahkan hasil rekapitulasi di 7 kecamatan yang ada di Empat Lawang.Termasuk Kecamatan Tebing Tinggi yang diambil alih KPUD Lahat dari anggota PPK daerah tersebut dan baru diselesaikan sore kemarin denganpenandatangananberita acara rekapitulasi.

”PPK Tebing Tinggi tidak melaksanakan kewajibannya, maka wewenang mereka kita ambil alih. Hari ini (kemarin) kita sudah menyelesaikan rekapitulasi di daerah tersebut yang kemudian dijumlahkan dengan jumlah suara yang sudah dihitung oleh PPK di enam kecamatan lainnya,” kata Rasyid.

Dia menambahkan, dengan selesainya rekapitulasi ini,maka akan dilanjutkan dengan penetapan pasangan yang memperoleh suara terbanyak sebagai Bupati dan Wakil Bupati Empat Lawang oleh KPUD Lahat. ”Mudah-mudahan besok (hari ini) penetapan bisa dilaksanakan. Namun bila tidak, kita masih memiliki tenggat waktu yang cukup banyak yakni pada 19–21 Juli 2008,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Empat Lawang terpilih Budi Antoni Aljufri mengaku sangat bersyukur atas hasil tersebut. Menurut dia, kemenangan pasangannya merupakan kehendak masyarakat kabupaten yang baru dibentuk setahun yang lalu. Meskipun secara resmi, KPUD Lahat sudah menyatakan bahwa dirinya memperoleh suara terbanyak dalam hasil rekapitulasi kemarin, Budi mengaku belum yakin 100%.

”Saya belum merasa menang sebelum dilantik menjadi bupati secara resmi. Bila hal tersebut sudah dilaksanakan, barulah saya merasa menang. Namun bukan kemenangan dalam arti mengalahkan para pesaing,” ujarnya.

Menurut Budi, kemenangannya itu justru menjadi beban moral baginya untuk membangun daerah yang masih terbelakang ini menjadi daerah yang EMASS (Ekonomi, Maju, Aman,Sehat dan Sejahtera) seperti apa yang telah dijanjikannya sebelumnya.

Di lain pihak, kandidat bupati Empat Lawang nomor urut 3 Joncik Muhammad mengatakan, keluarnya Budi Antoni Aljufri-Sofyan Djamal sebagai peraih suara terbanyak patut disyukuri karena mereka menjadi pilihan masyarakat. Meskipun dirinya hanya mengumpulkan suara sebanyak 25,12% dan berada di posisi ketiga, dia tidak menganggap hal tersebut sebagai kekalahan.

”Bagi kami hal tersebut bukanlah suatu kekalahan, tetapi masih banyak kesempatan dan cara lain yang bisa diwujudkan untuk ikut serta dalam memajukan Kabupaten Empat Lawang ini,” papar Joncik Muhammad.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Hukum DPD PDI Perjuangan (partai pengusung pasangan Yulizar Dinoto-Yulius Maulana), Pahlevi Maizano mengatakan, penetapan KPUD Lahat tersebut tidak sah. Pasalnya, data yang digunakan KPUD Lahat untuk menetapkan pemenang pilkada tidak valid.

”Saat ini PPK dan PPS-nya sudah kosong, data hasil pilkada tidak ada. Dalam penetapan tersebut, KPUD hanya menggunakan data dari tim sukses, bukan data resmi, jadi jelas tidak sah,” katanya meradang.

Pahlevi menilai, Pilkada Empat Lawang merupakan pilkada yang paling kacau dan amburadul dari beberapa pilkada yang telah dilaksanakan. Pasalnya, saat pelaksanaannya, KPUD Lahat sebagai penyelenggara pilkada tidak berada di Empat Lawang.

”KPUD Lahat tidak profesional dan proporsional dalam melaksanakan tugasnya. Buktinya, ketika pilkada berlangsung, mereka masih stay (tinggal) di Lahat. Jadi bagaimana mereka bisa menilai pilkada berjalan lancar,” ucap pria yang akrab disapa Boy ini.

Dia menandaskan, dengan alasan-alasan tersebut, pihaknya akan melakukan upaya hukum menolak penetapan KPUD Lahat. Saat ini, tim advokasinya sedang menyiapkan bukti-bukti untuk dibawa ke meja hijau.

”Kita sudah memiliki buktibukti bentuk kecurangan dan pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada Empat Lawang dan segera akan membawanya ke pengadilan,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan SINDO di Kantor KPUD Lahat selama 17–18 Juli masa rekapitulasi perhitungan suara, tidak muncul gejolak yang bisa menghambat jalannya tahapan tersebut, bahkan bisa terbilang sangat kondusif.

Meskipun demikian, puluhan aparat kepolisian dibantu personel Kodim 0405 Lahat tetap disiagakan. Pengamanan tersebut dilakukan sebagai antisipasi terhadap kemungkinan terulangnya peristiwa Hotel Julian Transit dan memaksa KPUD Lahat mengeluarkan pernyataan pemungutan suara ulang di Tebing Tinggi dan Pendopo.

”Aparat keamanan siap mengawal anggota KPUD Lahat dalam menyelesaikan tugas dan kewajibannya, kalau ada yang bertindak anarkistis seperti yang terjadi di Pendopo dan Tebing Tingi, siapa pun mereka akan saya tindak tegas,” tutur Kapolres Lahat AKBP Cok Bagus Ary Yudasa. (adisulistyono/ a fajrihidayat/SINDO)

17 Tanggapan to “Budi-Sofyan Pimpin Kabupaten Empat Lawang”

  1. Ipan Susanto said

    Terserah Sapo Anu nyadi alap galo, cuman pesan Kepada Anu bekuaso supayo amanah ngan nedo lupo dengan Janji yang sudah di humbar kepado rakyat empat lawang, terus Payulah oy anu namonyo KKN tuh Di hilangkan dari budayo kito, senedonyo di kurangilah. kitoni baru jangan kelo mewariskan banyak problem kepado anak cucung kito, kasiaaaaan.. oy..,aku minta nian anu namonyo PENDIDIKAN DI DAERAH KITO supayo di utamokan, kelo kudai anu na’ korupsi u, kelo amon RAKYAT EMPAT LAWANG la sejahtera,makmur dan merasokan keadilan payulah kamu na’ korupsi, sikok agi kepada pemborong atau pemenang tender buat proyek JALAN, jangan nian oy di korupsikan, seumpamo duit tu 5 juta payu di jadiakn 5 juta jangan di jadikan 250 rupiah alang kebanyak kamu korupsi,,,nedo kasian apo samo pemakai jalan, lagian sapo kemakai jalan kamu tula atangku.., alangke nema’o kito nanti ado tamu dari PUSAT atau PROVINSI, liwat daerah kito dijalan berlubang, PAYU bemaluan ooy.. nedo pulo kasiaaaan kamu anu di duduk di kursi alap,bada alap,makanan lemak, dan kendaraan alap, ngaghi rakyat empat anu culun culun, lugu lugu nedo keruan angok?????? dulu rakyat suadh jadi korban Lahat maso sap ini nyadi korban agi, kasiaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan Paaaaak….

  2. Ipan Susanto said

    JAYA TERUS EMPAT LAWANG, AKU DUKUNG SEPENUH JIWA DAN RAGA DEMI MEMAJUKAN KABUPATEN EMPAT LAWANG…MARI KITA BANGKIT DARI YANG NAMANYA
    KEBODOHAN,KETIDAK TAHUAN,KETERBELKANGAN DAN KEPUTUS ASAAN
    “there’s a will there’s a way”
    merdekakan putra putri kita dari:
    KEBODOHAN, BUTA HURUF BAIK LATIN MAUPUN AL-QURANNULKARIIM DAN KEterTINGGALAN INFORMASI alias PENDIDIKAN TANPA BATAS BUAT EMPAT LAWANG’s Citizenz.Maju terus BUMI HANGUSKAN PARA KORUPTOR.SUBHANLLAH,ALHAMDULILLAHI,WALLAHUAKBAR,,,

  3. Selamt buat Bupati terpilih………..
    Pesan buat Bupati terpilih, sebagai masukan dua hal yang sangat urgent untuk perubahan di kabupaten Empat Lawang
    1. Perubahan atau pembenahan sistem betani
    2. Majukan sektor pendidikan, karena jika masyarakatnya memliki pendidikan yang cukup, maka akan berpikiran ke depan

    B. Regands

    Zandra Lintang
    Kalimatan

  4. Lusi said

    setuju dengan dgn mba/mas Zandra,,( maaf klo slh tulis)

    yang musti di wujudkan oleh para pejabat kiat yaitu :
    1. perhatikan sistem pertanian krn sampai dgn saat ini sistem pertanian masih mengharapkan air hujan 100 % krn sistem irigasi yg tdk pernah kunjung datang

    2. pendidikan, menurut saya daerah kita itu sungguh sangat memperihatinkan bayangkan sklh SMU/sederajat tdk ada fasilitas komputernya,

    jd wajar saja klo keluar dr SMU SDM tdk bisa di pake untuk mencari pekerjaan yg memadai,,paling2 bisanya jadi kuli di sebuah pabrik,,,
    apakah tdk kasihan melihat mereka yg hari2 hanya menjadi buru pabrik ???????? coba lihat di daerah bogor Gunung Putri rata2 orang sumatera selatan bagian lintang,,,,

    sy berharap kepada pejabat peganglah amanah itu, krn lewat andalah masyarakat kita bertumpuh,,,,

    thx
    rgds
    Lusi_Lintang Talang Benteng

  5. Elrika said

    Walau kami terlambat mengucapkan selamat kepada bupati terpilih, kami sebagai putri daerah Lintang Empat Lawang sangat berharap kepada bupati terpilih untuk dapat merealisasikan apa yang sudah dijanjikan dalam kampanye yakni Ekonomi maju aman sehat dan sejahtera kalo boleh kami menambahkan satu poin lagi yakni pendidikan yang bekualitas.Dan kepada saudara-saudaraku di Lintang empat lawang mari kita dukung Bupati kita untuk membangun daerah kita menuju masyarakat mandiri, tidak lagi tamat SMP, SMA berbondong-bondong ke Kota untuk hanya sekedar jadi buruh pabrik. Tugas mulia telah terbentang dihadapan Bupati yang baru, namun dengan dilandasi kerja yang ikhlas mudah-mudahan menjadikan ibadah.

  6. Elis said

    Maju terus kab 4 Lawang, masi banyak hal yg harus diperbaiki..
    jangan sampai hanya hangat2 tai ayam saja dalam membangun 4 Lawang.
    semoga pembangunan merata disetiap desa2 dan dusun2. satu hal lg di daerah 4 Lawang tidak ada kendaraan umum yg layak, sehingga akses dari desa ke desa agak sulit. Tidak hanya jalan raya saja yg dibangun, jalan2 didesa jg klo bisa diaspal.

    Semoga 4 Lawang Semakin Jaya

    Tb.tinggi – Jkt

  7. Kepad Yth. Sukseskan terus 4L Bapak Bupati Empat Lawang saya mintak saran bagai mana satus BPD Desa apakh ada Pengangkatan dan kalau bisah honornya melalui rekning masing-masing supaya tidak ada penyuntikan dari Kadesa.mintak tolong dipikirkan dan dipertimbagkan yang sudah honor 7 tahun.

  8. yeyenando said

    aku dedi anak almarhun enong!!aku tinggal di paris,aku sangat senang antoni jadi bupati empat lawang!!semoga bapak antonibisa membibing masyarakat empat lawang menjadi makmur!!!

  9. mustaqim said

    kepada yth, bapak2, ibu2, dan pengurus. selain urusan ekonomi kito jugo harus memperhatikan maslah akhirat, jadi pendidikan agama harus diperhatikan.

  10. eziy said

    s

  11. eziy said

    selamat kepada bapak bupati empat lawan, semoga di tahun yang akan datang bapak bisa terpilih lagi… aminn…

  12. fahrul said

    pak kapan pembukaan tes di daera kita, ngapo kurang jelas pembukannyo…

  13. ezy said

    Ass bapak2 yang ada di pemerintahan Kab empat lawang sebelumnya saya minta maaf, bapak sebenarnya di daerah kita terlalu banyak mengangkat tenaga TKS, pa lgi tenaga TKS kebanyak tamatan SMA..kasihan sama mereka sekarang gx ada lagi pembukaan TES untuk tamatan SMA…dan gx ada peluangn untuk pencari tenaga honor yang tanatan S1 n DIII…Bapak knpa tes kmren gx mengutamakan putra daerah??

  14. Ass.salam kenal saya RINA SUSANTI RS. dari Pasemah Air Keruh Kab Empat Lawang ( 4 l ) waktu pemilihan calon bupati 4L posisi saya tidak ada di Pasemah saya ada di Jakarta.melalui media internet di kantor, saya sangat antusias mengikuti perkembangan mengenai siapa yg terpilih menjadi bupati 4l.sebelumnya selamat kepada yang terpilih, jujur saya blm pernah melihat wajah asli siapa yg terpilih menjadi bupati 4l, saya rasa itu tidak jd masalah karena siapapun yg terpilih ” jadilah pemimpin yg jujur,adil & bertanggung jawab.bangunlah & bangkitkan semangat para masyarakat disana bahwa daerah kita bisa maju.& lebih perhatikan pendidikan, agama , buat generasi yg akan datang.& uang untuk memajukan sarana masyarakat jangan dimasukkan kekantong, ingat itu bukan uang bapak itu uang untuk mensejaterahkan masyarakat.bapak tenang aja udah ada gaji untuk bapak.hidup hanya sekali berikan yang terbaik untuk orang disekeliling kita apalagi posisi bapak sebagai bupati.maju & terpuruknya tergantung bapak yg memimpin, sebagai masyarakat kami anggap bapak adl nahkoda yg siap membawa kami berlayar jauh , dan bisa bersaing dengan daerah lain. & tolong tinjau daerah pasemah tingkatkan sarana masyarakat disana & beri perubahan yg bagus mendidik. trimakasih .
    best regard,
    Rina Susanti RS

  15. anonymous said

    selamat pak..

    semoga bisa menjalankan amanat rakyat dengan sebaik2 nya..

  16. bang Jack said

    tp kok bapak bupati dr awal suda ingkar jani yo?
    kt nyo kantor pemerintahan kemaren di posisikan di padang kabu?
    mn?
    klu masi ttp di tebing sm be bohong
    lemakla kami ke lahat be,se nggak2 nya aman di jalan
    klu pegi ke tebing benotor la pasti keno todongn buang2 nyawo be…

  17. elly unen said

    ass.halo empat lawang salam sejahtera buat semua masyarakat empat lawang.aku senang nian empat lawang la mulai berkembang.maju terus empat lawang.walaupun aku tinggal di bandung tp aku selalu senang mengikuti perkembangan empat lawang.hidup empat lawang merdeka

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: