infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Vatikan Ijin Bangun Gereja di Arab Saudi

Posted by infokito™ pada 18 April 2008

Telah terjadi pertemuan rahasia, antara utusan Vatikan dan utusan pemerintah Arab Saudi. Itu berlangsung pertengahan Maret lalu di Roma Italia. Inti pertemuan, Vatikan menginginkan Saudi membolehkan pihak Katolik membangun gereja di tanah kelahiran Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) itu, demikian lapor harian Italia, La Stampa.

“Vatikan sedang bernegosiasi dengan Saudi Arabia untuk membangun gereja Katolik,” kata Uskup Mounged El-Hachem. Selain itu, Vatikan juga berharap membuka rumah ibadah lain di negara-negara Timur Tengah seperti; Kuwait, Qatar, Yamen, Bahrain dan United Arab Emirates (UAE).

Menurut La Stampa, pembicaraan itu didukung oleh Raja Saudi Abdullah. Dan itu sudah berlangsung beberapa minggu. La Stampa mengklaim bahwa ada 900.000 umat Katolik hidup di Saudi.

“Jika kita dapat izin resmi membangun gereja yang pertama, maka akan menjadi satu prestasi bersejarah,” ujar juru bicara Vatikan Federico Lombardi, dikutip La Stampa.


Sebuah gereja yang dibangun di Qatar

Sebagaimana diketahui, Saudi adalah satu-satunya negara Islam yang tanahnya masih steril dari bangunan gereja. Sebelumnya, negara Timur Tengah lain seperti Qatar, Bahrain, Kuwait, Oman, dan Uni Emirat Arab telah lama memiliki gereja. Bahkan Qatar yang dianggap beraliran wahabi seperti Arab Saudi, sudah membuka diri sejak lama.

Bahrain adalah negara Teluk pertama yang nemiliki gereja dan dibangun tahun 1906 oleh seorang misionaris Anglikan asal Amerika,” kata Yussef Haidar, sekretaris Gereja Anglikan di Bahrain, dengan bangga, sebagaimana dikutip Middle East Online.

Di Kuwait sudah dibangun sepuluh gereja. Begitu pula di Qatar dan Uni Emirat Arab. Di Oman gereja di Muscat, Sohar, dan Salalah bahkan hadiah dari Sultan Qabus. Alasanya, sebagai lambang toleransi beragama. Kini, hanya Arab Saudi satu-satunya yang bertahan.

Di Saudi, selain Makkah, ada pula Madinah yang sering disehut “Tanah Haram”. Tahun 8 H (623 M) Makkah masih boleh ditempati atau dikunjungi oleh orang-orang Nasrani, Yahudi dan non-Muslim lainnya. Namun karena banyak orang kafir melakukan tindakan-tindakan munafik, ingkar janji dan memusuhi serta menodai syiar Islam maka pada tahun 9 H mereka ditolak masuk Tanah Haram.

Ini berdasarkan firman Allah dalam surat Attaubah ayat 28: “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya orang-orang Musyrik itu najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidil Haram sesudah tahun ini.”

Hanya saja, akankah masih disebut “Tanah Haram” jika pemerintah Saudi mengijinkan gereja dibangun di negeri itu? Atau hanya tinggal sejarah saja? (Cholis Akbar/infokito)***Suara Hidayatullah

287 Tanggapan to “Vatikan Ijin Bangun Gereja di Arab Saudi”

  1. alisyah said

    aku tidak setuju! Takutnya setelah diijinin yang pertama, bakalan ada permohonan yang kedua, ketiga dan selanjutnya
    lagipula negara2 lain seperti Inggris malah ingin menghancurkan agama Islam dan Mesjid di negaranya, seperti yang dikatakan geert wilders
    di Amerika masih terdapat pelarangan penggunaan jilbab
    dan masih banyak lagi yang mana agama Islam masih dirugikan

    jadi kalo bisa jangan disetujui, apalagi daerah itu daerah bermuaranya umat muslim dari seluruh penjuru dunia setiap tahunnya

    • kris joko sriyanto said

      katanya orang islam itu rahmat’ill alamin?????????
      mana buktinya??????

      • adit said

        bukti rahmatan lil A’lamin bukan dengan memfasilitasi seperti ini.
        buat gereja di tempat lain saja.
        Arab Saudi terlebih Mekkah dan Madinah jangan!!

      • rustoq said

        maksud rahmatan lil alamin adalah bahwa ketika islam memimpin dunia di bawah naungan daulah islamiyah maka orang-orang non muslim akan hidup damai berdampingan dengan orang-orang muslim. mereka akan mendapatkan perlakuan hukum yang sama di dalam pemerintahan hak-hak mereka dijamin, ketika ada orang non muslim atau muslim yang kelaparan atau tidak mampu maka mereka akan mendapatkan bantuan tanpa membedakannya lagi, nah inilah buktinya dan bisa liat sejarah peradaban islam di beberapa literatur islam lainnya.
        cuman yang jadi masalah anda-anda orang nashrani biasa tidak memahami ajaran islam dan selalu menuduh dan klaim salah, ini yang jadi persoalan.

        nah terkait dengan pembangunan gereja. maka tidak boleh sembarangan mereka nantinya di dalam negara islam diberikan tempat tersendiri atau komunitas tertentu. inilah cara pengaturannya supaya antara satu sama lain tidak ada yang saling menjelek-jelekkan agama masing-masing.

        tinggal memilih yang mana lebih baik islam atau kristen?

      • jangan bego lo ..
        lo muslim bukan ??

        mereka itu cuma jadi sumber penyakit aja di arab ..
        bisa bisa bakalan terjadi lagi perang salib ..

        mikirr duluu bang ,,

      • zulkifli said

        Rahmatan lil alamin contohnya adalah anda saat ini yang tinggal di tempat ummat islam yang mayoritas, apakah anda pernah terganggu atau diganggu ?

      • hanif said

        bila mungkin, dn telah trjadi d bangun..
        maka itulah tanda-tanda sudah dekatnya hari kiamat
        ingatlah kaum muslimin sudah saat nya kita memperbanyak ibadah kita, apakah semua yg kita bicarakan ini akan d terima d sisi allah, “tidak saudaraku,, yg d terima d sisi allah adalah amal ibadah kita” amiin ya rabball allamiin
        semoga rasullullah memberikan syapaatnya kepada kita d hari kebangkitan/kiamat nanti….

    • aq setuju dengan saran kk .. :)

    • fuda said

      aku setuju, biarkanlah arab suci, seperti apa yang quran katakan…
      karna arab adalah tolok ukur islam skarang.

    • Solihin said

      Wallahu Alam Bishawab

      Telah dijelaskan, sekali kafir tetap kafir, sekali haram tetap haram, dan merekalah yang dikatakan munafik dan ahli kitab Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Dan janganlah kamu turut langkah-langkah setan. Sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu. Mereka menjadikan pemuka agamanya sebagai tuhan dan juga mereka mempertuhankan Isa, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan. Itulah yang dimaksud sebagai tanah haram buat Yahudi Dan Nasrani.

      • ariel lawuha said

        Israel atau Yahudi, tapi dalam perang 5 kali melawan bangsa arab tak sekalipun bangsa arab menang, tak sekalipun padahal Israel cuma sendiri lho….
        maaf ya kalo bangsa arab kalah, tp memang bangsa budak mesti tunduk pada tuannya…

      • zulkifli said

        anda salah , Israel menang karena di bantu amerika coba sendiri … anda tahu sendiri. Kalau ummat islam bersatu, Amerika saja melawan Satu orang Osama bin Laden saja sudah babak belur.

    • Badi said

      gitu aja kok repot…adakah agama yang mengajarkan permusuhan ? sudahlah lapang hati saja menerima kenyataan jangan picik. itu justru menunjukkan pikiran kita yang kerdil…egois….mau menang sendiri….

    • hanif said

      Ingatlah saudaraku kaum muslimin yg di rahmati allah swt, Banyak gembala-gembala liar di sana yg menganggap kita domba-domba sesat mereka dan janganlah kalian lemah terhadap dalil-dalil mereka yg menyesatkan, ingatlah azab allah sangat lah pedih terhadap orang yg berpaling dari agamanya.Dan mengapa kaum kafir itu tetap teguh dan percaya akan agamanya sedangkaan sudah banyak bukti-bukti nyata kekuasaan allah yg sudah terjadi, jawab; “karena allah telah menutup hati, pendengaran dan penglihatan mereka rapat-rapat sedang mereka tidak mengetahui..

  2. Pyrrho said

    @ Alisyah :

    Lalu kenapa mexico yang 98% penduduknya beragama Katolik mengijinkan pembangunan mesjid ? Mengapa di negara-negara yang mayoritas beragama non-muslim masih mengijinkan pembangunan mesjid ? Apa ada yang berbeda disini atau persepsi saya saja yang salah.

    *itupun kalau kebebasan beragama masih dihormati* :-?

    • aulia maharani said

      karena, islam adalah agama yang universal
      dan ga ada lagi orang yang bingung kenapa masjid ada di mana-mana

    • rustoq said

      nah itu beda, dalam kitab anda itu tidak ada perintah untuk melarang membangun masjid, lagi pulakan inikah bumi milik Allah artinya di mana aja boleh bangun masjid. terkhusus bagi pembangunan gereja dalam kitab Al-Qur’an bahwa mekkah itu haram bagi orang-orang non islam apalagi bangun masjid disana.

    • fuda said

      maaf ya maz..
      karna menurut aku mexico bukan arab

    • salm kasih tuhan YESUS raja atas org kudus , mas nggak usah mungkir kalo GEREJA hadir unt menjadi berkat(sola gratia). toh penelitain terbaru di KORSEL baewa alquran jga meniru ayat2 dlm kitab INJIL. SUBDIDARITAS TER COXIO ET VOX DEI. AVE MARIA

      • edy said

        mana ada kitab yang bisa menandingi kemurnian Al-Quran….??? jd ga mungkin Al-Quran meniru al kitab

      • woy, penelitian bln agustus thn lalu oleh ustadz , mahasiswa al-azhar dan keuskupan korea dan mahasiswa kristen jepang . bawa TUHAN YESUS dan BUNDA MARIA . mempunyai peranan penting dlm alquran………… gitu loch

      • zulkifli said

        Al Quran adalah Kitabullah penyempurna kitab kitab sebelumnya, jadi al qur’an tidak pernah meniru, tetapi menyempurnakan kitab jabur , taurat maupun injil

      • andi said

        INJIL ADALAH KITAB YANG TELAH RUSAK . YANG DI BUAT SENDIRI OLEH PENDETA 2 KALIAN . JADI INJIL SUDAH TIDAK SAMA DENGAN INJIL JAMAN NABI ISA . LAH TUHAN KALIAN BUKAN ISA .PERLU KALIAN INGAT YA UMAT KRISTEN SEMUA ISA BUKAN TUHAN , MELAINKAN NABI YANG DI UTUS OLEH ALLAH SWT UNTUK MELURUSKAN AJARAN KALIAN MENUJU ALLAH SWT .PERLUKALIAN INGAT , TIDAK AKAN AKU TURUNKAN ISA KECUALI UNTUK DOMBA DOMBA SESAT ISRAEL .PERLU KALIAN INGAT BAHWA KALIAN ADALAH DOMBA DOMBA YANG TELAH SESAT .ISA TIDAK MATI TERSALIB . ISA DI ANGKAT KE LANGIT . YANG MATI TERSALIB ADALAH MURID NABI ISA .YANG DISAMAKAN MUKanya dengan nabi isa . jadi kalian adalah pengikut orang orang penghianat . mana ada tuhan mati ………………………..

    • Nur Wahidin said

      karena klo dibangun gereja di arab saudi, maka akan membuat negara dimana Nabi Muhammad saw jsdi ternoda!!! di israel aja orang di batasi untuk beribadah d Masjidil Aqsha!!!!

      • andi said

        ayo saudaraku muslim semua . hati hati dengan orang kristen mereka itu adalah musuh kita jangan sampai kita terlalu dekAT DENGAN MERAKA . INGAT MEREKA ITU LICIK,LEBIH LICIK DARI KANCIL HWKHWKHWKHWKHWKHWK

  3. najib said

    @pyrrho
    Beda kok bro, khusus untuk makkah dan madinah (biasa juga disebut tanah haram) terlarang untuk orang2 yahudi, nasrani dan orang non muslim lainnya.

    Tuh, di artikel atas sudah dimuat alasannya, lengkap. Dan ini dasarnya quran, langsung perintah dari Allah SWT, Rabb semesta alam. :)

    Kalo negara2 Islam lainnya, selain Makkah dan Madinah, tidak terikat aturan seperti itu.

    Mari bersama kita jaga kesucian kota suci Makkah dan Madinah.

    Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ‘ali Muhammad.

    “Dan tidak akan ridho orang2 Yahudi dan Nasrani hingga kita mengikuti millah (tata cara,pedoman) mereka”

    • don juan said

      gereja d sana dbngun untuk umatnya sndri bukan untuk muslim jd kenapa terganggu jngn pd seperti anak2 tuhan tdk perlu bantuan manusia yg lemah, TUHAN MAHA ESA dia bsa menghncurkan kta semua dlm sekejab jngn buta informasi silakan telusuri dunia.yg kta smua butuhkan kedamaian dan ucapkanlah sukur mnrut caramu masing2. kta hnya untuk mengucap sukur bukan membuat dunia jd 1 agama seperti yg sdh d lkukan mereka yg merasa pling benar dan paling suci.klu memang begitu adanya mereka sudah jd malaikat dan tdk perlu jd manusia,klo non muslim tdk pntas, knpa TUHAN msh mbrikan kebahagiaan dngn tanpa ada rsa benci walau sdh d bom sekalipun, krna berprinsip TUHAN tdk butuh bantuan manusia jka kita dmikian beraarti melemah kan keESAanya dan menghinanya, sdarlah kalian yang berdebat hal2 bangunan duniawi yg penting lihat anakmu dan keluargamu selama msih hdup d dia rawatlah dngan baik dan jalani hidup sesuai KEHENDAKNYA surga neraka biar TUHAN yg menentukan bukan kalian manusia klo ada yg pernah mati merasakan surga dan neraka silakan berbicara….dan psti dia bukan manusia.

      • silvia said

        Bener bgt pnDpt LOE??>..
        gw dkung 100%
        ojo DO IRI KRO AGAMA Q mergO gusti ALLAH ora Perlu D bela!!!!!!!!!!!!!!

      • hidayah said

        memang anda bener mas juan…
        tapi seperti halnya umat agama lain, umat muslim berpedoman pada kitabnya (Al-quran), karna itu merupakan aturan orang muslim… yang harus dipatuhi…

      • botul itu guys,sebelum kita mendamaikan hati kita masing2,bagamana ALLAH menerima ibadah kita[kristen or muslim]…
        tetapi ada tertulis ”tidak seorang pun yang sampai kepada BAPA tanpa melalui AKU(YESUS KRISTUS)

    • fuda said

      mz najib..
      kami dukung penuh…………

    • salam damai KRISTUS TUHAN raja semesta alam, mnurut saya ARAB perlu di selamatkan sehingga GEREJA berinisiatif untuk hadir dan menjadi berkat(sola gratia) ngak usah mungkir deh toh muhammad juga ngak marah’ IUS CRIDES KOI DE VORIIO MISTA CULTURNES ET VOX DEI LUXIO EVANGLISTA. AVE MARIA

      • suropati said

        Arab perlu diselamatkan? dari apa?.atau boleh nggak Masjid di bangun di Vatikan dan setahu saya Nabi Isa orang Yahudi murni dan mustahil mengajarkan agamanya dengan bahasa Yunani yg sekarang di gunakan dalam doa2mu.OH..my God!

      • bayu said

        ya ampun kpn,,, yach….orang2 kafir ini sadar…..bangun gereja ko di arab,,,,kyak g da tempat laen ja….bangun aja dineraka…

    • Tholibul Khair said

      untuk non muslim, kalau sekiranya mendirikan gereja di daerah non muslim itu menimbulkan pewrgolakan sebaiknya jangan. karena bagaimanapun, di sana tuch sentralnya islam di lihat dari sejarah.
      sedangkan untuk orang islam, kalau misalnya kita sebagai umat islam hidup di suatu negara yang berpenduduk mayoritas non muslim, kemudian kita dilarang mendirikan masjid, kira2 kita protes tidak ya…?!

      buat muslim atau non muslim, mARI kita saling menahan diri untuk menciptakan kedamaian…!

    • zulkifli said

      Benar itu mas nazib, kita tetap berpegang pada ” bagimu agamamu dan bagiku agamaku ‘ artinya apa yang sudah di perintahkan allah untuk agama kita, agama lain jangan ikut campur.

  4. @ Najib

    Saya ingat Gus Dur yang pernah bertanya balik, “Apakah Muslim ridho dengan Yahudi dan Nasrani sebelum mengikuti agama Islam?”

    Kalau menurut saya, baik Islam maupaun Nasrani adalah agama dakwah (misi). Yang penting bagaimana cara masing-masing mendakwahkan agama, apakah diterima “pasar” atau tidak. Dalam hal ini saya selalu kagum dengan cara Wali Songo menyebarkan Islam di Nusantara dengan pendekatan budaya.

    Anyway salam kenal.

    • adit said

      mas junarto

      mari menuntut ilmu dengan ulama yang kridibel…

      • Tholibul Khair said

        ya klo memang gak boleh ngediriin gereja di makkah aku stuju2 aja. trus klo misalnya, di negara2 kriten ato non muslim lainnya yang di sana ada muslimnya kemudian tidak diperbolehkan bangun mesjid gimana dong….
        apa bukan suatu alasan yang perlu dipertimbangkan. saya sich ikut aja…

  5. Hafez said

    @ up

    bilang sama gus dur: gus, kalo islam tuh lakum diinukum waliyadiin

    @ pyrrho

    tanah haram tetap akan menjadi tanah haram, tidak ada toleransi dalam soal akidah. kalau tuhan kami sudah bilang itu tanah haram, maka itu akan tetap kami pertahankan

    Allahu Akbar!

    • silvia said

      klo elu mah NGemeng mULU……
      eLu Tu YaNg HaRAM!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
      NgCa Donk ape HUb.Ne tAnAH hARAm mA TOlerANsi sOal AKhiDAh !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!1

    • hidayah said

      Allahu akbar…
      La ilaha Illallah…..
      benar mas…..
      tiada kedustaan dari Al-Quran….

  6. alisyah said

    @phyrro

    Mexico sama dengan Iran, Irak, Qatar, Kuwait dan lainnya
    tapi jangan disamakan dengan Makkah dan Madinah

    Biarkan Mekkah dan Madinah tetap sebagai tanah haram.
    Allahu Akbar!

    • silvia said

      eH eMAnk NeGara AraB PnyA NeNEK MoEyaNG loE?
      eMank OranG NaSRani nGonTRaK???teLMi BnGT…

      • haek said

        klo loe mo debat jangan via email donk, kgk ade titik temunye,
        mendink ketemu ma orangnya. begitu juga buat mahluk yang sok suci itu, yang ngaku- ngaku islam. kalau debat jangan di belakang layar yach. bukan laki – laki loe!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • aulia maharani said

      udah deeh ..
      gitu aja diributin, pembuktian itu kan adanya di akhirat

  7. fajri thoyib said

    bila saudi mengizinkan di bangunnya gereja!! berarti sudah sangat jelas adanya persekongkolan antara mereka berdua!!! untuk menghancurkan sejarah islam. hai para pemimpin emirat arab tahukah kamu bahwa Allah dan Rasulnya telah berpesan bahwa tanah tersebut adalah tanah yang di haramkan untuk kaum di luar muslim!!!! ingat sesungguhnya azab Allah amat dekat!!!

  8. Orang bingung said

    hehehehe, heran neh ama kalian umat yang ngakunya mengikuti jejak Tuhan dan menjalani ajarannya, tapi hasilnya? hanya saling membenci di antara kalian yang mengaku beragama? mending tidak beragama sekalian saja, dengan begitu saya tidak akan membenci siapa pun. Bukankah itu yang diinginkan secara hakikat oleh Tuhan untuk saling menyayangi…
    Kalian hanya bisa nya mengaku perintah Tuhan untuk mengharamkan dan membenci kepada umat yang lain. Tidak terkecuali agama apa pun yang mengaku suci (mendengarnya aja udah muak saya)
    Ada ngga seh ada agama yang mengajarkan untuk saling menghormati dan menyayangi tanpa menyakiti yang lain dan merendahkan yang lain? kalau ada saya akan melepas predikat atheis yang sering kalian predikatkan untuk orang-orang seperti saya….

  9. Hafez said

    @ up

    hehehehe saya ndak heran dengan komentar anda…namanya juga orang bingung…pantas komentarnya bingung

  10. leon said

    @orang bingung
    Wah kasian loh, nggak punye ‘kendaraan’ sama sekali. Emangnye dunia ini adenye ‘disulap’

    “Sesungguhnye agama yg diridhoi itu hanyalah ISLAM”

    Usul aye, Cari tuh kebenarannye yg hakiki, pake kite punya akal n pikiran, selagi kite belum terlambat.

    God bless u and give u a miracle to choose

    Wabillahi taufik wal hidayah

    • silvia said

      DIrIDhoi koK nGEbOm??????
      yAng nGEboM BALi tu CPa???BUkANNE Lu pade…..
      mBOK JNGn kyak gitu semua agama tu sama aja?????

    • aulia maharani said

      otak bom itu kan orang KAFIR
      biar dia ngakunya islam, di agama islam ga bakalan di anggep
      ga pernah belajar apa lu?
      jarang baca ya?
      KASIAN !!
      yakin lu, tuhan lu ada?
      emang ada tuhan yang ga bisa nyelametin dirinya sendiri?
      kasian banget ajaran lu, patung ko’ disembah

    • hidayah said

      mb aulia….

      yakini aja yg qt yakini…

      udahlah jangan balas api dengan api…
      nanti qt hangus semua..
      kata pak ustadz assobaru minal iman…
      jika menurut pepatah ” biar anjing menggongong kafilah tetap berlalu”
      jika menurut kita dan agama kita benar maka pegang teguhlah…
      (maaf jgn jdikan kata anjing sbg objek/sbjek, ini cm ppth)

      qt harus percaya pada pemilik Al Asmaul Husna…

  11. Saya jadi ingat sebuah edisi Cectic…

    http://cectic.com/135.html
    :lol:

  12. yanti said

    Hmm saya gak tahu… gimana menjawab tentang ini…
    Tapi setahu saya ketika Nabi saw.. mulai “menguasai” Mekkah… semua “berhala” dikeluarkan dari kota Mekkah. (Maaf ya kalau salah). Mestinya… jangan diisi lagi ya…

    Makasi ya… boleh ikut nimbrug
    Datang juga ya kerumah ku… http://maaini.wordpress.com

  13. Ridwan said

    To All Bangsa Indonesia
    Fren aku merasa klo tulisan-tulisan seperti ini hanya akan membuat perbedaan itu tidak indah. buat semua yang baca dan kasih comment di tempat ini, kita harus sadar apapun agama kita mengajarkan sesuatu yang baik tidak perlu diperdebatkan seperti ini. Allahku ya Allahku, Tuhanku ya Tuhanku, Nabiku ya Nabiku percaya kepada ajaran masing-masing tanpa memperdebatkan agama yang lain
    Aku ngerasa sedih banget lihat banyak blog maupun website yang saling mengejek menghina menyalahkan membenarkan.
    Fren perbedaan itu harus dibuat indah.
    Aku seorang Katolik, teman-temanku banyak yang muslim, Budha, Hindhu banhkan kepercayaan seperti Konghucu tapi kita tidak pernah memperdebatkan agama masing-masing, biarlah itu menjadi kepercayaan kita masing-masing. Aku dan teman-temanku sedih banget klo lihat tulisan seperti ini, sepertinya bangsa ini mudah dicerai beraikan.
    Fren pembicaraan lintas agama yang baik itu harus didasarkan pada sikap saling menghargai dan menghormati. Semoga kita semua dapat berpartisipasi agar dialog-dialog perbedaan agama yang menjurus ke arah saling membenarkan dan berbuntut perselisihan ini tidak terjadi lagi. Kami (saya dan teman-teman) yakin bangsa indonesia adalah bangsa yang baik. amin

  14. Ridwan said

    Bagi pengelola blog, kami mengharapkan dapat ikut berpartisipasi agar janganlah sebuah blog memuat sesuatu hal atau berita yang dapat semakin membuat jurang perbedaan antar agama.
    Kami yakin awal pembuatan blog ini adalah baik yaitu memberikan segala informasi yang baik yang dapat berguna bagi seluruh bangsa indonesia.
    Kami sarankan bagaimana blog ini memuat mengenai hidup beragama yang saling menghormati seperti contoh umat hidu bi Bali ikut membantu mengamankan lalu lintas saat umat islam beribadah.
    Atau bagaimana suatu kampung dengan penduduknya yang multi agama dapat saling menghormati
    Kami ini hanyalah anak bangsa yang tidak ingin melihat bangsa ini tercerai berai. Bhnekka Tunggal Ika merupakan salah satu semboyan kita yang terindah. Terima kasih sahabat.

  15. @wong pucuk aku
    Wakakakak ….
    Mo kaseh banyak sarannyo OM Ridwan …

    Sadarkah ente kalo info seperti inilah yang akan ditutup-tutupi. Islam dari dulu sangat toleran dengan penganut agama laen. Shiroh Nabi mengungkap semua itu, dan ini berlanjut terus sampe ke sahabat2 Rasululllah dan generasi tabi’in, serta tabiit tabiin dan akan ada terus orang2 seperti ini sampe kiamat (walau pun jumlahnya nggak banyak)

    BUT, especially for AQIDAH, NO COMPROMISE.

    Adakah isi artikel di atas yang menyeru pada pertikaian, I DONT THINK SO …

    Jangan mudah hanyut dengan slogan2 kosong orang yang tidak bertanggung jawab, dengan mengatasnamakan toleransi atao apalah jika itu dapat merusak akidah kita … (jika anda seorang Muslim, I’m so sorry if you’re not)

    Peace – No offense – Just sharing – Just for education

    Barokallaha

    Wabillahi taufik wal hidayah wal inayah

    infokito – wong kito galo

  16. Catshade said

    Hnnn…saya nggak gitu ngerti. Kalau menurut ayatnya, tanah yang tidak diperbolehkan cuma di Mekkah dan Madinah kan? (maaf kalau salah) Berarti kalau bikin gereja di Riyadh atau Jeddah nggak apa-apa dong ya?

  17. nanda said

    @orang bingung
    sebetulnya Islam mengajarkan kepada kita agar tidak membenci,apalgi memusuhi aga,a lain kecuali klo harga diri kita dinjak.Tapi itu juga melalui damai dan tidak dengan kekerasan!!!!

    @phyrroo..
    Sob,gimana pun juga Madinnah dan Mekkah adalah tanah suci yang tidak di kotori.Klo menurut gw ada benernya juga.Mungkin dengan adanya gereja akan ada kamu Nasrani,Yahudi.Dengan adanya kaum mereka,pasti akan adanya prostitusi,perjudian,dll,yang akan merusak semuanya.

    • hidayah said

      karena yang menurut islam diharamkan banyak diantara diperbolehkan.
      orang muslim Arab tidak mau barang yang diharamkan bagi orang muslim yang diperbolehkan orang non muslim berada di Arab.

    • Abdul said

      ah yang benar, di zaman sekarang banyak yang seperti itu, pelakunya ya muslim,ya non muslim.yang penting duit,yang berkuasa.Bukan yang lain.

      • RAHASIA said

        Emangnya orang islam udah suci semua????? ga mau berjudi, mabuk2an, melonte dsb…..!!!!!
        Ngaca dulu dunk…!!!!!!
        Baru kasih komentar..!!!!!!!!!!

    • ehhh jga yah pikiran lo…..jgan asal ngasih komentar yg gak bnar,,,,dasar orang gak punya perasaan,,,ehh gw tanya sama lo apa lo udah suci????gk smuaX orang islam itu suciiiiiii lahir dan bathiiiin….malah banyak yang gak punya kasih,sombong dan gak tau malu,,,coba dhe liat qt2 yang agama nasrani punya banyak kasiiiihh….gak kayak rekan2 lo yg laen….. gbu

  18. damas said

    kampret……….
    kalo di arab sampe di bangun gereja…………..
    dunia bakal kiamat!!!!!!!!!!
    naudzubillah min dzalikk……..!!!!!!!!!!!!!!!11

    • GRADIANA said

      menurut saya pribadi sebagai umat KATHOLIK,marilah kita sebagai umat Tuhan yang di ajarkan saling menghargai antara agama satu dengan yang lain. and jangan menghakimi. tanpa disadari, dengan anda melecehkan agama orang lain pun itu udah dosa banget….!!! PEACE AND LOVE ARE BEAUTIFUL.OK.TUHAN YESUS MEMBERKATI.AMIN

      • hidayah said

        Gradina anda betul…

        saya hargai pendapat pribadi anda, tapi anda juga harus menghargai keyakinan kami (muslim)kepada kitab kami beserta isinya.. karna kami tidak pernah meragukan isinya seperti anda yang percaya pada kitab anda…

        maaf ya jk da salah….

      • bukan begitu caraX dasar orang gak berpendidikan.Menurut gw pribadi mewakili orang beragama nasrani,,,perbanyakin kasih….k”rena smua agama itu sama…beraarti klo kiamat elo yg msuk neraka duluuuan,,,,,

      • DICKY MOEKTI said

        ADUH MBAK GRADIANA, KLO AK IPIN, AKU DAH BILANG; BETUL,… BETUL,… BETUL,…
        BEGINILAH ORANG YANG BERAGAMA, AGAMA NDAK NGAJARIN NGE JELEK2 IN ORANG. JGN KITA IKUTIN YA,…. SETAN UDAH PADA JOGET NGEBACA TULISAN2 YG “ITU”
        SALAM KENAL DARI AGAMA TETANGGA “ISLAM”

      • zulkifli said

        Mangkanya kalau tau Makkah dan madinah adalah tanah Haram, yakni haram bagi ummat nasrani dan jahudi. jangan dong minta membangun gereja di sono. itu baru saling menghargai namanya…

  19. HUSSEN SAMMAN said

    Demi Allah, jangan coba2 bangun gereja di Tanah Haram .Bisa terjadi perang sabil modern.

  20. damas said

    aaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…………………………….

  21. agus said

    gila!klau sampe tu gereja jadi dibangun
    di tanah HARAM,benar kata Damas,dunia bakal kiamat.

  22. ane muslim! said

    lalu kenapa masjid ga boleh dibangun di vatikan? kan sama-sama negara tuh!

  23. ane muslim! said

    gus dur kelaut aja….

  24. zea said

    setuju bangettttttttttttttt
    kn kristen agama yang suci….hehehehhehehehehehehehhe
    jgnlah kita menjadi orang yg munafikkkkkkkkk
    seperti ajaran agama kristen yg tertulis di ayat ALKITAb yakni mengasihi umat manusia didunia,bagi kamu yg non-kristen coba deh baca…sapa tau za kamunyaaaaa bisa yakin akan agama kristen,,,,,,,,

    jgn ada dendam loee..
    buktinya kami selalu ngalah toh saat umat muslim membom gereja dimana-mana…………………

    • jundulloh said

      @zea
      bukan nya nasrany yg munafik, dah tau kebenaran nya masih aj maksa untuk jadi agama yg hak…!!!

      dah lah gne aj islam punya prinsip hidup mulya ato mati syahid

      percuma mo debat kek gmana juga, ngadepin orang munafik pake satu jalan “T E G A S”

      ALLOHU AKBAR…!!!

    • Nur Wahidin said

      @ Zea :
      eh mana bisa orang Islam percaya Injil, isinya selalu berubah2 sesuai jaman!!!!

  25. zea said

    JESUS BLESS U ALWAYSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSSS

    JESUS LOVE U ALWAYS N FOREVER

    I LOVE JESUS NOT ALLAHHHHHHHHHHHHHHHHHHH

    UMWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWWW

    • jundulloh said

      @ZEA

      siapa jesus…?
      lahir dari mana dia..??
      darah nya golongan apa A/B/O…?
      trs di mana dia lahir….?
      fisiknya sama ky kita apa gk…?
      pantas gk dia di sebut TUHAN…?
      atas dasar apa dia di anggap TUHAN…?

      silahkan di jawab…!!

      • B J said

        ohh gituu…
        lalu syp tu muhamad yg lo bangakan tu y?

        yg ktny dr KETURUNAN BUDAK!!!!!!!!!!
        yg diusir Abraham atw lo blg s Ibrahim

      • bayu said

        jundulloh:
        siapa jesus…?…
        lahir dari mana dia..?? dari neraka
        darah nya golongan apa A/B/O…?darah kotor
        trs di mana dia lahir….? dikandang kambing
        fisiknya sama ky kita apa gk…? dia banci
        pantas gk dia di sebut TUHAN…? gak pantes bget
        atas dasar apa dia di anggap TUHAN…?

    • aulia maharani said

      ahaahaha
      hayoo hayoo
      yang ga tau biodata tuhannya ga bisa jawab tuuh ..
      yang PANTES di sembah itu cuma ALLAH swt. yang membuat dan memberi kehidupan bagi semua umat manusia, baik yang beriman maupunyang KAFIR !!

    • hidayah said

      jk kaya gini smua njuk masuk neraka ne…
      payah2….

      tp yg saya tahu dari agama saya..
      semua orang yang dilahirkan didunia dalam keadaan muslim..
      ndak percaya?? ntu hak anda…

      moga qt semua tahu dan sadar atas janji qt dalam alam kandungan…
      LA ILAHA ILLALLAH
      MUHAMMADARRASULULLAH…

    • zulkifli said

      Masak tuhan lahir di kandang kambing, yang lahir di kandang kambing , artinya serupa dengan Kam…..

  26. orang suci said

    Lu semua dasar orang Islam goblok kena dibegoin ama Arab, lu taatin tu smua ajaran agama lu ampe bego, ajaran2 yang bikin lu sulit buat maju & berkembang karna aturan2 maennya gak bisa diterima nalar. Sembayang aja musti pake bahasa Arab, gaya ini itu. Tuhan lu tuhan arab sialan. Gak kayak TUHAN gue, TUHAN alam semesta, universal, makanya orang2 sebangsa gue bisa cepat berkembang & maju

    • ius said

      ini orang kristen memang tolol ya….
      malah PD banget bilang yesus tuhan semesta alam, baca baik2 lo punya injil, and liat baik2 patung and muka tuhan lo itu, masa dy yang ciptain kamu. wakawakakwakakwakwkakakwakawk. nolong diri sndiri aja ga bisa.
      kami orang islam biar kitab kami pake bahasa arab, paling ngga kami bisa paham apa isi didalamnya, apa yang halal n yang haram, ajaran kami juga lengkap, dan dapat berlaku sepanjang zaman. nah kalo lo yg kristen, dah jelas2 ada larangan makan BABI malah di makan dengan rakusnya, kitabnya mesti direvisi mengikuti perkembangan zaman. moga kena FLU BABI lo semua kristen, wakawakkwakwakkakwa.

      dasar kristen tukang tipu, raja maksiat, penjajah kelas berat, pemakan bangkai, pemakan babi, pemakan segala. dasar rakusssss.

      • juventus said

        wah..wahh… si iyus ini kayanya ga berpendidikan banget ya? omongannya ngga pakai perasaan.. apakah itu yang diajarkan agamamu?
        Semoga Allah Bapa mengampuni mu sodara..
        Tuhan Memberkati..!

      • DICKY MOEKTI said

        GILA LOOOOO,….. NAFSU BENER AMA SI ORANG SUCI, SEPERTINYA TULISAN2 INI JADI TESIS KITA UTK MASUK JADI SARJANA NERAKA, COOL BRO,…..

    • jundulloh said

      to: Orang yg ngakunya suci

      berarti kamu TUHAN coz katanya kamu suci.
      berarti kamu adek ato kk nya TUHAN betul gk..?

      coba liat tuhan kamu kan gk jelas asalnya dan atas dasar apa dia jadi tuhan
      itukan bentuk ketololan orang jaman dulu yang ngangap dia tuhan

      berarti kmu orang primitip jaman dulu sok ikut2an percaya dia tuhan…!!! silahkan di cerna dengan akal dan hati..!!

      jangan dengan logika dan hawa napsu..!!

      • b j said

        Oh ya coba lihat jg prkembangn negara-negara yg skrg nyembah “tuhan yg tolol” sprti yg kw blg sprti Eropa dan AS,dll. Brkembang kn coba lht negara Arab palingn cuma ngandalkn Minyaakk.. aja klo g ada yng beli mw mkn apatu org arab lo makn Minyak??He, he, he
        Sok umumkan jihad-jihad tp nyatanya JAHAT,JAHAT dan mati sia-siag guna kyk bangke. Pd org islam yg ngakuny sok suci dan benar dan kampungn. Ingt y kmi tu lbh tua dr klen jd jgn sok banyk tany lha. Kami ne di dunia bisa langsg PUNAHKAN… klen sekejab mata tp km msh lebih tolerin. Negara- negara maju (AS, Jerman, Inggris,Prancis,Rusia, dll)mayoritas seiman dgn kmi jika kmi gabung lawan org arab loe yg g guna tu jls ya klen P U N AH !!!!!!!!! Buktiny negara2 Arab lwn Isrel sendiri aja g bsa menang

    • alheeyas said

      YAA AMPUUN ORANG DARI NEGARA MANA JUGA TAU, AGAMA PALING UNIVERSAL ITU ADALAH AGAMA ISLAM ..
      apa orang KAFIR itu pernah balajar sejarah tentang agama mereka sendiri, dan apa mereka pernah berpikir
      “KATANYA JESUS LAHIR DI BAWAH POHON CEMARA, JELAS” DIA LAHIR DI NEGARA PADANG PASIR MANA ADA POHON CEMARA? AHAHAHAHA”
      KELEWATAN BEGO

      • B J said

        Eee org idiot syp blg yesus lhr d pohon cemara jwbn loe g nyambung ama pernyataanq dsr org LING-LUNG….

      • abdullah doel said

        Yg jelas….islam adalah agama yang damai,dan mencintai kedamaian tapi bukan karena cinta damai gereja harus didirikan…Tidak YA………

      • ya ialah KRISTIANI kan agama universal jd d terima d mana aja……….. eh gw tanya sm loe muhammad bertapa di mana terus dpt wangsit buat agama islam…………………………………………………………

    • hidayah said

      Yang penting barokah mas…

      makmur di dunia tapi ndak makmur di akherat ya sama ajah….

    • bayu said

      orang suci;lok yesos tuhan …ko bsa mati!!!!! kenapa ko islam lok nyembah pakai gaya…karena ALLAh… dah nyiptain qita dgn sempurna…diantara makhluk lainNYA…jadi ya wajar qt disuruh,,,nyembah…lok orng kristen…mamg malas2 jdiNYA… ya cuma seminggu sekali cukup….SEMBAHYANG MODEL INSTAN..

  27. orang suci said

    Pesan buat Alisyah, Nanda, Yanti:
    Elu smua cewek2 dungu, karna mau jadi korban pembodohan Muamad XXX.A.W. Buktinya: Dalam Islam harkat,martabat & derajat cewek sama dengan setara binatang, dan tidak ada persamaan hak buat kaum cewek.

    • tolol betul ni orang……dari mana anda peroleh reverensi tolol,setan….

    • alheeyas said

      ahahaa salah baca buku ya lu?
      jelas-jelas islam adalah agama yang mengajarkan persaman antara laki-laki dan perempuan
      presiden kita aja wanita dan orang muslim

    • hidayah said

      orang Suci ini bagai IBLIS buat orang muslim….
      saudara2ku orang muslim waspadalah…
      jangan terbawa nafsu, sabar….
      kayae ndak ada gunanya nak ngelawan…
      malah jadi tambah dosa..

      buat Alisyah, Nanda, Yanti >> Allahu Akbar..

      • bayu said

        udah biarin aja orng yg ngaku sok suci itu!!!! dia akan sdar lok dah ada diNERAKA….
        GO TO HELL!!!!!!!!!

  28. Antonius said

    jadi tanah haram gara2 ada gereja ? yg bener ajah..yg mbuat tanah Arab jadi haram justru orang2 Islamnya kalie…! kalo tidak diijinkan….berarti air susu dibalas dgn air tuba..donk..

  29. Ali Ridho said

    Makkah (Majalah Syir’ah)

    Kematian sudah pasti datangnya. Tak perlu diharap-harap, juga tak bisa dihalang-halangi. Ajal pasti menjemput. Toh, banyak juga yang punya cita-cita mati. Tak percaya, pasanglah telinga dan dengarkan cerita orang-orang di sekeliling. Tentu sudah tak asing, kisah tentang orang yang bercita-cita mati di Makkah.

    Kenapa Makkah? Sudahlah, tak perlu ditanya. Yang pasti, begitu banyak orang yang kepingin matinya tidak biasa-biasa, tapi bersyarat: mati kapan pun rela, asal di Makkah. Meski lanjut usia, tubuh telah renta, tak ada yang bisa mencegah mereka ke Makkah. “Bapak istirahat saja dulu, ya. Dokter bilang, kesehatan Bapak masih lemah. Tak perlu dipaksakan.” Begitulah si anak selalu mencoba membujuk si ayah agar mempertimbangkan kesehatan.

    Tapi, si Ayah akan ngotot, “Ini sudah panggilan, Nak. Allah Mahabesar. Jika Dia sudah menghendaki, tak perlu ada yang dirisaukan. Kalaupun Dia menghendaki Ayah meninggal di sana, itu justru kesempatan emas yang ditunggu-tunggu semua orang.” Si Anak akan terdiam. Si Ayah tetap bersikukuh dengan niatnya, terbang ke negeri Arab, berdesak-desakan dengan jutaan jamaah.

    Hingga suatu ketika, sebuah siaran televisi memberitakan adanya sejumlah jamaah dari Indonesia meninggal, persis saat menjalankan salah satu manasik. Si anak memperhatikan daftar nama-nama yang tampil di layar kaca. Tiba-tiba, tanpa ia sadari, mata membasah. Nama si ayah jelas tercantum di sana. Berkali-kali ia berusaha tak percaya. Tapi identitas itu terlalu jelas untuk diingkari. Nama di belakang bin, usia, daerah asal, nomor kloter, semua cocok dengan ciri-ciri si ayah. Si ayah telah mendapat kesempatan emas: meninggal di bumi Makkah.

    Seperti sinetron. Tapi ini nyata. Keinginan untuk mati di Makkah sangat tidak aneh bagi seorang muslim. Makkah selalu hidup di angan-angan seorang muslim sebagai pusat segala kesucian, sebuah kiblat. Saat menjalankan shalat lima waktu, sebuah momen suci sehari-hari, kita menghadap ke sana. Alas kita sujud hampir selalu bergambar Masjidil Haram dan Ka’bah: dua hal yang saat ini hanya ada di Makkah.

    Makkah menjadi pusat kesetiaan ditambatkan. Kita sering mendengar nasihat, misalnya, sejauh apa pun memburu ilmu pengetahuan, di negeri mana pun, Makkah haruslah tetap nomor satu. “Otak Jerman, hati Makkah.”

    Dan, tanpa sepenuhnya kita sadari, kita pun tak bisa membayangkan–buntutnya tak bisa menerima–adanya pusat kesucian selain Makkah. Ketika orang, atau suatu kelompok, sengaja bersembahyang tidak menghadap ke arah Makkah, kita akan segera menilainya sesat. Tanpa terlalu peduli dengan pengalaman batin mereka.

    Kita juga reaksioner manakala ada sekelompok orang menunaikan haji ke tempat lain, bukan ke Makkah, semisal orang muslim Kajang, Sulawesi Selatan, yang menjalankan ritual mirip haji ke Gunung Bawakaraeng. Kita tak hanya menyebut mereka sesat, tapi juga tolol. Sesat, karena mempercayai ada pusat kesucian yang selevel Makkah. Tolol, karena meyakini mitos-mitos warisan leluhur tentang gunung dan lembah yang penuh kisah-kisah gaib.

    Pusat selain Makkah, di pikiran seorang muslim, adalah mustahil. Meskipun, sebenarnya, kita hanya tahu Makkah yang sudah menjadi kiblat. Kita tak pernah tahu bagaimana Makkah berubah, sebelum dan sesudah Nabi Muhammad lahir, pra dan pasca-kerasulan. Makkah yang, sebetulnya, lebih sebagai kota pusat perdagangan ketimbang sebagai kota pusat kesucian dan peribadatan.

    Abad 5 Masehi, yang menurut para ahli sejarah merupakan akhir pemerintahan Romania, adalah masa dibukanya jalur perdagangan darat lewat Hijaz. Jalur darat jadi alternatif, sebab pelayaran di Laut Merah mulai surut. Makkah merupakan salah satu kota penting di kawasan Hijaz. Rute ini menghubungkan dua kawasan bisnis terkenal: Syam dan Yaman. Dengan demikian, Makkah menjadi kota transit perjalanan para pebisnis zaman itu. Kalau boleh diibaratkan, Makkah itu mirip-mirip Singapura sekarang. Bedanya, Makkah kota transit jalur darat, Singapura jalur laut (sekaligus udara).

    Al-Quran sendiri sedikit menyinggung soal aktivitas Kota Makkah ini. Bukalah Surah Quraisy. Disebutkan, orang Quraisy Makkah biasa melakukan perjalanan dagang. Jika musim panas, mereka ke Syam. Saat musim dingin, mereka menuju Yaman. Atas nikmat semacam ini, yakni bahwa baik musim dingin maupun panas, penduduk Makkah tetap punya peluang bisnis, hendaknya mereka menyembah Tuhan “…yang memberi makan mereka dan memberi rasa aman” (alladzî ath’amahum min jû’in wa âmanahum min khauf).

    Seperti itulah Makkah sebelum Nabi lahir, bahkan masih tetap demikian hingga masa-masa awal kerasulan. Makkah bukan pusat kesucian. Ah, tapi bukankah ada Ka’bah yang sudah berdiri sejak masa Nabi Ibrahim? Benar, cuma Ka’bah ternyata tak segera membuat Makkah jadi kiblat. Ka’bah bukan sesuatu yang luar biasa bagi orang Arab. Di kawasan Arab saat itu, konon, ada 20-an lebih Ka’bah.

    Dan, di masa-masa awal kerasulan, umat Islam bersembahyang tidak menghadap Makkah, tapi Baitul Maqdis di Palestina. Makkah baru jadi kiblat di kemudian hari. Dalam sebuah hadis riwayat Muslim, dikisahkan, suatu ketika para Sahabat menjalankan shalat subuh di Masjid Quba’. Mereka menghadap Baitul Maqdis. Tiba-tiba datang seseorang, “Nabi telah menerima wahyu, beliau diperintahkan untuk menghadap Ka’bah.” Jamaah masih ruku’ waktu itu. Tapi mereka segera memutar tubuh ke arah Makkah.

    Kisah ini nyaris tak terdengar sekarang, meskipun banyak hadis sahih mencatatnya. Pengajar agama kita lebih suka menceritakan Makkah sebagai Tanah Suci yang tak terungguli kesuciannya. “Makkah sudah tercatat dalam Al-Quran. Orang yang memasukinya akan merasa damai,” begitu para ustad kita mengajarkan, sembari mengutip al-Baqarah (2) ayat 96-97. Makkah disebut Al-Quran dua kali, satu di al-Baqarah tadi, dan kedua di al-Fath.

    Sehari-hari, kita rutin mendengar ajaran tentang keajaiban Makkah. “Hajar Aswad diambil dari permata yaqut dari surga.” Ustad lain menyambut, “Ka’bah itu lurus dengan Arsy Allah di langit.” Atau, “Shalat di Masjidil Haram, sadakah di Makkah, sama nilainya dengan 100.000 kali lipat amal yang sama di tempat lain.” Kutipan-kutipan tersebut pun tercatat di hadis-hadis berbobot sahih. Bedanya, yang ini jauh lebih sering diceritakan, terutama tentang pahala yang berlipat seratus ribu itu.

    Si Ayah tadi bisa jadi telah mendengar kisah-kisah itu puluhan kali. Tapi, dia mungkin belum sempat mendengar sebuah kisah kecil yang juga masih hidup meski terseok. “Perasaan, ustad yang mengimami mushola ini belum pernah menginjak Makkah, ya?” Demikianlah selepas shalat berjamaah, dua orang sedang berbincang lirih. “Ustad memang belum pernah berangkat ke Makkah,” kata si kawan yang diajak dialog, “untuk haji maupun umroh. Tapi ustad biasa sembahyang di sana.”

    Jamaah pertama bengong. Agaknya dia kesulitan membayangkan: tidak pernah ke Makkah, tapi kok sering sembahyang di sana. “Ustad termasuk waliyullah,” si kawan menerangkan. Lalu ia mengatakan si ustad dianugerahi Allah kemampuan berkeliling jagad dalam sehari, bahkan beberapa detik. “Jadi, ustad menunaikan haji tidak seperti orang-orang. Harus bayar. Antre lagi.”*

    • abdullah doel said

      Setuju mas Ridho….,

    • assalamualaikum,saya seorang lulusan AL-AZHAR university mesir, menurut saya VATIKAN mendirikan gereja di NEGARA LIGA ARAB itu sah saja karna di arab juga ada penganut NASRANI dan menurut saya lulusan dr jurusan AQIDAH FILSAFAT MODERN , KRISTIANI tidak sama dengan yahudi memang dlm KRISTIANI(PROTESTAN,KATHOLIK,CHARISMATIK) megangkat yahudi tp mereka berbeda menurut saya hal ini sudah ada pertimbangan oleh ke 2 pihak , makanya islam indonesia islam pingiran karna pemikiran yg diskriminatif bukan ajaran NABI MUHAMMAD kita, marilah kita umat ALLA SWT, jangan saling mejatuhkan agama lain, saya di didik secara islam yg sesuai sunah rasul, kita lihat pak HJ. ABDURRAHMAN WAHID/gusdur beliau seperti MUHAMMAD ke 2 d indonesia, saya jga punya tmn NASRANI,HINDU,KONGHU-CHU, mereka tidak pernah menjelekkan ISLAM,dan juga TANAH HARAM itu maksudnya bgi para pendosa ; pemabuk,penjudi,dsb. bahkan raja abdulah sempat berkunjung ke vatikan meskipun kecaman terus mengalir tp kan di terima oleh badan tertentu kerajaan vatikan, saya akan amat sangat mendukung hal ini selama tidak menggangu keislaman arab……… assalamualaikum wr wb

      • jika smua org islam seperti anda,,,,,,,,,,,, mngkin indonesia akan damai,,,,,,,,,,,,,,,, smoga anda d rachmati oleh YGN MHA KUASA,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,, AVE MARIA

  30. khalil said

    buat zea, orang suci, dan yang seagama (non muslim)

    berkata lah sesuka hati tentang islam. pada saat nyawa kalian udah di cabut, dari situlah kalian menyadari akan kebenaran. akan bermohon untuk kembali hidup lagi di dunia agar hidup menjadi muslim yang taat.

  31. Hulk said

    Mekkah kan tanah Haram! jadi ngapain sih membangun di tempat haram gitu loh!
    Mang gak ada tempat halal apa?

  32. Hulk said

    Mekkah kan tanah HARAM! jadi ngapain sih membangun TEMPAT SUCI di tempat HARAM gitu loh!
    Mang gak ada tempat HALAL apa?

  33. narsis said

    Makkah kota suci dan HARAM bagi NON-MUSLIM ….

  34. wisnu said

    ett…
    jangan dibangun gereja di arab…
    itukan tanah haram..iyakan???
    ntr grejany iktan haram lg…

    • jundulloh said

      gereja dari jaman yg katanya Tuhan mu lahir aj dah haram
      bagi kami agamamu itu haram..!!]

      • b j said

        Oh y lalu gmna nenek moyang tuhan klen si tukang kawin itu alias Mr. Muhamad (Dari Ismail yg d buang oleh Abraham atw lo pd blg Ibrahim) dr anak budak dan lbh haraam lg tw g!!!!!
        NAJIIIS!!!!!!!!!!

      • alheeyas said

        beliau itu poligami atas dasar menyantuni wanita, karena dalam islam dari pada berbuat ZINAH lebih baik MENIKAH !!
        BEGO DEEH LU

      • B J said

        Oooo gua tw brarti klen smua pada kunap deh alias kuat nafsu Ha,ha,ha,ha….

    • abdullah doel said

      Diharamkan Buat Orang Non Muslim…termasuk tempat ibadahnya seperti gereja…gitu coy

  35. wisnu said

    dibangun masjid aja…
    biar masjidny jd haram…
    iya ga se???

  36. adri said

    numpang komen, Asw. wr. wb dr awal ampe akhir, huehehehehehe…

    sebenarnya kagak masalah mau bikin gereja di mana aja. tapi loe tau ‘kan tabiatnya org2 yg dijuluki ahli kitab? suka plin-plan. lain di mulut lain di hati. ingat AlBaqarah ayat 120!
    awalnya cuma minta dibangun satu gereja, lalu berikutnya minta dibangun sekolah Kristen, lalu dimulailah gerakan sekularisasi dunia Islam, ujung2nya Mekkah dan Madinah halal buat mereka! Naudzubillah min dzaalik!!!

    bahkan sejak Rasul turun pertama kalinya untuk berdakwah masyarakat ahli kitab adalah penentang keras bagi dakwah Rasul selain kaum muysrikin Mekkah. kenapa sih masyarakat ahli kitab sangat alergi sama Islam? karena Islam bersama Alqur’annya banyak membongkar aib mereka, juga karena mereka dengki setelah tahu kebenaran tidak berpihak kepada mereka. ingat nggak sih kalau agama mereka itu sudah melenceng jauh dari ajaran yang lurus gara2 ulah segelintir pendeta/rabbinya yang memang Tuhannya adalah setan dan hawa nafsunya sendiri. kalau elo2 pada mau tahu kehancuran agama2 langit terdahulu, silahkan mampir di site eramuslim.com

    asal tahu saja, non muslim menjadi haram masuk ke tanah suci, gara2 pernah ada 2 orang pendeta Nasrani atas perintah Paus dan raja2 di Eropa untuk menculik jasad Nabi untuk dibawa dan diawetkan di museum2 di Eropa. bayangkan, manusia terbaik sepanjang zaman, mau dijadikan benda pajangan?! untungnya usaha 2 pendeta zalim itu gagal total, dan keduanya dipancung oleh penguasa Madinah saat itu, Sultan Fulan bin Fulan (lupa namanya). sejak saat itulah baginda Rasul memerintahkan melalui si Sultan yang shaleh itu (datang ke mimpinya sang Sultan) untuk mengharamkan setiap non muslim buat masuk kota suci Mekkah dan Madinah, termasuk membangun bangunan ibadah mereka di jazirah Arab (Arab Saudi dan sekitarnya)! nanti juga menjelang kehancuran kaum Zionis dan Nasrani saat perang besar suci akhir zaman nanti, yang pertama kali akan dihancurkan oleh Nabiyullah Isa As adalah salib2 lho, selain sinagog2…

    saya tidak setuju dng keberadaan gereja atau bangunan2 ibadah lainnya di Arab Saudi. kenapa? karena saya khawatir tanah kelahiran Islam itu akan dikotori oleh kemaksiatan mereka. elo2 pada tahu ‘kan kalo kebanyakan kaum non muslim itu sekuler. karena sekuler (baca: cuek dosa dan pahala atau doyan dosa dan juga pahala), mereka menganggap bahwa maksiat itu sah2 aja, termasuk di Tanah Suci sekalipun. jadi akan lebih baik jika kita tidak mengorbankan agama kita buat melayani kaum2 yang sudah diancam keabadian di neraka Jahannam seperti mereka itu (AlBayyinah).

    buat mereka yang komentarnya ngaco2 di atas seperti Zea, Antonius, dan Orang Suci, semoga Allah SWT berkenan untuk mengasihani kalian, sebelum kalian berkomentar seperti ini suatu saat nanti; “seandainya saja gw dulu (di dunia) adalah orang Islam”. Salah satu ayat di Alqur’an. maaf lupa nama suratnya dan ayat berapa.

    sorry no offense to non muslim. BUT, NOT ALL LANDS ARE PERMITTED FOR YOU GUYS!!! ^___^

  37. Gui Antonia said

    gw Kristen, tapi GW GAK SETUJU MEKKAH dan MADINAH dibangun GEREJA!!! ALASANNYA Vatikan itu sangat munafik. ngomong ke umatnya lain ke umat non Kristen lain juga. Kalian ingat’kan, yang memulai Perang Salib duluan juga adalah Vatikan. Vatikan juga yang mensponsori pembantaian umat Islam di seluruh belahan dunia; spt Filipina, Thailand Selatan, Bosnia, Kroasia, Albania, Chechnya, Somalia, Ambon, Poso, Sampit, juga di Rwanda dan Kongo. pembangunan gereja di tanah suci umat Islam sedunia dikhawatirkan akan muncul perang Salib baru. dan GW SANGAT TDK INGIN HAL ITU TERJADI!!!

    Gw sendiri malu sama ulah umat Kristen sendiri, yang terlalu semangat menyebarkan ajaran Kasih sampai2 kita dimusuhi oleh masyarakat non Kristen. banyak negara2 Kristen yang menjadi perusak ekonomi negara dunia ketiga dengan ekonomi Kapitalis-Liberalnya. banyak negara Kristen pula yang menjajah negara2 dunia ketiga di abad pertengahan sana. sungguh, GW MALU BERAT SAMA ULAH UMAT AGAMA GW SENDIRI!!!

    negara perusak terbesar adalah USA, USA juga negara Kristen. negara yang memecah belah Timtim dng Indonesia adalah Australia, dan Australia adalah negara Kristen. Negara yang membantai masyarakat Indian di AS dan Amerika Latin adalah Spanyol dan Portugal, dan mereka lagi2 adalah negara Kristen. Negara yang menjajah Indonesia adalah negara Belanda yang lagi2 negara Kristen.
    lebih parahnya, mereka membantai penduduk asli sambil memperkosa kaum wanitanya, karena mereka (penduduk asli) dianggap tidak suci, tidak berkulit putih, tidak Kristiani!!!

    mungkin suatu saat nanti gw akan pindah agama, karena gw sudah lelah dengan umat Kristen yang nyata2nya jarang sekali Kristiani. Umat Kristen sekarang cenderung menjadi babunya masyarakat Yahudi, kaum yang gw kenal sangat jahat pada penduduk Palestina…

    • jundulloh said

      Alhamdulillah masih ada orang yang di bukakan hati nya oleh Alloh…!!!

    • alheeyas said

      KEREN” BENER BANGET TUUH !!
      gua juga suka kesel kalau ada orang yang ngaku-ngaku islam tapi kerjaan nya nge-bom
      kaya teroris gituu, mempermalukan agama sendiri

    • abdullah doel said

      InsyaALLAH anda akan menjadi muslim

      • saya dulu muslim tp PUJI TUHAN , saya d sadarkan bahwa islam itu hanya permainan arab……………… dan sebenarnya di dalam masjidil haram itu adl benda biasa dan di dalam ka’bah ada sesuatu yg telah di kutuk oleh ALLAH BAPA DI SURGA………… dan saya malu sempat menjadi muslim……………………………………………………………………..

  38. Yogi said

    Saya Sangat Tidak Setuju kalau Di Saudi Didirikan gereja Atau Rumah Ibadah Lainnya Selain masjid…
    Daulah Suudiyah Adalah Daulah Islamiyah…
    Tauhid Harus Dipertahankan !!!
    Isa Alaihissalam Juga Ajarannya Tauhid,
    Mengajak Beribadah Kepada Allah Saja, Begitu Juga Musa…
    Mereka Semua Mengajak Hanya Beribadah Kepada Allah Saja…
    Namun Kenapa Nasrani Menyembah Isa??
    Padahal Isa Sendiri Melarang Menyembah Dirinya…
    Semua Nabi Ajarannya Sama ,, Yakni Tauhid…
    Beribadah Hanya Kepada Allah Saja…

  39. ASSALAMUALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH.

    Hai kaum musrik Yahudi & Nasrani..
    Bercerminlah kalian semua…
    Tidak kah kalian sadar, salah seorang dari kalian diatas “Gui Antonia” menyadari kalau Vatikan itu sangat Munafik…dan kalian Kufur Nasrani mengetahuinya, tidak kah kalian bertaubat?
    Sedangkan Kitab Suci Injil saja bisa kalian ubah isinya sesuka hati kalian? Apalagi Hati seorang manusia bodoh seperti Paus Paulus yang saat ini bicara A lain hari bicara B? Tidak kah kalian pintar kalau Isa As itu seorang Nabi bukannya Tuhan? dan adakah di dalam Injil yang mengatakan Isa itu Tuhan? ADAKAH TUHAN ITU BERANAK DAN DIPERANAKKAN?. Maha Suci ALLAH SWT Tuhan Semesta Alam.
    Bercerminlah kalian Nasrani semua….apa maksud kalian ingin mendirikan Gereja di Arab Saudi?
    adakah ini misi pendeta Vatikan yang KUFUR untuk menghancurkan Agama ISLAM yang BENAR, paling SEMPURNA?
    INGATLAH, azab ALLAH SWT sangat pedih, dan tak ada satupun yang luput dari Arsy-Nya.

    Untuk yang memberi komentar pedas menghina ISLAM di atas, sgala perbuatan, perkataan, tulisan kalian akan digantung dileher kalian nantinya di dasar NERAKA.

    Untuk petinggi Kerajaan ARAB SAUDI…PERBANYAKLAH ISTIGHFAR, JANGAN MEMBUAT KEPUTUSAN SEMENA-MENA YANG TIDAK BERDASARKAN AL QUR’AN DAN HADISH. suatu perbuatan yang tidak dikerjakan oleh yang ahlinya, maka tunggulah kehancurannya.

    Untuk Umat Nabiullah MUHAMMAD SAW, bersabarlah…ini ujian untuk kita semua. Insya Allah, tidak akan pernah dikotori Tanah Arab Saudi dengan dibangunnya Gereja-Gereja kaum Kufur nasrani baik katolik maupun protestan dan Kaum Yahudi.

    WABILLAHI TAUFIK WALHIDAYAH, WASSALAMUALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH.

    • salam damai KRISTUS TUHAN RAJA SEMESTA ALAM. muslim dan g s. adl musuh surga. wahai masjid bertobat lah pintu ampunan TUHAN masih terbuka…………………………..

      sekarang kebenaran akan gi injak2, tp YUHAN selalu menyertai umat-NYA……….. ENYAH-LAH WAHAI mesjid dan SETAN DI MUKA BUMI……………………………………. ave maria

      • rafael- ching he bego said

        manusia klo akalnya udah nggak normal pasti dungu dan bego…..lo paham nggak ..mana ad tuhan menebus dosa umatnya…mana ad tuhan mati….kalo tuhan mati trus yang ngurus manusia sapa…..bego lo

      • woy siapa yg ngak normal………………….. gw sehat jasmani dan rohani……… mungkin kmu yg agak KOSLET……………………………………………………………………………………………………………….

      • DICKY MOEKTI said

        ADUH MAS CING,…SEBAGAI WARGA BARU KRISTIANI ANDA SUDAH DIBERKAHI SENSITIFITAS HATI YG LEBIH DARI ORANG2 KRISTIANI SENDIRI. TAPI SAYA HERAN ANDA DENGAN KETULUSAN ANDA DLM KELUARGA BARU ANDA SEOLAH MENJADI LEBIH TEBAL KULIT SENSITIFNYA DITUTUPI DAKI-DAKI KEMUNAFIKAN DAN KEYAKINAN ANDA, APA ITU YA YG MENJADI AJARAN DAN TUJUAN KELUARGA BARU ANDA. SELAMAT ANDA TELAH MENENTUKAN PILIHAN, SEMOGA ANDA MASIH BISA DIBERI WAKTU DAN MEMPUNYAI KESEMPATAN UNTUK MERENUNG ATAS APA YANG TELAH ANDA BUAT DAN PUTUSKAN.

      • woy, saya sbg penganut KATOLIK-ROMA saya itu didik utk menjadi seorang yg memiliki pemahaman kristiani yg liberal saya tau muhammad megajar utk hidup dgn penuh ketaatan tp apakah ALLOH dalam islam itu hidup? saya memahami tuhan ALLAH saya dgn kpd YESUS KRISTUS RAJA ALAM SEMESTA dan DAN KPD PERAWAN MARIA RATU SURGA atau sitti mariam.dalam islam, dan anda harus berinstrospeksi ttg pemahaman agama anda , smoga DAMAI TUHAN bersama mu saya tdk akan membalas apa yg anda katakan karna KATOLIK melarang untk saling meremehkan agama lain, karna dlm KITAB INJIL XAVERIUS berhaati-hatilah org yg menajiskan DARAH PERJANJIAN ANAK DOMBA SURGA karna merekalah yg menerima kutukan kekekalan….. GLORIA PATRI ET FILLIO UN SPIRITO SANCTUS……………………………. gbu

      • woy, saya sbg penganut KATOLIK-ROMA saya itu didik utk menjadi seorang yg memiliki pemahaman kristiani yg liberal saya tau muhammad megajar utk hidup dgn penuh ketaatan tp apakah ALLOH dalam islam itu hidup? saya memahami tuhan ALLAH saya dgn kpd YESUS KRISTUS RAJA ALAM SEMESTA dan DAN KPD PERAWAN MARIA RATU SURGA atau sitti mariam.dalam islam, dan anda harus berinstrospeksi ttg pemahaman agama anda , smoga DAMAI TUHAN bersama mu saya tdk akan membalas apa yg anda katakan karna KATOLIK melarang untk saling meremehkan agama lain, karna dlm KITAB INJIL XAVERIUS berhaati-hatilah org yg menajiskan DARAH PERJANJIAN ANAK DOMBA SURGA karna merekalah yg menerima kutukan kekekalan…..SAya sependapat dan sepertinya anda katolik sama seperti saya GLORIA PATRI ET FILLIO UN SPIRITO SANCTUS……………………………. gbu

  40. agus ramadhan kebumen said

    tidak di bolehkannya tanah haram mekkah dan madinah(kalau sekarang mencakup)seluruh arab saudi adalah adalah isi dari ajaran islam atau doktrin islam,jadi tolong di hargai ajran orang islam.artinya bukan berarti tidak boleh mendirikan gereja di negeri-negeri muslim.kepada saudra-saudara nasrani dan yahudi tolong hormati kami menjalankan doktrin ajaran kami,maka kami akan menghormati ajaran kalian…jangn menulis yang beraroma sara.sara dilarang oleh ajaran agama ataupun aliran kepercayaann dan keyakinan manapaun di dunia ini.trims

  41. Saya tidak yakin mekkah tdk pernah di datangi org non muslim, kmaren yg ganti busi psawat ama nyang bikin kuba canggih itu bukan kafir. Muslim indonesia = pasukan tempur negoro muslim timteng.

  42. Choy said

    Sebelum membahas tentang topik di atas, saya ingin mengungkapkan isi hati saya…diijinkan ya Bro…

    Saya bukanlah Orang Suci ataupun Orang yang tidak berdosa, saya hanya manusia biasa ciptaanNya yang tidak sempurna yang mencari keseimbangan di antara perbedaan yang sering diperdebatkan, bukan untuk mencari siapa yang bener siapa yang salah. Disini saya sebagai Pihak yang NETRAL.

    Saya adalah orang Kristen…saya memiliki banyak banget teman dan sahabat dekat yang berbeda agama dan mayoritas adalah Muslim, bahkan ada beberapa yang benar2 sangat mendalami ajaran Islam dengan sungguh…mereka bahkan sudah saya anggap saudara sendiri…mereka baik kepada saya, mereka sering menolong saya, bahkan mereka sering mengingatkan saya untuk berdoa dan beribadah, begitu juga sebaliknya.

    Mereka semua baik, ramah, dan penuh rasa persaudaraan…itu yang membuat saya SANGAT SANGAT SANGAT dan SANGAT Bangga memiliki teman MUSLIM walaupun saya Orang KRISTEN…Dalam hati saya berkata “Ternyata Orang2 Islam itu baik ya?”…Saya bersyukur pada Tuhan telah dipertemukan dan diperkenalkan kepada mereka. Dan sampai sekarangpun kita masih saling bertemu, kumpul, komunikasi ataupun salaing bertukar pikiran. Sekali lagi saya ingin mengatakan, Saya sangat bangga menjadi Orang Kristen dan sangat bangga memiliki Teman dan Saudara Orang Muslim. Dan Saya tekankan bahwa Saya tidak main2 dan munafik untuk hal ini.

    Kembali ke topik awal, Mengenai rencana Vatikan ingin membangunan Gereja di Arab.
    Saya memiliki Jawaban dan Solusinya (semoga bisa jadi pemecahannya)

    Jawaban saya ada 2 yaitu “Setuju dan Tidak Setuju”.

    Alasan Setuju Gereja dibangun di Arab karena :
    – Saya mendengar dan meliahat di search nya Om Google, banyak Orang Kristen yang Kristen yang tinggal di Arab -+ ada 900.000 orang dan jelas mereka juga ingin beribadah.
    – Dalam ajaran Orang Kristen kita disuruh menyebarkan ajaran Yesus dimanapun di seluruh pelosok penjuru dunia.

    Alasan Tidak Setuju Gereja dibangun di Arab karena :
    – Di Arab terutama di Makkah dan Madinah di haramkan untuk Non Muslim. Menurut ajaran Islam Allah dan Rasulnya pun telah berpesan bahwa tanah tersebut adalah tanah yang di haramkan untuk kaum di luar muslim. Dan itu sudah sejak dahulu (“untuk temen2 Muslim, pernyataan saya bener kan?”maaf kalau salah)

    SOLUSI :
    Sebaiknya Vatikan membatalkan untuk membangun Gereja di Arab, karena hal itu jelas tidak akan disetujui olah Umat2 Muslim di Seluruh Dunia. Sebab menurut ajaran Muslim, Allah dan Rasulnya mengharamkan. jadi Vatikan jangan memaksa jika pada akhirnya nanti akan membuat pertentangan bahkan penolakan Umat Muslim yang bisa mengakibatkan kebencian dan permusuhan. Kita semua tidak menginginkan itu terjadi kan?

    Nah, untuk umat Kristen yang ada di Arab, kalian bisa beribadah di rumah, karena menurut saya beribadah tidak harus di dalam Gereja, dimanapun kita berada kita bisa beribadah dan berdoa.
    Gereja memang sangat penting bagi Umat Kristen karena Gereja tempat kita untuk bersama saudara2 seiman untuk beribadah dan berdoa, tapi dalam keadaan seperti ini kita bisa beribadah dan berdoa di dalam rumah bersama keluarga. Saya percaya Tuhan Yesus akan tetap hadir dimanapun kita beribadah dan berdoa , dan Tuhan Yesus tidak akan marah. Yang terutama adalah kita betul2 dan sungguh2 beribadah dan berdoa.
    Semoga solusi ini dapat diterima oleh semua orang.

    Oh ya semua temen2 Muslim, sebelumnya Saya mau menyampaikan beberapa pertanyaan,
    1. Apakah ada larangan bagi Orang Kristen atau Non Muslim untuk menginjakan kaki di Tanah Arab atau Makkah dan Madinah?…Apakah diharamkan?
    2. Apakah di Arab ada larangan bagi Orang Kristen atau Non Muslim untuk beribadah dan berdoa di dalam rumah sendiri?
    Disini dalam arti Orang Non Muslim tidak menyebarkan agama lain. Jadi hanya berkunjung, atau sebagai wisatawan. (Tolong dijawab ya, soalnya saya gak tau neh)

    Sayapun membenci dan mengutuk tindakan2 Anarki, Chaos, perang, permusuhan, kekerasan, terorisme dll. Saya yakin yang melakukan itu adalah orang2 yang tidak mengerti sama sekali tentang Agama.
    Seperti pemerintah Amerika, ataupun Orang2 Israel yang seneng bener denagn “perang” (apa sih untungnya?), tapi temen2 juga perlu mengetahui, TIDAK SEMUA mereka seperti itu, masih banyak orang2 yang baik dan menentang perang kekerasan dan lainnya…jadi yang harus kita lakukan adalah mendoakan mereka yang belum mengerti tentang agama agar mereka bisa kembali ke jalan yang Benar.SETUJU…Sip dahhh

    Untuk teman2 Umat Kristiana di Indonesia dan Dunia, ingatlah inti ajaran Orang Kristen…yaitu KASIH…Tuhan Yesus meminta agar kita saling mengasihi, bahkan terhadap musuh kita yang sudah menyakiti kita, “Tampar pipi kiri, kasi pipi kanan”. Ingatlah Tuhan Yesus Mati di Kayu Salib untuk Menebus dosa2 umat manusia. Salah satu kutipan penting yang ada dalam DOA BAPA KAMI “…Dan ampunilah kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada Kami…”, teman2 Kristiani pasti sudah mengucapkannya berkali2 kan?…Jadi Kita sendiri tau apa yang harus kita lakukan di dunia ini.
    Umat Muslim adalah Sodara terdekat kita…jadi marilah kita saling menghargai, toleransi, menghormati…Tuhan Yesus pun Menginginkan demikian

    Teman2 Semua…kita adalah saudara…kita semua adalah SATU KETURUNAN…fisik kita adalah manusia…kita diciptakan sebagai manusia…
    Nasrani, Islam dan agama2 yang lain semuanya baik dan saya yakin tidak ada satu agamapun yang mengajarkan tentang hal2 yang buruk…dan misalpun ada, saya menentang bahwa itu bukanlah sebuah agama…

    Agama adalah jalan dan cara kita mendekatkan dengan Yang Kuasa, Tuhan Kita…dan masing2 agama memberikan cara bagaimana kita berjalan untuk mendekatkan diri ke Sang Pencipta. Jadi kita jangan saling menghina atau menjatuhkan lah…Agama Islam Baik…Agama Kristen Baik…Budha Baik..Hindu Baik…gak ada yang salah kan?…Semuanya baik…BENER GAK BRO?…

    Teman2 Kristen dan Teman2 Muslim…Ingat kita semua bersaudara, tolong jangan ada saling membenci lagi deh…kita hidup dalam damai dan persahabatan saja ok…

    Buat Perbedaan itu menjadi INDAH bukan menjadi BURUK
    Buat Perbedaan itu MENYATUKAN KITA bukan untuk SALING MEMBENCI
    Buat Perbedaan itu MENDAMAIKAN KITA bukan MEMERANGKAN KITA

    Sekali lagi saya utarakan, saya menulis dalam blog ini sebagai Misi Perdamaian dan Penyeimbang. Tidak ada maksud untuk merendahkan atau meninggikan salah satu pihak, dan sebelumnya saya minta maaf jika ada yang tidak suka atau merasa tersinggung dengan pernyataan saya.

    Semoga Teman2 semua bisa menerima pernyataan saya dan sekarang yang ada hanya kasih, persaudaraan, persahabatan, kedamaian sampai selama lamanya. AMIN

    PEACE ALL PEOPLES OF THE WORLD…GOD WILL SMILE

    Jika ada yang mau berdiskusi dengan saya, email aja ke cahyo_humanto@yahoo.co.id

    • jundulloh said

      intinya kami tidak mengijin kan tanah kami di tempati oleh orang musyrik munafik dan kafir…!!!

      apalagi dengan niatan ingin mengkafirkan umat kami
      kami perangi itu hidup mulia ato mati syahid..!!
      hidup dengan menjungjung tinggi nama Alloh dan keyakinna atasnya, mati dengan memperjuangkan aqidah/keyakinan dan harga diri sebagai muslim..!!!

      Allohu Akbarr….!!!

      • b j said

        Oh ya gimana org2 muslim lo di eropa bsa d bangn mesjd kn, knp d sna g boleh ada gereja. Memang dsr klen semua MANUSIA-MANUSIA EGOIS YG PNTAS D MUSNAHKAN!!!!!!!
        Dan satu hal lg y lo boleh hina kami smua tp jgn ampek hina Tuhan kmi y emg thn klen bsa apa, udah tukang kawinn!!! pantasan para pengikutny pd ikut poligami!!!
        Ha, ha, ha, ha,…..

      • alheeyas said

        OOOH JADI SI TUAN BJ INI SIRIIK YAA, SAMA ISLAM SAMPE PENGEN DIMUSNAHIN SEGALA !!
        kasian, sirik kan tanda ga mampu, emng bener siih tuan BJ ini ga mampu membedakan mana yang salah da mana yang benar.
        apa tuan BJ ini pernah baca kalau sesungguhnya yang membuat ajaran kristen itu adalah paus paulus, tanya deeh tuh sama si paus ada ga tuhan yang lahir di negri padang pasir api di bawah pohon cemara? ahahaha
        jelas-jelas di padang pasir ga ada cemara
        dan yang lebih kasian lagi,kayaknya tuan BJ ini ga mampu punya istri lebih dari satu, atau emeng ga da yang mau karena ke BODOH annya itu
        KASIAN !!

      • B J said

        Heii Mr/Ms alheeyas syppun loe…………….
        Setahu gua sejak lahir dr kristen gua tu g ada merasa Yesus lahir dr pohon cemara. Klo mmg lo tauny informasi setengah-setengah jgn sok tw lha!!!Agama kami tu ada 300 thn sblm agam klen yg klen bangakan itu jd jgn sok tw….
        Dan satu hal lg lo tu mandang agama kmi dr sudut pribadi seseorang dr situ aja lo dah salah tafsir ttg kmi. DASAR!!!!!
        Klen tu munafik tw gk?? buktiny aja di tv prnah lha kykny gua dengar Ustadz trkenal yg melarang poligami eeehhh… nyatany dia jilat ludah sendiri… kawin lg pemimpin agama aja dah munafik apalagi klen umatnya THE REAL BUSTARD!!!!!!!!!! Lagian syplg yg sirik yg mw kwn 2 kale CAPEE DEEHH satu aja dah dah syukur.

      • RAHASIA said

        anda memang keras kepala ya…
        harus bagaimana lg kami menjelaskan supaya anda mengerti..???
        silahkan anda menghina sepuasnya,, biarlah Tuhan yang berbicara dengan anda, karna kami tidak pernah dijarkan untuk menghina & menyebut orang musryk, munafik dan kafir.
        Tuhan memberkati anda.

    • Nurul said

      Saya stuju dengan anda Choy.Berdiskusi bukan untuk saling memaki menebarkan benci.Berdiskusi harus fokus kepada materi yang dibahas. Ajukan argumentasi dengan santun, karena kita sedang di rumah orang. Kita memang berbeda.(bukan antar agama, dalam satu agamapun ada perbedaan) Buatlah perbedaan itu indah.
      Persoalan Vatikan minta ijin mendirikan gereja, beralasan karena memang di Arab Saudi banyak orang Kristen/Katholik (900.000 orang ?)baik penduduk setempat maupun pendatang dari seluruh dunia yang bekerja disana (pedagang, minyak, arsitek, akuntan,penasehat militer, tentara dll). Namun terserah Pemerintah Arab Saudi, mau diijinkan atau tidak (karena itu adalah otoritas pemerintah Arab Saudi)tentu dengan berbagai pertimbangan akibat yang ditimbulkan. Jika tidak diijinkan tidak perlu memaksakan diri.
      Saya juga sepakat dengan pernyataan Thand : yang haram adalah : percabulan, kecemaran, hawa nafsu, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora, menipu, durhaka, mencuri, membunuh, menyiksa, perbudakan, menghina, merusak, dll perbuatan yang merugikan bagi manusia, alam dan isinya. Semoga kita semua diberikan kesadaran. Salam kenal untuk Choy,dan Thand (dan semua saja yang mau berpikir jernih ) Dan terimakasih kepada pemilik situs yang telah rela dan sabar melayani perdebatan. Semoga Allah SWT memberikan pahala, barokah,karunia, keselematan di dunia dan di akhirat. Amin. Bagi anda yang senang menggali persamaan dalam perbedaan silahkan menghubungi saya di Cahaya_88@ymail.com. Terimaksih…terimakasih.

  43. Choy said

    Teman-teman dan saudaraku, mari kita saling menghargai dan menghormati ajaran masing-masing agama.

    Semua BAIK dan semua BENAR…kepercayaan yang kita anut jadikanlah itu kebenaran di masing2 agama kalian.

    Jangan saling menghina, memusuhi, dan membenci karna Tuhan tidak sama sekali mengajarkan kepada kalian kan?…bencilah Iblis dan setan yang telah merasuki dan mempengaruhi hati dan hidup kalian sehingga kalian saling membenci…karena Iblislah yang harus kalian musnahkan…

    Semakin banyak kita memiliki rasa benci ke orang lain, semakin bangga Iblis yang hidup dalam diri kita…

    Ayo teman-teman Muslim, Kristen dan agama yang lain, kita kembali bergandengan…saling memaafkan dan menghargai satu sama lain…

    Yok hidup dalam damai dan kebersamaan Yok…SUMPAH deh Bro bakal enak kok…gak ada ruginya…
    Rasanya seperti “menghirup udara segar lagi setelah lama di dalam air”…

    Untuk Yang gak setuju sama saya bisa PROTES ke TUHAN dan semoga TUHAN mengampuninya dan menuntun ke jalan yang bener…
    :) :) :)

    DAMAI YA BRO…kalian semua sahabat dan saudaraku…

    SALAM DARI CHOY DENGAN “MISI PERDAMAIAN”

    yang mau diskusi bisa email di cahyo_humanto@yahoo.co.id

  44. Xavier said

    Sorry nih brow, gw katolik taat ibadah
    tapi gw TIDAK SETUJU di mekah dibangun gereja

    Gw terus terang malu banget ma agama gw…
    Orang vatikan bego2 banget sih, masa mau bangun gereja di mekah

    bangun gereja aja di tempat kita …

    To All Moslem In The World, pardon all our mistakes, our prayer so that his heart be opened

    • jundulloh said

      saya lebih suka dengan pendapat anda

      di bandingkan dengan pendapat temen2 anda…!!

      • ass,,,,,,, aq cman mw numpang comment,, saya islam tp saya setuju2 saja selama itu tidak mengaggu islam arab,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  45. carin said

    islam tlg liat dalam kabah, tempat yg tiap hari disembah dari pg sampai subuh dalamnya???? ha ha ha cuma ada air PDAM megah HA ha ha Cacian dech Loch

    • alheeyas said

      kaya pernah liat dalemnya aja lu !!
      tuuh patung ngapain lu sembah?
      anak TUHAN yang ga bisa nyelametin dirnya sendiri ngapain lu sembah?
      nyelametin dirinya sendiri aja ga bisa gimana nyelametin umat?
      LU TUUH YANG KASIAN !!

      • B J said

        Tu patung hanya sbg simbol/media saja
        Iman kmi yg sesunguhnya ada pada Kristus sang juruslamat jd klen yg g tw apa-apa biar tw aja y
        Trz maksud loe yg g bsa nyelamatin diriny sendiri??? Ha,ha,ha ilmu dr mana yg loe dapt.
        Yesus tu sang juruslamat yng menyelamatkan manusia dari dosa sampai rela mati di kayu salib.
        Ohh ketimbang klen sembayang kokpake cium-cium lantai sgala emang tuhan klen di lantai apaa??? Brati Tuhan klen diinjak-injak donkz
        Ha,ha,ha,ha,……

      • M cholil said

        jangan nangapi gitu … lebih baik kita doakan semoga dibuka hatinya dan masuk Islam PANATIK … gitu … se7 … ok

      • zulkifli said

        Masak juru selamatnya bisa mati, jadi gimana nantinya mau nyelamati umatnya… he…he.. bego Loe

  46. donga said

    gereja dibangun di madinah????? GR… sapa yg mo kesana wong HARAM, JIJIK Kale

  47. kata orangkeren saya sekeren orang keren itu said

    tlg yang sopan kl memberi tanggapan (dari muslim maupun kristen), ini di rumah (blog) orang, jangan merusak kekerenan tuan rumah. lanjut.

  48. Seingat saya, saya tidak pernah said

    Kamu kereeenn….

  49. Legolas said

    Ya sudah lah masih banyak tempat lain untuk bangun gereja. Di mana-mana memang kaum minoritas Kristen selalu ditindas, mereka yang tinggal di arab apalagi.

    Kalo di sana sampe dibangun gereja bisa-bisa para kaum muhammad di indonesia ngamuk-ngamuk dan bikin rusuh sana-sini, termasuk bakar-bakar gereja yang di sini karena dianggap salah dll.

  50. hamba Allah said

    Eh, you Legolas dan semuanya yang menghina agama saya, nanti tunggu saatnya kamu akan merasakan azab yang sangat pedih dari mulutmu yang tajam itu.

    Tunggu saja…….
    Tanggal mainnya…………..

  51. Anonim said

    Buat semua yang ngaku islam, gue heran liat lo semua!
    Khususnya buat si “Hamba Allah”, “Xavier” (pastinya bukan katolik, tapi, islam!!!) “muhammad fadli”, ama “gui antonia” (100% bukan kristen pastinya, and gue yakin bgt gui antonia ISLAM!)Klo kalian mau tau ttg kebenaran, and sapa yang patut buat disembah dan dipuji, gue saranin yah, buat shalat 5 waktu, 7 kali seminggu, berdzikir, Tahajud, and minta sama Allah, untuk ngasih tau, and untuk ngebukain pikiran kalian, sapa yang pantas untuk disembah. Klo kalian bersungguh2 untuk mencari kebenaran, dan sapa Tuhan yang patut disembah, dan di puji, suatu saat nanti, klo Tuhan melihat kesungguhan kalian, kalian bakalan tau and yakin kalo, yang patut di puji and di sembah itu Tuhan Yesus!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    kalo kalian mengaku sebagi Islam yang Soleh and taat Sholat, rajin Puasa, n Puasanya gak pernah bolong, tapi, Gak percaya? n Mau Protes??????
    Silahkan Praktekkan apa yang gue saranin!!!!!!!!!!!!!!!

    • alheeyas said

      laah elu ngapain bolak-balik ke gereja
      cuma buat sembah patung lu tuuh?
      mending bikin patung donal bebek aja di sembah-sembah
      ga beda kan?
      sama-sama patung, sama-sama ga bisa ngapa”in, sama-sama ga bisa berbuat dan nolongin dirinya sendiri?
      hahahaha

      • B J said

        Trz lu ngapain prgi k Masjid hany tuk Cium lantai BAUUKK tw. Mending lo kwn aja lg (kyk kebiasaan klen) trs lu ciumin dah tu cwk amape puas drpd cium lantai yg bau.
        Kasihan bibr klen nanti jd bauk kaki org
        Ha,ha,ha,ha,…..

      • GRADIANA said

        BJ, tolong km jgn terlalu menghakimi. saya pribadi memang sangat tersinggung…. kalo ngomong tu yang memperlihatkan bahwa anda adalah warga Indonesia yang multikultural dan bisa menghargai sesama, terutama dalam hal beragama. kita umat manusia tiada yang sempurna. anda harus menyadari, TUHAN memang sengaja menciptakan kita berbeda beda agar semua manusia tau bahwa menghargai adalah perbuatan mulia dan tidak menyakiti orang lain. Jadilah umat beragama yang baik dan nggak perlu memperdebatkan masalah yang seharusnya tidak diperdebatkan ini. jalani agama anda sendiri dengan baik,& hargailah sesama.

      • ariel lawuha said

        @alheeyas : anda bilang bolak balik gereja utk nyembah patung, tapi ada orang yg diwajibkan sehari lima kali mencium tanah untuk menyembah batu hitam di arab, jadi siapa sih yg nyembah berhala??

    • zulkifli said

      apa gak salah tu…. masak jesus di anggap tuhan yang lahir di kandang kambing. Biasanya yang lahir dirumah atau dirumah sakit tentunya manusia, kalau ada yang lahir di kandang kambing, tentunya kambing dong….

  52. Anonim said

    Buat yang ngaku muslim,

  53. Anonim said

    eh, yang mau ngontak gue, silahkan di, cychoanonim@yahoo.co.id
    gue tunggu loh!!!!!!!!

  54. Anonim said

    eh, salah, bukan di @yahoo.co.id!!!!!
    Tapi, di @yahoo.com
    Jadi, alamat email gue yg bener tuh, di cychoanonim@yahoo.com!!!!!!

  55. gareng said

    Allahu Akbar!Semoga bermanfaat bagi kawan – kawanBarokallaha

    Wabillahi taufik wal hidayah wal inayah

  56. DAAI TV said

    Cuplikan drama Namaku Atao berbasis agama budha ” daripada menyebutkan nama “BUHDA ” 100 kale mendingan kita berbuat KEBAIKAN 1 kale
    ” GOT A LOT OF POINTS ABOUT LIFE ” keep remind us what and how to do when we are confuse …
    We had 2 learn a lot of life’s thing that worth of loving and care for each other not only one AGAMA

  57. Lucifer said

    To All MOSLEM guys…

    You will be dead soon…I will give you very paint diseases…I will not allowed built Church in the Makkah..Makkah is only for MOSLEM, because it cursed only for MOSLEM…
    You will be dead soon..because you only pray for dead body in there and not to ALLAH..
    You will be dead soon..because all of you are useless..
    You will be dead soon..because He wants it…

  58. fahrurrozi said

    gue sebagai umat islam tidak setuju didirikannya gereja di daerah arab saudi. karena itu bisa merusak islam dan umatnya sekalian. coba lo pikir, diarab yang belum ada gereja suadah ada orang yang beragama kristen katolik apali nanti sedah ada geraja bisa lebih banyak lagi umat kristen di negara arab.

  59. arul STAIN Paray said

    islam mengajarkan kita saling menghormati sesama manusia. baik dia orang non-islam apali islam. tetapi jika islam dihina dan diremehkan maka maka orang-orang islam bisa membalasnya.

  60. Peace to you all said

    Capek bgt ngeliat kalian ribut ttg mesjid & gereja. Itu kan cuma gedung. Ckckckck…

    Hai rekan2 Kristen, apa perlu ada bangunan untuk mendirikan Gereja? Gak perlu. Gereja itu orang-orangnya, bukan gedungnya. Jadi kalau Gereja itu orang-orangnya, dari dulu di seluruh dunia (tak terkecuali Arab) sudah ada Gereja. Mo dilarang bangun gedungnya, mo dilarang berkumpul, itu persoalan kedua.

    Rekan2 Muslim, kalau di kota Mekah & Medinah dilarang dibangun gereja karena Hukum Negaranya di sana melarang, it’s OK. Tapi kalau di Indonesia yang memperbolehkan kemerdekaan beribadah, jangan diharam2kan seperti di sana dong.

  61. SORRY KALAU GW MAU KOMEN terlalu MENGGESEK Ke seluruhan…

    Buat orang yg berAgama Yahudi,Kristen,Islam,Hindu,Budha,Konghucu,Voodo,dan lain2 yg ada di seluruh dunia maupun Atheis sekalian. untuk kalian yg BerAgama TAK AKAN ada Gunanya kalau kalian masih memegang Teguh Agama Kalian yg sebagai Pemersatu menurut kalian, Padahal Di Surga gak akan Di Lihat Cap Agamanya apa atau Stempelnya apa?, Apa menurut kalian bila kalian Ber-Agama yg salah satu saya sebutkan itu akan selamat, Pastinya Tidak mungkin.

    Saya Sendiri tdk bangga akan cap saya Sebagai Seorang Kristen tapi Saya Percaya akan adanya Seorang Hakim yg Adil yg kalau baca sejarah ttg Agama2 klian semuanya Mengarah Ke YESUS KRISTUS/YESUA HAMMASIAH/ISA ALMASIH/JESUS CHRIST. Yang adalah seorang Hakim sekaligus TUHAN itu sendiri yg akan Mengadili ataupun Menghakimi orang2 yg pERCAYA MAUPUN YG tIDAK PERCAYA KEPADA NYA —>(YESUA HAMMASIAH).

    Jadi intinya walaupun dia mengakui ia berAgama Kristen, tpi tdk melakukan apa yg di ajarkanNYA–>Jesus Christ Buat apa. Contoh konkretnya aja dech, ttg Iman Biji Sesawi(dalam kitab Matius) apakah mungkin Bisa memindahkan Gunung, ternyata sejarah Mencatat di masa Patriakh di Mesir yg pada saat itu Di pimpin oleh Pemimpin Islam (pemerintahan al-Iman al-Aziz billah bin al-Mu’izz, kalifah pertama Dinasti Fatimiyah (975-996 Masehi).

    Yg pada saat itu banyak pengintimidasian terhadap patriakh ini, di cobai mengenai Imannya, apakah mungkin Iman yg tertulis di Kitab Injil (Matius 17: 20) tsb dapat memindahkan Gunung sebelum kepalanya di penggal, ternyata terjadi pada zaman itu makanya institute syriac dan Seorang pengarang Muslim, Abu Salih al-Armini mencatatnya dan sampai sekarang sejarah tsb masih tertorehkan di salah satu Gunung (GUNUNG MOKKATAM yg artinya bukit pecah) yg sangat terkenal di Mesir, singkat Cerita akibat dari Iman tsb, Akhirnya Pengikut Yesus Kristus Di Izinkan utk Berdomisili sampai sekarang dan di sekitar daerah tsb di bangun GEREJA dan dilindungi, sekaligus di PELIHARA ATAS BIAYA pemerintahan Islam pada zaman tsbut, sampai sekarang Pemerintahan Mesir MOdern dan tetap mewartakan Berita Sukacita.

    DI sana Terjadi bukan atas NAMA AGAMA KHTOLIK, KRISTEN,Dll yg mengarah kepada Yesus Sebagai Tuhan…. TETAPI HANYA IMAN KEPERCAYAAN KEPADA YESUS KRISTUS hal Tersebut dapat terjadi dan sampai sekarang terbukti Ke Absolutan IMAN BIJI SESAWI TERSEBUT… AMIN…..

    UNTUK semua kalangan kalau masih berbantahan Atas Berita INI, SILAHKAN CARI DI GOOGLE MENGENAI GUNUNG MOKKATAM, dan sejarahnya….

  62. JESUS BLESS U ALL,,,

    Tinggal Bagaimana Iman Pengikut KRISTUS YESUS di SAUDI ARABIA apakah, mungkin Bisa menyamai Sejarah yg tertoreh di Mesir. Tinggal melihat Masing2 Iman dari Pengikut Yesus yg katanya ada 900 rb orang trsebut, INti Gereja Adalah bukan gedungnya ataupun Peralatan yg Diperlukan TETAPI ORANGNYA dan YANG PALING KHUSUS ADALAH IMAN dari masing2 900 rb orang tsb, apakah mampu menyamai SEJARAH yg Tertoreh Di Mesir, atau Bahkan Lebih. Tinggal Menunggu Waktu saja….

    Oh ya bagi yg ber-Agama selain Kristen ataupun Ateis dapat Menerima KRISTUS YESUS MELALUI IMAN BIJI SESAWI TSB tanpa MELALUI PROSES CEREMONIAL apapun asalkan Berpegang Teguh dan Ingat Bagi Kalian Yg Ber-Agama Kristen Koreksi Diri kalian semua terutama buat pemimpin Kristen Sedunia, Tolong Turun dari Taktha’a dan Lihat apa yg terjadi sebenarnya di Dunia ini, kerajaan yg kalian Buat di Bumi ini hanya smentara, tetapi apakah Iman Kalian Seperti yg Di torehkan di MESIR?…

    SMOGA BAHAN BERITA INI MEMBERIKAN INSPIRASI BAGI KALIAN YG MASIH BERDEBAT MASALAH GEDUNG IBADAH YG AKAN BISA RUNTUH ATAU RUSAK DI TELAN BUMI… TETAPI INGAT BERITA INI HANYALAH IMAN KEPADA YESUS KRISTUS YG DAPAT MENYELAMATKAN BUKAN AGAMA, DAN YG ATEIS KALIAN BOLEH SAJA ATEIS, Tapi Ingat akan Kasih Kristus ke pada kalian, yg sudah mati di KAYU SALIB 2009 THN yg lalu, Secara Tidak langsung walaupun kalian (Ateis) tdk Percaya adanya Tuhan. Saya Yakin TUHAN MEMILIH UMAT MANUSIA BUKAN MANUSIA YANG MEMILIH TUHAN TETAPI TUHANLAH yg MEMILIH MANUSIA yg TERBELENGGU DOSA UNTUK DI TEBUS DOSANYA.

    AMIN.AMIN.AMIN

    JESUS BLES UR GUY…

  63. Oh ya Untuk TAMBAHAN KEPADA PARA PEMIMPIN KRISTEN DI SELURUH DUNIA YG KATANYA PUNYA TUGAS YG DI EMBAN DARI KRISTUS YESUS YAITU PIKUL SALIB, KALIAN SEMUA SEHARUSNYA MELAYANI BUKAN DILAYANI seperti yg Di Teladankan Oleh Tuhan YESUS KRISTUS YG ADALAH ALLAH YANG MAHA KUDUS, BERANI TURUN DARI TAKTHA’A UNTUK MELAYANI BUKAN UNTUK DILAYANI…

    GIVE THNK’S TO JESUS CHRIST…….

    • haii orang kafir ..
      segerah engkau beriman kepada allah swt ..
      karena allah tidak akan pernah mngmpuni orang-orang kafir yg tidak beriman ..

      • B J said

        Hai org-org yg tdk prcaya bertobatlah sbab nanti di Akhir Jaman brg siapa yg tdk prcaya akn Tuhan Allah dan Jesus sbg putra dan juruslamat dunia, maka dia tdk akan diselamatkn dan terlempar dlm api neraka yg dmna kehidupn dsna lbh lma dr hidupmu di dunia ini. Dan hanya ada suara jeritan & Gertakan gigi.

      • RAHASIA said

        Dru…emang bener tidak ada keselamatan selain daripada Tuhan Yesus.
        Dialah Juru selamat Dru, maka bertobatlah, jangan keras kepala…..!!!!!!!!!!!!

  64. bhumi said

    uhuk..uhuk.. hm.. lebih enak jadi penonton aja ah.. memperdebatkan agama sama aja memperdebatkan TEORI.. bagi saya mengetahui dan memahami TEORI hukum sebab akibat aja sudah cukup. ATHEIS??? HORE…

  65. thand said

    Apa yahudi, padang, pasema, jeme dusun, cina, arab, dll kata tuhan HARAM?
    kalo menurut gue yang haram adalah dosanya percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya

  66. jundulloh said

    ”Hai orang-orang yang beriman, ikutlah Allah dan Rasul-Nya, dan para pemimpin di antara kamu. Kemudian jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur’an) dan rasul (sunnah-nya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.” ( Q.S An-Nisa’, 4:59).

  67. umat manusia said

    hi,teman-teman hiduplah rukun!!!!! semua agama tu baik!!!jd jangan kalian ributkan!!!!!semua telah diatur oleh agama kalian masing2!!! bukannya hidup damai,itu indah!!!!bila kalian disebut orang beragama mengapa kalian tidak seprti orang beragama!!!!bagi orang muslim jgn menghina orang nasrani,yahudi,budha,hindu tapi hargai mereka sebagai orang yg beragama!!!!hai org nasrani jangan kau hina org muslim,budha,hindu !!!!!mari kita ciptakan dunia yg damai!!!!!!jangan mau kalian di adu domba oleh setan,iblis,dan jin!!!!!!!soal pembangunan gereja di ARAB SAUDI!!!!itu tidaklah benar!!!!!saya udah mengecek ke vatikan,dan teman2 di arab!!!!itu tidak benar!!!!kalian hanya di adu domba!!!!!!mari cerminkan agama yg kita yakini!!!!karna agama itu indah!!!!nasrani,yahudi,muslim,budha,hindu1!!itu semua agama yg cinta damai!!!!!

  68. mas ud said

    Pegangan umat Islam adalah Al-Qur’an dan Al Hadits (Sunnah nabi, jika al qur’an menyatakan bahwa tanah haram seperti Makkah dan Madinah adalah tanah yang diharamkan bagi orang kafir maka seharusnya, wajib bagi kita untuk menseterilkan tempat tersebut dari junjungan orang kafir apalagi untuk menetap ditempat tersebut.Jika hal itu dilanggar oleh siapapun yang mau merekayasa tempat tersebut,tunggu saja balasan Allah SWT amat menyiksa dan pedih, naudzubillahi min dzalik semoga saja hal ini tidak terjadi.

  69. herman1989 said

    buat smuax di atas yang beragama kristen. q mau tanya di agama kami yesus itu adalah seorang nabi yang ke 24. dia manusia biasa tapi koq di kristen dia jadi Tuhan bagaimana prosesnya? maaf saya memang tidak tau

    • damailah said

      pada ribut semua…mau jawab…sblum yesus itu datang ,,udah ada banyak nabi nabi yg datang sep nabi musa ,abraham ,nuh dll.tetapi manusia tetap percaya pada setan ,dan banyak yg melakukan dosa..sehingga tuhan melakukan perubahan baru
      tuhan itu sendiri yg datang tp melalui wujud manusia agar manusia ini berubah dan percaya tuhan..ternyata skrng munusia sudah percaya ama tuhan khn…mknya yesus itu disebut tuhan
      itu singkatnya tp kalo mau lbh jelas email ag aja

  70. indra said

    jgnlh saling brantem tak ada guna nya, hnya kt sama saja mnhancurkan negara kita yg tr cinta ini,lama2 bs trjadi perang antar agama,trus sapa lg yg susah kan org indonesia jg…. urus aja agama masing2 jgn saling menodai,kecuali kt diserang duluan baru kt brtindak…. peace…….. ALLAHU AKBAR

    • juventus said

      Setuju..
      sebagai anak bangsa, ngga perlu kita saling mengejek dan menghina.. apakah kita sudah lebih SUCI dan lebih baik dari mereka yang kita hina dan ejek?
      sebaiknya kita saling membangun dan membantu sesama umat beragama (Katolik/kristen, Islam, Budha, Hindu) agar bangsa kita bisa lebih maju dan bermartabat. dan dengan demikian semua orang dapat merasakan cinta Kasih Allah yang besar..
      Semoga Allah Bapa mengampuni, membimbing, dan memberkati kita semua..
      + in nomine Patris et Filii et Spiritus Sancti. Amin

      • B J said

        I Agree………
        Jesus 4 ever and
        4 ever 4 Jesus………….

      • M cholil said

        Pikiran anda bagus … entah agama anda apa yang pasti akan dijunjung tinggi oleh Tuhan dan sesama manusia, semoga manusia bisa saling menghargai orang lain

  71. aris java said

    UDAH LAH TERSERAH ORANG MUSLIM MAU NGOMONG APA ! SEBARKAN AJA TEROR BOM TERUS SUPAYA APA YANG KAMU PERCAYAI SEGERA TERCAPAI! DAN tUHAN MELIHAT MANA YANG BENAR DAN MANA YANG SALAH

  72. rustoq said

    eh all of nasrani, emang yang nyebarin teror bom itu seakan-akan semuanya orang islam tapi kalau mau dikaji lebih jauh ternyatan yang naruh bom di legian bali adalah orang nashrani yakni Amerika kebetulan aja ada amrozi yang lagi semangat jihadnya tinggi jadinya dimanfaatin.

    yang jelas bagi ummat muslim. la ikraha fiddin. tidak ada paksaan dalam memasuki agama manapun.
    peringatan bagi semua orang nashrani. bahwa apa yang kalian lakukan terhadap ummat islam itu ganjarannya pasti akan diterima, entah di dunia ini atau setelah anda mati.

  73. engga semudah itu ente mmbngun gereja ..

    krena orng kafir tidak boleh brada d sekitar arab ..
    negara itu negara suci yg didlam ny mngndung unsur islami dan tidak ada kaum kafir sprti kaum yahudi ..

    lebih baik kalian bangun d tengah laut dan dsna kalian siapkan untuk perang qta ..
    yaiti perang yaumul akhir/penentuan pnguasaan dunia yg hrus briman kpda allah swt ..

    • RAHASIA said

      Di Alkitab mengatakan bahwa ada banyak orang yang kerasukan setan disembuhkan Tuhan Yesus. Jadi Sebenarnya di Tanah Haram yang kalian bilang itu, setan/iblis semua kali….makanya ga dikasih ijin bangun gereja, soalnya semua pada takut Tuhan Yesus mengusir mereka….hehehe…. bener ga bro….????

  74. solihin said

    pendapat saya buat gereja di tanah suci tidak boleh. . .
    knp Tdak boleh karena baut gereja itu pasti ada tempat nya untuk masing2 umat jadi jangan sembarangan bikin gereja di tanah suci kita boleh menghormati umat lain asal kan umat lain menghormati kita sebagai umat muslim .. . . . . .

    • B J said

      Utk smua muslim yg sok suci. Bertobatlah krna ajaran klen yg kras dan memaksa itu. Muslim tu punya banyk kebodohan yaitu
      1. Perbedaan kontras antara wanita dan pria pdhl sejak jaman Adam & Hawa smua ciptaan manusia tu sederajat

      2. Islam menyebrkn agamanya di bwh ancaman pedang ( seprti yg dilakukan si Tolol Muhammad )

      3.Pake tutup-tutp muka sgala kyk NINJA HATORI ha,ha,ha…..

      4. Org Islam baik negara Islam maupun Orgnya slalu bodoh tdk sprti negara2 barat dan Amerika yg slalu memberikan kemajuan di bidang teknologi. Dan negara Arab yahhhh…. cmn bsa kawin-tidur aja

      • chandra said

        for BJ@; anda mengatakan hal demikian atas dasar apa????????????klo anda tdk menyetujui coment diatas skrg jg gue tunggu lo dmana????????kita selesaikan berdua………….bangsat lo

      • BJ said

        Lho……..koq marah emang tuh realita seihhh koq pake nanya dsrny dr mna???.
        Klen sndiri sring koq nghina agama yg diluar agama klen melalui website-website dr klen, jd gntian donkz jgn hnya mwny nyerang aja loe MANUSIA EGOIS!!!!!!!
        O.K. gw ne siap slalu dmna aja loe yg dmna???.(ASSSHOLEEE!!!!!!!)

    • Abdul said

      Tanah yang suci dibilang haram seperti masjidil haram.Kenapa bisa ?

  75. hidayah said

    jangan sampe…

    NAJIZ tau……………………

    biarkan kota ini suci…

  76. lubis said

    aku tidak setuju kalau d atab saudi ad gereja nya

  77. slamet said

    kenapa harus pertemuan rahasia, antara utusan Vatikan dan utusan pemerintah Arab Saudi, mereka sokongkol???????????????????????????????????????????????

  78. Oallah!!!!!!!! said

    CK..CK..CK…CK
    trnata mmg benar kesimpulan dlm injil, smakin banyak org yg memberontak trhd Tuhan smakin dekat akhir jaman sprti saat ini.

  79. dayat said

    astagfirullah…. apa pemerintah saudi tdk sadar? memang alasan mereka membangun gereja disana sebagai tempat untuk memfasilitasi umatnya,tapi dibalik itu semua,kristen mempunyai rencana yang lebih besar,apakah pemerintah saudi tdk tau kalau kristen mempunyai misionaris yg kerjaannya adalah mengajak umat agama lain masuk kedalam agama kristen dgn berbagai macam cara,menghalalkan segala cara,dgn cara yg baik bahkan dgn cara yg buruk,biasanya para misionaris kristen memberikan imbalan berupa harta bagi org yg mau masuk kedalam agama kristen. dan sasaran utama mereka untuk dimurtadkan adalah umat islam. nah di saudi mayoritas beragama islam,tujuan mereka sudah sangat pasti,mereka hanya ingin menyebarkan agama mereka ditanah haram, di tanah kelahiran Nabi Muhammad SAW. sungguh agama yg tdk bs menerima kenyataan,menghalalkan segala cara demi satu tujuan. bagi umat kristen sadarlah kalian,introspeksi dirilah kalian wahai umat kristen,kalian menyebarkan agama kalian dgn cara yg salah,kalau penyebarannya saja dgn cara yg salah berarti agama tersebut juga salah. beda dgn agama islam yg tdk pernah memaksa umat agama lain untuk msk agama islam,karena islam adalah agama yg benar. tolong pada umat kristen jgnlah kalian mencari-cari alasan untuk menutupi kesalahan kalian,krn dgn begitu akan tampak jelas sekali kebohongan agama kristen.

    • ThE ReVeNgeR said

      Ehhh…emg to islam (Org Turki) ga maksai org Bosnia masuk islam saat mereka nyerbu Balkan, dan emang org Islam ga maksai agamanya pada org Berber di Afrika Utara saat invasi Arab (sekitar thn 980-an), dan satu hal lagi emg org islam ga maksai agamanya saat mr.maman mengisalmkan seluruh org di semenanjung Arab. Banyak lagi catatan sejarah saat org islam memaksa agamany kpd org lain dibawah ancaman pedang. Jadi agama loe tu ada boroknya juga!!!!!

      Dan klo loe bilang Kristen tu salah loe yang mungkin salah minum obat kale…???
      Gua jg mw nanya ne…..
      NAPA YA HAMPIR SMUA TUH NEGARA2 ISLAM KACAU (SPRT afghanistan,irak,palestina,jordania,dll)pdhl mreka ngakunya dah menjalankan hampir syariat isalm???
      jwbnya krna ada yang salah ama ajaran isalm tu sendiri. Bahkan Mesir dan Turki perlahan sudah meningalkan syariah menjadi pemerintahan republik yg lebih modern dan itu terbukti bahwa mereka menjadi negara2 islam yg maju diantara negara2 islam lainya.
      Lagian di negara2 islam banyak penghasil teroris dunia (pengacau).

      KESIMPULANYA :
      semakin org mencoba dekat dgn ajaran islam maka hati mereka semakin diliputi kebencian, anti-sekularisme,dan keterpurukan.Berarti ada yg salah jg dgn ajaran islam loe itu!!!

      • M cholil said

        Belajar Al Kitab yang baik biar tidak cemooh agama yang lain, jangan salah baca ye nanti malah bubrah

  80. PERTANDINGAN BESAR said

    KRISTEN VS ISLAM

    AS ARAB SAUDI
    INGGRIS MESIR
    JERMAN TURKI
    PERANCIS IRAN
    RUSIA IRAK
    ITALIA AFGHANISTAN
    BELANDA INDONESIA
    SPANYOL PALESTINA
    PORTUGIS MAROKO
    KANADA LIBYA

    Analisis :
    Hmmmm…….Sprtinya pihak Kristen menang telak neee…
    soalnya tu mereka kuat dan persenjataan baik.
    Klo dari pihak islam gua pastikan ga nyampek berperang dah jadi tepung soalnya andalanya cuman teroris aja.
    Ha,Ha,Ha,Ha,Ha………..

    • M cholil said

      emang mau perang gitu … ada joko sembung, joko bodo, dll emang takut gituuu … selama masih tanam bambu jangan takut bung … paling2 kamu pengecutnya Lariiii … ikut kompeni….masih keturunan kompeni ye … atau jepang … jangan2 … hasil jepang x …

    • zulkifli said

      tapi anda tidak sadar, belanda hancur di usir indonesia hanya dengan bambu runcing, Rusia terbirit birit dibantai Taliban di afghanistan yang lain, elo cari sendiri deh, biar Loe pintar…

  81. arye said

    Udh….jgn ribut kalian semua……..santai

  82. M cholil said

    Kslo boleh bangun gereja di arap maka minta juga bangun masjid di Vatikan he he he … dan di Israel

  83. abdullah doel said

    sy..sangat tidak setuju dibangun gereja DIMEKKAH, rAHMATAN LIL aLAMIN TIDAK HARUS MEMBANGUN GEREJA DI mEKKAH AL mUKAROMAH.., DISANA HARUS SUCI DARI SEGALA KAUM mUSYRIK DAN KAFIR…..,

  84. Putra Merdeka said

    Sebetulnya permintaan Paus sudah wajar, sebab di Roma dekat Vatikan pun yang mayoritos pemeluk Katolik sudah mengijinkan berdirinya Masjid yang megah. Kalau tidak boleh berarti menang-menangnya sendiri. Sama nanti di Jepang nggak boleh berdiri gereja atau masjid nanti mengkotori kemurnian kepercayaan mereka. Wajar dan adil bila pemeluk agama A bisa mempengaruhi pemeluk agama B, C dan D supaya pindah ke agamanya dan berhasil. Ya jangan berang kalau pemeluk agamanya (A) pindah ke agama B, atau C. Jangan mempengaruhi/memaksa orang yang sudah menjadi penganut suatu kepercayaan selain yang kita anut, kalau kita sendiri tidak rela kumpulan kita dipengaruhi yang lain.
    Terimakasih

  85. udin said

    Kasian bgt sih kalian orang2 munafik, Arab suci??? omong kosong banyak aj lo ud liat banyak bukti kan, TKI kita pulang dgn tidak bernyawa, di perkosa, di pukul, tidak di gaji, apa itu orang2 suci dan tanah suci??? kenapa kalian semua begitu bodoh dan dungu..negara Arab telah membodohi kalian semua unk memperkaya negaranya sendiri…kenapa Al quran ga ad bahasa indo nya??? karna disana banyak tulisan mengenai JESUS (ISA ALMASI) apa kalian semua tau isi di dalam all qur’an? gw yakin 100% kalian ga ngerti dan tak pernah mengerti….kalian bilang Kristen Kafir, sebenarnya kalian yg kafir, kalian bilang kita sembah patung? orang kristen tdk menyembah patung, klo kalian ngapain berdoa di kuburan Wali2 yg ad di jawa sana itu kan sangat bodoh….semua rahasia Allah ada di ALKITAB klo ga percaya baca aj sendiri,….klo orang beragama ngapain ngebom gereja, hotel2…..klo lo bilang kta org kafir lo telah menghina ciptaan Allah, sebab kta di ciptakan dri Satu allah, ato Allah orang MUslim lain??? jdi klo ngomong jgn ngaur….Makanya negara kita ga pernah aman damai, yg ada cuman ribut mulu….yg buat hancur negara ini ya kalian jga ga ad org laen…..

  86. dolay said

    Alhamdulillah, puji alah, allahnya abraham,musa,isa(yesus), Muhammad, dan allah kita semua

    muslim = tunduk patuh = menjalankan hukum-hukum Allah yang ada di Alqur’an

    disebut dengan pengikut tuan yesus ialah = orang-orang yang menjalankan hukum taurat dan injil dalam kehidupan sehari. karena kata yesus, aku datang bukan untuk meniadakan hukum taurat tapi aku datang untuk menggenapinya, satu pasalpun di Alkitab tidak boleh dilanggar, barang siapa yang melanggar maka sama saja dia melanggar semuanya, ayo kita semua orang perhatikan 10 perintah tuhan diantaranya =

    1. Jangan ada Allah lain (Jangan ada aturan lain selain aturan Allah)
    2. Tidak boleh mencuri
    3. Tidak boleh berzina (melacurkan diri)
    4. Tidak boleh berbohong (dusta)
    5. Tidak boleh menggugurkan kandungan
    6. Hormat kepada kedua orang tua
    dan seterusnya

    10 perintah tuhan yang ada di Alkitab dan di dalam Alqur’an juga sama-sama wajib ditegakkan
    artinya apa, percuma saudara mengaku pengikut yesus/muhammad kalau saudara semua, “MASIH SUKA” mencuri,zina, berbohong, aborzi dan lain-lain,”MASIH SUKA” perlu saudara renungkan (kalau anda menemukan perzinahan, pencurian, kebohongan, sudahkah Saudara,Pendeta/Ustad/Imam Saudara, melakukan tindakan yang jadi indikatornya kitab yang saudara imani, sudahkan kitab-kitab saudara yang menjadi hakim? kalau belum berarti Saudara “MASIH SUKA”) karena bapak nenek moyangnya para nabi adalah Abraham/Ibraham yang lurus, ini mestinya yang kita jadikan panutan,karna beliau tidak pernah mencuri,berzina,berbohong
    dll. jadi percuma kita menonjolkan kristen / Islam, kalau keseharian kita tidak di atur Alkitab/Al-Qur’an
    Kalau hidup kita tidak berdasarkan apa yang di perintahkan oleh kedua-duanya berarti kristen/islam kita palsu, jadi orang munafik yang selalu menonjolkan ritus-ritus, tapi menginjak-injak isi dari kitab/Alqur’an itu sendiri. karena semua kitab-kitab yang turunnya dari langit itu mengajarkan kebenaran yang terukur bukan berdasarkan nafsu birahi penganutnya, musuh utama orang kristen/islam adalah, orang-orang yang tidak mengindahkan perintah TuhanNya, inilah tugas kita semua, rusaknya bangsa ini karna penghuninya saling hujat,tidak menjadikan Al-kitab sebagai Petunjuk dari semua masalah padahal mereka buta dengan kitab mereka. wassalam, salam sejahtera, pasti sejahtera kalau kita pelajari dan amalkan semua kitab-kitab Allah

  87. Guido Antonio said

    katholik itu agama universal,arab saudi harus punya gereja.islam bukan satu-satu nya jalan menuju surga.islam munafik………!!!!!!

  88. Mat Gobang said

    Abang n none semue, gue cuman sekedar ngasih saran aje; udeh deh mendingan kite pade berbuat nyang baek, bumi kayaknye udeh mulain peyot. Cobe aje lu pikirin, lempengan bumi ude pade geser ntu kan tandenye dunie ude mulain ciut, satu saat ntar muternye kagak stabil lantas tabrakan ame nyang laen. Semue terjadi kerne keserakahan kite, manusie pade rakus n sok pinter. Soal agame ude jelas ade aturannye di kitab masing2,ngapain lu pade pusing. Soal ngebangun gereje di saudi, buat gue gampang n kecil jawabannye. Begini cing…,ISLAM menjelaskan bahwe tanah tsb haram hukumnye buat non muslim, ini kan PERINTAH ISLAM, yang jelas ade di Al Qur’an. Lantas kite kan disuruh ngormatin agame, jadi mestinye orang2 sono nyang bukan muslim NGORMATIN JUGE ajaran agame Islam, kan asyik tuh kalo ente paham. Kalo emang mangkreng pengen bangun juge, tersere penguase disono, nyang jelas ALLAH SWT udeh netepin aturannye, kite tinggal nunggu aje……bakal ade kejadian ape. Sekarang ayo… kite rame2 berbuat baek, jalanin aje kepercayaan kite, entar kalo kite ude pulang merantau di bumi n kembali ame nyang kuase kite bakal tau nyang sale n bener; kalo kite sewot terus, norak cing n kampungan, malu ame setan nyang bersatu pengen jerumusin kite. Inget cing setan sekarang lagi ngelelang kebeneran, mureh koq…lu pasti bise beli, modalnye cuman…..( maaf ye..gue kagak kasih tahu mendingan lu tanya ame biang setan).

  89. yosep said

    saya sebagai orang kristiani.kenapa agama laen bilangTUHAN YESUS patung??eh YESUS adalah anak ALLAH BAPA lahir dari MARIA YANG TAK BERNODA.u tw knapa YESUS ituTUHAN? krn YESUS MENGADAKAN BANYAK MUJIZAT.kt ALKITAB YESUS ADLH ANAK ALLAH MAHA TINGGI!YESUS diutus oleh ALLAH BAPA ke dunia buat menyelamatkan manusia utk menebus dosa yang percaya dgn yakin bahwa YESUS adlh TUHAN.klw da yg mau prcya smTUHAN YESUS!UCAPIN DALAM HATI TUHANYESUS betapa baiknya ENGKAU telah menyelamatkan saya saya mau percaya dgn yakin YESUS telah mati dan YESUS BANGKIT bagi saya terimakasih TUHAN halelluyah amin mk dosa km diampuni oleh KASIH YESUS!KT ALKITAB tidak ada yg bs masukSURGA tanpa YESUS.semoga TUHAN YESUS beserta kita! dan kita dijauhkan dr yg jahat amin.

    • zulkifli said

      Sep, sadar dong. Masak masih suci namanya jika sudah bunting tanpa lakik, Masak tuhan dilahirkan manusia. Ini masalah agama lho, bukan cerita wayang. mungkinkah tuhan kalian bisa nyelamatin kalian, sedangkan nyelamati dirinya saja tidak bisa. Dan kalau tuhan kalian bisa mati, siapa lagi yang akan nyelamati kalian. jadi sebelum terlambat, sadarlah Sep… Yosep .. yosep, kok bodoh amat sich…………

      • please-deh said

        zulkifli, lo yg tolol, goblok lu…maria itu hamil dr Roh Kudus, bukan hasil hubungan intim…ah ketauan lo kagak pernah baca ya? bego lu, keliatan dr nama lo..hahaha..trus lo nanya mungkinkah Tuhan kalian bisa menyelamatkan kalian sedangkan nyelamatin diriNya ngga bisa? jwbnya: bukan mungkin tp pasti…oia, Yesus mati memang karena itulah Firman Tuhan, and tolong dicatat ya, Dia mati dan bangkit lagi….nggak ada yg kyk gitu selain Tuhan sendiri…Allah Tritunggal yang tidak bisa dipisahkan oleh ruang dan waktu…jd please yazul, klo ngga pernah baca kagak usah ngatain org lain bego deh…

      • andi said

        ia hidup waktu di film

      • andi said

        mana ada tuhan tiga dalam satu emang nya kopi

  90. Mat Gobang said

    Hallo bang Yosep, maaf nich..elu jangan kebawe sewot; biarin aje orang laen bicare begitu, mungkin die lagi ditempel ame jurig nyang lagi ngaku bener. Percaye deh, Islam kagak ngajarin hasut, dengki, apelagi ngejelekin soal agame laen. Begini bang Yosep, didalam Islam sudah jelas dan tegas, BAHWA BAGIMU AGAMAMU DAN BAGIKU AGAMAKU. Jadi jelas buat mereka nyang bicare seperti nyang abang maksud, mungkin die bener lagi kesambet jurig nyang ngelelang kebeneran. Gue percaye kalo abang orang beriman nyang paham banget ame agame abang, jadi mendingan kite berbuat baek aje, percaye dech.. kalo kite udeh pulang bakal nerime keadilan nyang seadil adilnye, kerne keadilan cuman milik ALLAH SWT semate, kite manusie cuman berusahe…kagak bakalan bise adil. Gue muslim, baru aje memperingati taon baru Hijriyah; gue mengharep ditahun baru Masehi kagak ade kebisingan n peste pore, apelagi sampe mencolok mate. Jadi harepan gue, lu bise peloporin semisal bikin semacem gerakan sunyi, atawe ape aje nyang sifatnye enak diliat n didenger ame kuping kite. Udeh ye..bang, gue ucapin selamet taon baru Masehi, semoge kite jadi manusie nyang ade manfaatnye buat orang laen, terus maafin gue n sodare gue nyang khilaf, kagak ade salenye kalo kite semue pade membuke hati buat saling maaf memaafken, biar ntu setan pade ngiri n dengki ternyate bener nyang Tuhan janjiin, yakni setan boleh gode manusie tapi kagak bakal bise ngegode manusie nyang selau inget n bertakwe KEPADENYE, Ya ALLAH maafin dose aye, orang tue aye anak isteri aye, keluarge aye, kaum muslim, serte manusie jami al alamin.

  91. eko muji said

    Islam itu benar2 toleran buktinya diindonesia semua presiden dan penguasanya muslim tapi umat lain aman2 saja ini yang kata teman2 rohmatal lil ‘aalamiin.dan sangat betul kalau biar komunitas terbentuk artinya arab biar sbg komunitas islam dan gada saling sikut antar agama. sy fikir vatikan benar2 ngawur. sebenare bukan toleransi umat beragama tpi krn mreka tidak akan senang sampai(kalau tidak,red) umat islam pindah keagama mereka. Ayo King Arab dan masyarakatnya jg semua masyarakat indonesia dan all world saling dukung PERTAHANKAN ARAB TANAH HARAM.

  92. eko muji said

    sudahlah komunitas islam diarab biarkan malah akan semakin ribet kalau ada agama lain. justru itu yang namanya toleransi

  93. MENURUT SAYA ITU HANYALH BENTUK KEPANIKAN DARI TOKOH-TOKOH GEREJA SALAH SATUNYA DISINI ADALAH DARI PIHAK VATIKAN, KARENA SEMAIKN BANYAKNYA MASJID-MASJID YG KINI TUMBUH SUBUR BAIK DI SEKITAR VATIKAN DAN EROPA LAINNYA BAHKAN KINI SEMAKIN BANYAK SAJA GEREJA YG KINI JUSTRU BERUBAH JADI MASJID.

    MAKA UTK MEJAGA IMIT DUNIA, DAN MENURUTNYA BISA SEBAGAI PENYEIMABNG DG SEMAKIN BANYAKNYA MASJID YG KINI TUMBUH SUBUR DI EROPA MAKA PIHAK VATIKAN SENGAJA BERTINGKAH DG MEMOHON IZIN MENDIRIKAN GEREJA2 DI TIMUR TENGAH.

    BEGITU JUGA KETIKA BANYAK TOKOH-TOKOH GEREJA DARI MULAI PENDETA, PASTUR, USKUP DLL, KINI KEMBALI KEJALAN YG LURUS YAITU ISLAM, MAKA
    DARI PIHAK GEREJA SENGAJA MEMUNCULKAN KESAKSIAN-KESAKSIAN PALSU, MISALNYA, ORG YG MENGAKU BEKAS KYAI, BEKAS USTAD, BEKAS ULAMA, BEKAS HAJI YG MASUK KRISTEN YG JELAS-JELAS HAL ITU TDK MUNGKIN TERJADI.

    CONTOH ADALAH KASUS ALI MASKUR MUSA, YG MENGAKU-NGAKU BEKAS KETUA FPI SURABAYA YG KEMUDIAN KATAMNYA MASUK KRISTEN, DAN SETELAH DISELIDIKI, DAN MENGADAKAN PERTEMUAN LANGSUNG DG DIA TERNYATA SETELAH DI TES SURUH BACA QURAN, TERNYATA YG BERSANGKUTAN SAMA SEKALI TDK BISA BACA. APA IYA KETUA FPI TDK BISA BACA AL-QURAN.

    Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepadamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang sebenarnya)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.
    QS. al-Baqarah (2) : 120

  94. Mat Gobang said

    Assalammu’laikum W.W, Sodare muslim bang Hasan nyang budiman; ane bersyukur atas tulisan abang diatas. Emang sih…kedengerannye kagak resep, itu tandenye kebesaran n kebeneran semakin nyate. Tapi tugas kite nyang utame, menjaga keluarge kite dengan memberi pengertian agame secara luas n bijaksane,ntu menjadi lebih mulia; kalo abang pelajari begitu hebat n halus sekali keluarge kite bakal lupe ame agame. Ayo…cintai anak isteri kite, keluarge kite jauhkan anak n keluarge kite dari neraka dunie, kerne dunie merupaken jembatan menuju akherat. Bang Hasan, ane bersyukur terlahir sebagai Muslim n dinegara nyang begitu nyaman n indah, marilah kite jage negare kite ini, janganlah kite nodai, nikmatilah kedamaian nyang mungkin ditempat laen sulit didapat. Emang sih…mungkin ade orang nyang kagak demen kite kayak gini, mereka menggunakan macem2 alesan, sampe kesoal agame. Insya ALLAH kalo kite selalu tawakal, memelihara iman kpd ALLAH SWT n berterima kasih kepada Muhammad Rasulullah SAW, kite akn selamat baek didunie maupun akherat. Bang Hasan ane merase bahagie n nikmat banget menjadi Muslim, Ane begitu rindu kepade ALLAH SWT n begitu mencintai nabi Muhammad SAW, mudah2an ane bisa bertemu beliau nanti. Tapi ane merase sedih dengan keadaan sekarang ini, ane kagak mao sebut pasalnye; kalo abang bijak n jeli abang pasti akan sedih n menangis. Untuk itu jangan abang pikirin terlalu dalem soal gereje di arab, kalo penggede disono acc ape nyang bise kite bikin, paling2 kite cuman bise ngedumel akhirnye ngerusak diri kite, percaye deh…penggede disono bukan orang orang macem kite, mereka pasti takut dengen ketetepan ALLAH SWT. Lebih baek kite kembali kekeluarge, menghormati n menjage persatuan dinegare kite, sambil kite pelihare diri kite n keluarge kite agar selamet dari perkare dunie n mendapat ridho ALLAH SWT n syafaat Rasululloh SAW, sehingga kite n keluarge kite bise terhindar dari api nerake….Amin Ya Robbalalamin, Wassalammualaikum WW.

  95. kholid said

    Kafir adalah musuh kaum muslimin, tidak akan senang orang yahudi dan nasrani melihat orang islam maju.

  96. cece Agus said

    gw tidak setuju gereja da di tanah suci…. apakah Maw arab saudi seperti di palestina “Yerusalem, Al Aqsa??”” bayangkan kiblat pertama sudah di rongrong yahudi sekarang saudaranya NAsrani sedang merongrong Makkah ” Ka”bah kiblat ke dua Umat islam,,, Sebenernya yang meraka maw tu cuma satu Islam kiblatnya ke Vatikan KIblat ketiga… Naudzubilah mindzalik,,,,,

  97. rahasia said

    BJ…. lo tu tidak berpendidikan… setahu gw orng kristen gx setolol lo BJ….””” mereka lebih beradab…

  98. setuju hukumnya haram bangun gereja di Arab Saudi. alasannya dari kesucian/bersih diri saja antara muslim dan non muslim saja suda beda.

  99. qosim said

    lebih baik jangan deberikan ijin karna Alloh telah melarang nya

  100. vito said

    Astaugfirullah. .
    Ya Allah berikanlah hambamu kekuatan.
    udah donk! jngn ribut melulu!
    setreeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeessssssssssssssssssssss!!!

  101. safar said

    G setuju kalo Gereja di arab Saudi. ntar waktu haji Babi2 kliaran…

  102. safar said

    Islam itu bertauhid, adapun selainislam semuanya Musyrik dan Irrasional. nah, ntar kalo ada gereja di Arab jadi terkontaminasi ga nalarnya..Manusia ko dituhankan. Isa As Nabi taoooo

  103. anto said

    gereja di arab?????????? hancur tu negara arab n ga akan motto A saudi negara tauhid akan hancur. soalna kristen tu musyrik n karena nyembah manusia, dasar irasianal manusi ko di sembah …. Nabi tau

  104. please-deh said

    klo arab suci knapa disana bnyk TKI yg diperkosa walau badannya uda dibuntel kayak bola bowling? knapa TKI banyak disiksa?udah deh lo2 pada kagak usah sok suci, muak bgt gw liat org2 egois, sok suci…bangun gereja ga boleh tp bgn mesid boleh? ya ampuuun,…ajaran yg sangat amit2… stop berbuat kekacauan di dunia ini…gara2 lo dan kaum lo dunia jd kacau

  105. david said

    islam merupakan agama yang tidak adil…….!!!!!!! ,masa di negara yang mayoritas penduduk nya islam tidak boleh membangun gereja ,
    sedangkan negara yang penduduknya mayoritasnya kristen aja ,masih diizin kan untuk membangun masjid .!!!!!!,dasar gak berprikemanusian!!!!!!!!!!,
    Tolong dong Tunjukkan kasih & prikemanusian mu terhadap orang -orang yang agamanya non -muslim!!!!!!!!!!!!
    Jangan egois dong !!!!!,tunjukkan keadilan loe di bumi…..,

  106. andi said

    jangan sampai ada gereja di tanah kelahiran nabiku .haram hukumnya .najis ada gereja di sana

  107. saudi said

    Saudi,

    Knp haram membangun gereja di Mekkah? bukankah agama itu baik?

    • andi said

      ia kalau agama islam. kalau kristen agama rusak ,agama amburadul semburat. tidak tau aturan

  108. ria said

    akh, bagusnya gak usah dibuka.itu udah bener.baiknya di Indonesia juga begitu.nah kalo yang mayoritas kristen juga ambil sikap seperti arab.sah sah saja koq.berani buat

  109. joko said

    jangan bicara teori bpk/ibu kita liat saja dikehidupan sesungguhnya,saya sbnrnya jg ga ngerti cm kl nonton berita koq teap hari kl ad kerusuhan gitu kerjaannya yg muslim yah?bukan mengejek,tapi coba deh kita catat tiap hari saja!saya jg sk ntn channel2 asia lainnya.koq suka banget sm perang yah…,saya pernah membaca alkitab walau saya bukan kristen,hukum utama mrk adalah kasih,artinya mrk nd ank2 mereka tidak akan diajarkan kekerasan,mrk diajari u mengalah karena mrk tw kebenaran hanya bagi tuhan,hanya ingin meluruskan,digereja setau saya ada 3 hukum dalam pernikahan,1.memogam utuh tidak terbagi 2.hanya satu wanita dan satu pria 3.tidak terpisahkan setia sampai mati,menurut saya itu baik sekali,ehm saya jg suka nonton daai tv karena daai tv sungguh2 memberikan pelajaran moral yg baik,dimana sebuah yayasan buddha mendirikan rumah sakit,universitas ditaipei itu semua dari kerja keras umatnya yg saya tw dari pengolahan sampah,ada hal lain yg buat saya kagum 1.mrk tidak makan daging 2.mereka memotong habis rmbut mrk yg artinya melepaskan diri dr kehidupan fana,3.mereka tidak menikah karena menurut saya kalau pemimpin agama menikah mrk pasti butuh materi,u sekolah anaknya,untuk belanja istrinya,dsb,artinya berbisnis bukan begitu?yah kalo anak ekonomi tw sendiri apa artinya bisnis,hehe….ehm selanjtnya ada yg disebut dharma,yg hukum utamanya welas asih…definisinya hampir sama dgn kasih dlm kristen,ayo sapa punya catatan sejarah agama apa dulu yg lahir?cb deh pelajari dulu dr segala sumber….berdasarkan kenyataan saja kita lihat,jangan hanya lihat teori2…tp fakta dalam kehidupan….

    • ANDI said

      coba anda lihat negara2 barat yang mayoritas kristen di kelAkuan mereka. TIDAK JAUH BERBEDA DENGAN HEWAN . SEX BEBAS . PASTOR2 MELAKUKAN PENCABULAN . COBA ANDA LIHAT DI INDIA MANA ADA AGAMA MENGENAL KASTA . TIADAH AGAMA YANG BENAR SELAIN ISLAM . MUNGKIN ANDA TIDAK PUNYA AGAMA BERKATA DEMIKIAN ,

  110. andi said

    islam tidak menyukai kekerasan tapi jika islam di gannggu jangan salah kan umat islam . ingat itu baik baik

  111. Kaunang said

    Negara yang menganut ajaran paling sempurna tidak bisa bertoleransi. Bahkan di dekat reruntuhan WTC akan dibangun masjid besar.

    Negara kafir Amerika lebih bisa bertoleransi drpd negara agama Saudi.

    • andi said

      harusnya begitu karena amerika mengakui islam sebagai agama yang benar, dan sikap yang di tunjukan saudi adalah yang paling benar

  112. Mat gobang said

    hallo bang arman, pake otak dikit dong; katenye penuh kasih tapi ente mulain cari masale. gue sekedar ngingetin ellu, ayo kite bicare sebagai orang nyang ngaku beragame. ellu udeh mulain menghine langsung agame gue,laen kali ellu hina orangnye aje, jadi gue kagak ikut nimbrung. sodare non muslim semue, ente kan udeh bace dari awal, bahwe di arab saudi kagak boleh ade gereje bukan kemauan kite umat ISLAM, tapi itu PERINTAH ALLAH SWT, nyang mane kite sebagai umatnye harus menjalankan PRINTAH tsb. makenye ayo kite bijaksane, kite bicare nyang lebih manfaat, kerne hidup kite ada artinye kalo bermanfaat buat orang laen. AYOO… KITA KALAHKAN SETAN.

  113. andi said

    al qur,an telah menjelaskan . tidak akan senang orang2 yahudi dan nasrani kepadamu sebelum kamu mengikuti ajar mereka . untuk itu kepada saudaraku yang muslim berhati2lah jika berteman dengan

  114. andi said

    al qur,an telah menjelaskan . tidak akan senang orang2 yahudi dan nasrani kepadamu sebelum kamu mengikuti ajar mereka . untuk itu Asaudaraku yang muslim berhati2lah jika BERTEMAN DENGAN ORANG2 NASRANI YAHUDI

Maaf, form komentar ditutup saat ini.

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: