infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Gaji ke-13 PNS Cair Bulan Juni

Posted by infokito™ pada 1 Juni 2008

Kabar baik bagi pegawai negeri sipil (PNS).Awal Juni ini, gaji ke-13 segera dibayar sesuai surat edaran Menteri Keuangan belum lama ini. Kepala Biro Keuangan Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Sayuti AF mengatakan, gaji ke-13 untuk PNS lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) segera dibayar, menyusul telah dikeluarkannya surat edaran tersebut.

”Kalau surat petunjuknya sudah ada, segera kita bayar. Kita tahu ada gaji bulan 13. Tetapi, sebelumnya belum ada perintah pembayaran dari pusat,” jelas Sayuti di Palembang Sabtu kemarin.

Namun, dia belum bisa menyebutkan kapan tanggal pasti pembayaran gaji ke-13 yang sudah ditunggu para PNS tersebut. Tetapi, adanya surat edaran Menteri Keuangan yang dikeluarkan di Jakarta, dalam waktu dekat, diperkirakan pekan pertama Juni, para PNS Sumsel sudah menerimanya. Menurut Sayuti, pemberian gaji ke-13 ini bertujuan memberikan keringanan kepada para PNS sehingga kesejahteraan para PNS dapat meningkat.

”Gaji ke-13 biasanya memang dibayarkan menjelang tahun ajaran baru agar para PNS tidak kesulitan masalah keuangan untuk menyekolahkan anak,” ungkapnya. Selain itu, kata dia, pemberian gaji ke-13 ini merupakan upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan pegawai.

Sebenarnya, sebelum adanya pembayaran gaji ke-13 ini, pemerintah telah mengambil kebijakan dengan menaikkan gaji PNS yang sebelumnya telah dibayar. Dengan kenaikan BBM yang terjadi saat ini,sambung Sayuti, pemerintah telah mengalokasikan sejumlah anggaran sebagai kompensasi yang disebut dengan bantuan langsung tunai (BLT) plus.

”Tetapi, itu khusus untuk golongan I dan II. Kalau golongan III dan IV memang tidak perlu lagi,” ucapnya.

Dia menambahkan, selain upaya yang diberikan pemerintah pusat, Pemprov Sumsel pun telah mengalokasikan anggaran untuk transportasi dan uang makan bagi seluruh PNS di lingkungan pemprov.

”Kalau untuk kabupaten/ kota, insentifnya tergantung pemerintah setempat,” ujarnya. Terpisah, Wakil Wali Kota Palembang H Tolha Hasan mengaku, pihaknya telah lama menunggu keluarnya surat edaran tersebut. Dengan begitu,dalam waktu dekat, gaji bulan ke-13 bagi PNS lingkungan pemerintah kota (pemkot) segera dibayar.

”Kan anggarannya sudah tersedia, baik dari alokasi umum (DAU) maupun APBD tahun 2008,” tuturnya. Mengenai total anggaran yang harus dipersiapkan untuk pembayaran gaji bulan ke-13 tersebut, kata Tolha, diperkirakan sebesar anggaran yang diperlukan untuk pembayaran gaji reguler per bulan.

”Kalau tanya angka, itu yang saya kurang tahu. Yang jelas, hampir sama besar dengan jumlah pengeluaran untuk pembayaran satu bulan gaji biasa,” bebernya.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas Departemen Keuangan Samsuar Said di Jakarta, Jumat (30/5), mengatakan, pemerintah akan mencairkan gaji, pensiun dan tunjangan ke-13 bagi pegawai negeri sipil (PNS) dan pejabat negara pada Juni 2008. Jumlah nominalnya sebesar penghasilan masing-masing PNS atau pejabat negara yang diterima pada bulan bersangkutan.

“Ini diputuskan lewat Peraturan DirjenPerbendaharaanNegara No PER-17/PB/2008 tanggal 29 Mei 2008,” ujar Samsuar Said di Jakarta. Dia mengatakan, penerima gaji, pensiun, dan tunjangan ke-13 adalah PNS, pejabat negara, dan para pensiunan, termasuk di antaranya PNS yang ditempatkan di luar negeri,diberhentikan sementara, dan sedang menjalani cuti di luar tanggungan negara.

“Apabila di kemudian hari ternyata terdapat pegawai yang menerima lebih dari satu jenis penghasilan, kelebihan pembayaran tersebut merupakan utang kepada negara,” katanya. Hal ini terkait adanya kemungkinan PNS, pejabat negara dan pensiunan menerima lebih dari satu jenis penghasilan dari negara.Umumnya hal ini terjadi pada pegawai yang memiliki rangkap jabatan.

“Gaji ke-13 hanya diberikan kepada salah satu jumlah penghasilan yang lebih menguntungkan (lebih besar),” tutur Samsuar.

Pembayaran gaji ke-13 untuk PNS di lingkungan pemerintah pusat, anggota TNI/Polri dan pejabat negara dibebankan kepada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Satuan Kerja (Satker) tahun anggaran 2008. Sedangkan untuk PNS di pemerintah daerah dibebankan kepada kepala pemerintahan setempat. “Sementara untuk pembayaran uang pensiun dan tunjangan dilaksanakan PT Taspen,” ujarnya. (berli zulkanedi/ muhammad ma’ruf/SINDO)

66 Tanggapan to “Gaji ke-13 PNS Cair Bulan Juni”

  1. dsatria said

    Yahhh… yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Cihuiii….

  2. budimeeong said

    aminnnnn…mudah-mudahan ngga kabar burung lagi ya mas…

  3. chiell said

    Kalo gaji ke-13nya Ibu saya pasti langsung habis kepake buat bayar kuliah….

  4. nugreentea said

    Akhirnya……. padahal sebelumnya aku sempet waswas lho!! Karena sebelumnya aku denger kabar gaji-13 ga akan keluar karena kondisi perekonomian kita lagi kacau….

  5. liriq said

    asik gajian lagi

    dunlut musik sepuasnya

    http://www.my-lirycs.co.cc

  6. Gie said

    asiiikkkk ^^
    akhirnya bisa jg beli hp baru…

  7. julfan said

    Alhamdulillah.
    Akhirnya datang juga

  8. Zulmasri said

    Kabar baik yg blm pasti tanggalnya ya…

  9. blackslimz said

    Wah, ikutan seneng ah
    Soalnya saya juga pns
    Moga cepet keluar yah

  10. hmcahyo said

    :) :) sesama PNS dilarang saling mendahului :)

    http://hmc.web.id (belajar inggrislewat nasyid)

  11. willmen46 said

    wa dpt gaji 13 y
    mantap lah…
    slm kenal all

    willmen46
    http://www.willmen46.wordpress.com

  12. usep said

    Manfaatkanlah dengan sebaik-
    baiknya,JANGAN lupa SHODAQOHnya

  13. Laporan said

    Wah saya bukan pegawai negeri

  14. Gunawan said

    perlu lab bahasa, classroom audio speaker system, dll. kontak kami aja

  15. djoko said

    wah dapet gaji 13, asyik tuh…
    ternyata 13 angka keberuntungan..
    ikutan seneng ah…walaupun bukan pegawai negeri

  16. Nurdin Achmad said

    Alah … itu sih kabar biasa, kita nggak kaget, kalau udah terima itu baru luar biasa,kalau bisa sering-sering aja yach berita kaya gitu

  17. bersukur pemerintah memperhatikan pegawai negeri dengan memberikan gaji ke 13,semoga saja gaji pokok dinaikkan agar tidak lagi korupsi

  18. witantra said

    Alhamdulillah..
    mudah-mudahan gaji ke-13 keluar sebelum Festival Komputer Indonesia & Indonesia Celullar Show digelar, jadi bisa buat nambah-nambah beli laptop..hehe..

  19. Tukangbeca said

    Yang sudah meneriman gaji ke 13 boleh dong traktir bagi yg belum terima. he..he…he

  20. Alhamdullilah mudah-mudahan tidak terlambat kayak kenaikan gaji tahun lalu

  21. buruan coi perlu duit nih tuk skulll

    tanggal berapa nih

    cepet yac

  22. rita_soemi said

    mudah mudahan saenggalna cair kanggo nyakolakeun budak

  23. hasna said

    tanggal berapa ya,,, mudah2an awal bulan :D

  24. edi Jonet said

    terima kasih Bapak Presiden Susilo Bambang Yudoyono, akhirnya pegawai negeri/TNI/Polri bisa bernafas lega un
    tuk membiayai sekolah anak-anak…..!
    Amiiiiiiiin……!

  25. Sangat Pas dan tepat waktu bisa untuk cicil hutang serta keperluan anak melanjutkan studynya. terima kasih semuanya semoga Indonesia terus maju. Merdeka !

  26. rezk said

    tolong donk cair gaji ke 13 awal bullan .. krn saiia lg pgn bgt motor dr dulu…
    pLiss !

  27. nana said

    Alhamdulillah, pucuk dicinta ulam pun tiba. gaji ke-13 akan cair. Insya Allah di awal bulan.

  28. oni said

    oke coi, itu baru pemerintah perhatiin aparatnya.
    dan jangan kuatir lho suaraku untukmu….

  29. margono said

    semoga segera cair sebelum penerimaan peserta didik (PPD) baru,,,,salam dari pak margono MAN Purwodadi Grobogan…..

  30. Agus T said

    Alhamdulillah dengan Presidennya Pak SBY, gaji saya hampir cukup untuk nyicil hutang dan bayar kredit rumah (yang sebelumnya sempat terhenti). Lanjutkan pak SBY

  31. epoy said

    kapan gaji ke 13 dibayarkan.terima kasih

  32. Azriel said

    lmyn buat beli susu n mbw ank kontrol k’dokter, tp tgl brp nih realisasinya?

  33. Dina M said

    Alhamdulillah akhirnya tahun ini ada gaji ke 13 lagi,dengan kaya gitu ortu saya bisa nguliahin saya.Mksih ya pak Sby atas bantuannya.

  34. Fahmi said

    Alhamdulillah smoga aja kabar tuh benar amin,,,

  35. Mang E`ed said

    Alhamdulillah mang cek bi cek…Akhirnyo wong kecik dapet duwit jugo….Ni gaji idak ado sangkut pautnyo amo keadaan sat ni…

  36. ryas said

    apakah ini gaji ke 13 yang tahun 2010 ini.

  37. chifa said

    Alhamdulilah…..gaji ke 13 di byr bulan juni…

  38. Ayien said

    Tapi….Kapan???

  39. cucu rustini said

    Alhambdulilah, buat biaya anak masuk sekolah, rizkinya kali buat anak, terimakasih…

  40. ipung said

    kapan gaji ke 13 tahun 2010 keluar ya….

  41. herry said

    minta nomor surat edarannya donk

  42. sari said

    Agak lega…baca informasinya. Tinggal nunggu tanggal cairnya.

  43. suhaimi said

    Saya pensiun tmt 01-07-2010 apakah saya dapat gaji ke 13?

  44. Noezoear oelpa said

    mohon segera luncurkan gaji 13,……

  45. Noezoear oelpa said

    gaji 13 ditggu2.., eh blm cair juga tuh,kapan ya pastinya…..?

  46. Jangan Lupa Mas…. Kalau Udah Cair, Bagi2 Doang… Inget-Inget 2,5% Bukan Milik Kita

    Thanks

  47. Dadan said

    Kalo cpns dapat gaji ke 13 nga ya….????
    Mhn info nya dong…..

    Trims

  48. lian said

    ..kapan keluarx cz uda seret nich keuanganx..

  49. Diani said

    Alhmdillah..
    Gaji 13 oh 13 d tunggu smua PNS keluarnya, kalau sudah keluar gunakan untuk hal manfaat donk, jangan lupa fakir miskin & anak yatim di sekitar…

  50. emi said

    Gaji 13 bulan besok dikeluarkan kiranya sesudah terima gaji pada tanggal 10 juni karena anak-anak akan masuk perguran tinggi dan SMS serta SD dan langsung masuk ke Rekening PNS terimakasih Bank Nagari

  51. Umar said

    Gaji 13 langsaung saja masuk ke rekening PNS , dan bagi pihak Pimpinan Bank Nagari Kota Padang daPadang dan Sumbar kami anggota Korpri Kota Padang dan Sumbar sangat berteri makasih banyak kepada Bapak Gbernur dan Bapak Wakil Walikota Padang semoga allah akan memberkati kita semua amin.

  52. susi said

    Kami Korpri guru-guru se-Kota Padang minta kepada Bapak wakil Walikota padang dan Gubernur Sumbar segerakanlah gaji 13 bulanj unibesok tanggal 10 Juni sudah dicairkan karenat anggal tersebut anak anak masuk perguran tingggi, SMP dan sma serta gaji 13 tersebu langsung saja dimasukkan ke Rekening masing-msing PNS,kalau tidak pihak Bndaharawan Gajitiap-tiap SKPD akan memotong nya langsaung dan seperti terjadi pada tahun 20l0 yang baru lalu dan kalau dipotong nantinya kami anggota korpri akan menelusuri melalui jalur hukum, karena gaji 13ini bukanlah masuk bulan 12, dan adalah dana bonus untuk PNS memasukkan anaknya keperguruan tinggi dan SMA serta SD

  53. Dedyi said

    Menpan sudah wanti wanti bahwa gaji tiga 13 tidak boleh dipotong satu persenpun,karena gaji 13 ini adalah hak PNS bersangkutan, dan kalua ada yang memotong akan ditindakj melalui jalur hukum dan gaji 13 ini adalah jerih payah PNS selama bekerja selama 12 bulan , maka Pemerintah mengeluarkan gaji tiga 13 setiap tahunnya agar anak-nanaknya dapat masuk pergurunan tinggi dan terima kasih Bapak Menpan dan Pemerintah pusat.

  54. Alhamdulillah gaji ke-13 mau turun. lumayan kalau turun gaji ke-13 buat nambah2 lahiran istri aq.

  55. youla said

    adu,,,,adu,,,,,asiknya terima gaji 13,,,,mudah-mudahan betul ya bulan ini….

  56. wahyu said

    ada isue presiden masih di swiss tepatnya depan restoran Handayani Surabaya. hahahahaha…

  57. putra said

    makan tuhhh gaji 13… bagiii PNS yang malassssssss ……………

  58. jun said

    ya ini bulan juni hampir habis mana gaji ke 13 belum juga cair tu

  59. starluvpu3 said

    bingung.. cair nya kapan y? ampe detik ini bogor lom dapet tu :) “y mmg gaji 13 bwt kebutuhan anak sekola n kebutuhan d luar gudaan bwt anak2 jg.. thx 4 pemerintah”
    *but pliz jgn d tahan terlalu lama cair nya y!

  60. Efrin Riyadi, S.Kep said

    bisa lsg ludes buat bayar SPP,,, maklum cuma izin belajar aja hehehe…….

  61. siti said

    tenane thoooooooooooooo……..

  62. Ade said

    Juni cair …. walah sampai Juli belum ada kabar beritanya kapan cairnya …
    diendoke ning endi duwite ?

  63. ninodaniel said

    wah seneng dpt duit tambahan tuk ngekolahkan anak tapi sampai hari ini blm ada pencairan niiiiiii…..waduh gimana ni anak udah terlanjur daftar …..kasian kami…..

  64. ninodaniel said

    akirnya cair juga …..aaahaaa

  65. henda said

    tarikkkk coyyyyyyyyyyyy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: