infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

  • ahlan wa sahlan

  • Halaman

  • Tulisan Terbaru

  • Arsip

  • Kategori

  • Kalender

    Februari 2008
    S S R K J S M
    « Jan   Mar »
     123
    45678910
    11121314151617
    18192021222324
    2526272829  
  • Tulisan Teratas

  • Statistik

    • 2,194,414 hits
  • PojoK

  • GuguK

    Prabumulih Lubuklinggau Pagaralam Pemkab Lahat Banyuasin Muara Enim Musi Banyuasin OKU OKUT Baturaja BPS Sumsel Photo Sharing and Video Hosting at Photobucket

Potensi Batu Bara di Lahat Mulai Dieksploitasi

Posted by infokito™ pada 25 Februari 2008

Kabupaten Lahat memiliki potensi batu bara yang tinggi. Potensi batu bara di kabupaten tersebut saat ini mulai dieksplorasi oleh sejumlah perusahaan bahkan ada yang telah mulai melakukan produksi.

Asisten I Kabupaten Lahat Marwan Mansyur didampingi Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Lahat Syarifudin Nur Syamsu, Sabtu (23/2) dalam jumpa pers, mengatakan, potensi batu bara di Kabupaten Lahat berada di Kecamatan Merapi Barat, Merapi Timur, Lahat, Pulau Pinang, Kikim Barat, Gumay Talang, dan Kikim Timur yang potensinya sebesar 2,9 miliar ton.

Menurut Marwan, untuk memanfaatkan potensi batu bara yang begitu besar, Pemerintah Kabupaten Lahat memberikan izin kuasa pertambangan (KP) kepada lima perusahaan di Kecamatan Merapi Barat dan Merapi Timur. Luas KP kelima perusahaan tersebut sekitar 11.000 hektar.

Staf Dinas Pertambangan Kabupaten Lahat Agus Salman mengungkapkan, dua perusahaan yaitu PT Muara Alam Sejahtera dan PT Bara Alam Utama telah mengajukan izin KP eksploitasi yang berarti sudah melewati tahap eksplorasi.

”Luas KP PT Bara Alam Utama 799 hektar dan luas KP PT Muara Alam Sejahtera 2.400 hektar. Produksi batu bara dari dua perusahaan itu akan mencapai 1 juta ton per tahun,” kata Agus.

Menurut Agus, tiga perusahaan lainnya, yaitu PT Mustika Indah Permai, PT Bukit Bara Alam, dan PT Bumi Merapi Energi, masih dalam tahap eksplorasi namun akan segera ditingkatkan ke tahap eksploitasi dan produksi.

Agus menjelaskan, setelah dikeluarkan izin oleh Pemerintah Kabupaten Lahat, maka dalam waktu enam bulan kedua perusahaan tersebut harus sudah melakukan kegiatan eksploitasi.

”Perusahaan yang sudah berproduksi adalah PT Batu Bara Lahat di Kecamatan Merapi Barat dengan produksi 40.000 ton batu bara per bulan. Ke depan, produksi PT Batu bara Lahat akan ditingkatkan menjadi 1 juta ton per tahun,” ujarnya.

Marwan Mansyur mengatakan, pemberian izin KP terhadap lima perusahaan tersebut agar penambangan batu bara di Kabupaten Lahat lebih maksimal. Kegiatan penambangan batu bara di Lahat selama ini hanya dilakukan oleh PT Bukit Asam sehingga dinilai kurang maksimal.

”Setiap tahun, PT Bukit Asam hanya mampu memproduksi sebanyak 2,2 juta ton per tahun, padahal seharusnya bisa 9 juta ton per tahun. Kami melihat ada potensi yang belum digarap di Kecamatan Merapi Barat dan Merapi Timur,” kata Marwan.

Menurut Marwan, Bupati Lahat akhirnya mencari investor tambang batu bara dengan memberikan izin KP untuk lima perusahaan di wilayah Kecamatan Merapi Barat dan Merapi Timur.

Sesuai dengan undang-undang, ujar Marwan, di era otonomi daerah, kepala daerah berhak mengatur dan menertibkan perizinan di bidang pertambangan.

Peningkatan produksi batu bara juga membuka peluang pembangunan pembangkit listrik di Sumsel maupun di daerah lain di Indonesia. (WAD/KOMPAS)

92 Tanggapan to “Potensi Batu Bara di Lahat Mulai Dieksploitasi”

  1. tedi.T said

    bagaimana dengan tuntutan PT Bukit Asam yang keberatan atas pemberian KP kepada kelima PT tersebut.

    • iwan said

      Kembali kepermasalahan PT.BA,kalau dilihat dari segikepemilikan KP/IUP BA punya segalanyayang paling penting dia sudah mengeluarkan dana begitu besar untuk biaya Eksplorasi khusus di pemboran,maaping,and soon.tetapi BA sendiri kenapa sekian lama tidak ada pening kaatan produksi/eksplorasi (stuck),kan masyarakat setempat perli pembenahan aliasn peningkatan gaya hidup pikirkan kesejahtraan rakyat cilik,klu menurut ane sih ,ya wis legowo aja,kasih kesempatan pada yg lain,kan di ME jg lum habis jangan serakah dong?????????????

      • stevanus said

        mas Iwan, tolong kalo ada info kondisi lahan, potensi batubara, kalori dll untuk kawasan sekitar Kikim Barat, Kikim Tengah, dan Kikim Selatan
        dwiatmokoadi_s@yahoo.co.uk

      • wahyu said

        walaupun udah banyak tambang tetap juga banyak pengangguran,mau kerja sekarang udah main sogok,jadi kapan kita makmur,,tolong di fikirkan oleh pemerintah masalah itu,,,,

  2. jablay said

    Kira2 membuang peluang to lapangan kerja donk……

  3. leelly said

    BUng Marwab berkata : ”Setiap tahun, PT Bukit Asam hanya mampu memproduksi sebanyak 2,2 juta ton per tahun, padahal seharusnya bisa 9 juta ton per tahun. Kami melihat ada potensi yang belum digarap di Kecamatan Merapi Barat dan Merapi Timur,” kata Marwan.

    Kalau saya berkata ini potensi kerusakan lingkungan besar-besaran akan terjadi di kabupaten Lahat ini.. selamat buat Baqpak BUpati Lahat yang telah sukses menjual lahannya kepada pihak swasta dengan segaqla dalih ke otonomannya.

    yah semogha aja ijin amdal dan segala yang berbau perijinan itu bukan hanya legalitasnya aja. dan mohon perhatikan juga kehidupan masyarakat sekitar lahan yang dieksploitasi apa manfaat yang akan mereka dapat dengan dibukanya tambang ini????????????????????

    mudah-mudahan Lahat Ga jadi seperti Timika, setelah habis manis sepah dibuang alias habis batu bara, lahan terbengkalai…..

    • Hendra said

      bener bgt, Q stuju dg pendapat Anda…
      sebagai pemimpin dan sekaligus sebagai pemberi legalitas atas suatu izin, Bupati haruslah bercermin pada daerah2 yang di dalamny terdapat lokasi pertambangan. Jika hanya melihat dari segi keuntungan semata, maka rakyat akan terbengkalai….
      Percuma saja Kab. Lahat menjadi Kabupaten termewah dan terkaya di Provinsi Sumatera Selatan jika rakyatnya hanya menjadi “penonton” belaka, yang bisanya cuma bisa gigit jari….
      Yang difikirkan sekarang apakah perusahaan2 tersebut sanggup memberikan imbal balik kepada masyarakat sekitar lahat pertambangan bukan kepada Pemerintah Daerah….Mereka tidak memerlukan “karya-karya emas” dari sang Pemimpin, namun yang mereka perlukan adalah “sebuah” pekerjaan yang dapat menghidupi keluarga mereka, bukan menghidupi para Pejabat di Pemerintah Daerah….
      Bukan rahasia umum lagi, jika dalam pengurusan izin tersebut, ada konkalingkong dan juga terdapat/terselip “sebuah amplop kecil (bentukny)” namun BESAR isiny….
      PIKIRKAN RAKYATMU….!!! JANGAN SELALU MEMIKIRKAN PERUTMU…!!!

      • tony said

        Harunata sekarang sudah kabur kejakarta dengan membawa banyak uang hasil kp atau iup sekarng, nati disusul dengan Aswari, tinggallah rakyat lahat yang hidup dengan segala kerusakan lingkungan dan ekosistemnya

  4. grays said

    Jangan pesimis dulu masalah lingkungan, kalau memang dengan lingkungan yg terpelihara masyarakat bisa makmur sih gak masalah, tapi coba aja lihat dan rasakan, emangnya masyarakat sudah hidup makmur dengan tetek bengek tentang lingkungan itu ? Gak perlu sok perhatian lingkungan lah, yg penting masyarakat bisa hidup lebih sejahtera, lapangan kerja terbuka. Emangnya kita dapet apaan dengan mengagung-agungkan lingkungan itu ? Kalau LSM sih udah jelas, mereka bisa dapet duit dari tuntutan-tuntuan masalah lingkungan, lha kalo rakyat ? dapet apa mereka ? dapet daun-daunan kering ?

    • een said

      berarti Anda siap bekerja dengan lingkungan yang buruk, debu beterbangan, Oksigen yg terasa kurang, matahari menyengat????
      apakah Anda sanggup bekerja sedemikan rupa dg gaji yg cuma cukup untuk belanja sehari2…???
      saya kira Anda tidak akan sanggup….termasuk Grays dan saya….

    • tony said

      Kamu pasti antek dari perusahaan yang bergerak dilahat, berapa kamu dibayar

    • YUDI RAW said

      Kalo memang pro rakyat terutama masyarakat setempat dan ingin memajukan masyarakat setempat, harusnya KP diberikan kepada masyarakat Lahat terutama pemilik tanah. Mayoritas pemegang KP cuma modal KP doang, buat beli tanahnya ga ada duit, tapi kalo pemilik tanah ingin membuat perusahaan tambang batu bara pasti dianggap penambang liar, karena harus izin dengan pemilik KP. Tanah punya sendiri kok izin sama yang punya KP?

  5. vivin said

    jika tambang tersebut dapat membawa kesejahteraan bagi masyarakat,kenapa tidak???kita sebagai masyarakat yang akan merasakan manfaatnya membantu agar tambang tersebut dapat berjalan lancar,selain membuka lapangan kerja tambang tersebut juga dapat di jadikan sebagai pendapatan daerah yang dapat di gunakan untuk pembangunan daerah lahat khususnya.

    kenapa gak ada forum yang membahas tentang bahan galian golongan C ????padahal dilahat kan terdapat banyak tamabang bahan galian Gol C.thanks atas kesempatannya

  6. klo menurut saya jika pengelolahan tambang di lahat bisa berdampak positif bagi masyarakat lahat dan bisa menaik kan taraf hidup w0ong lahat kenapa nggak????????saya sebagai putra daerah setuju-setuju saya, siapa tau saya pun juga bisa merasakan dampaknya….tapi, klo dampaknya bisa negatif dan hanya untk kepentingan individu semata, saya jelas dengan keras menolaknya.trims’

  7. m.liansyah said

    jangan jadikan kami warga lahat hanya menjadi penonton,angka penganguran di lahat tinggi sedangkan warga lahat memeliki sumber daya manusia yang baik

  8. okie said

    kita dari RADIO DANGDUT TPI NIch dger2 rame yg hoby denger radio di tambang boleh jg tuh kasih2 job kita2 alamat kita di jln.bandar jaya blok.c no 25 lahat,n’ than frekuensi kita 94,5FM don’4get uuuuuuupppssszzzz….sory rada ngawur(promosi bu’)hehehehe….

  9. Hidayat said

    bagi bagi lowongan kerja dong
    jangan bikin orang melarat

  10. ya asal jangan sampe kejadian kayak kabupaten muara enim dan disekitarnya…. pembangunan terkesan lambat dan lamban bangetttttt, setelah 20 tahun saja, saya sebagi putra daerah asli tanjung enim tidak merasakan pembangunan apa-apa yang berarti, kota tanjung enim semakin lama semakin kumuh, tidak tertata rapi, tidak bagus, pokoknya jelek. sementara sumbangan untuk APBD saja dari satu kawasan yaitu tanjung enim setiap tahun nya sebesar kurang lebih diatas rp. 70 milyar. tapi kenyataannya TANJUNG ENIM kami tercinta tidak pernah mengalami perubahan pembangunan yang signifikan…..

    masih banyak uneg2 ini……

  11. semoga penganguran dilahat sudah tidak ada lagi, jangan cuma mengharapkan jadi PNS aja, kalau mau kaya bisnis gali informasi peluang usaha apa yang bagus, buat hotel, rental drum truck, restorant, di muara bungo ada batubara kotanya cepat majuuuu looo, ayo jeme lahat kite pacak berhasil dikampung dewek….

  12. syarofi,SH,Mkn said

    syukur, allhamdulilah kalau kab Lahat sumber daya alam lak pacak di garap, tapi ade nyayian nanye, jgn sampai melemakkah pejabat yang terkait dlm urusan birokrasi tuw saje, soale SDA, ingat pasal 33 UUD 1945, Negara dalam Hal ini, Pemda itu hanyakepanjangan tangan rakyat saje, jgn ase kamu sebagai pejabat. karene kalau niat para pejabat dide iluk, rasan tuw pastilah didde ke di redohi allah swt, jadi mari kite majukah daerah kite untuk kesejahteraan kite segalenye, bukan pribadi atau golongan, bahkan etnis saje, udim itu, aku bepesan dgn masyarakat yang selame ini galak mbujuki masyarakt untuk jual tanah dgn harge murah, udimilah, jgn mbuyanni masyarakt, kasihan, luk mane masyarakat nak betani lagi. dan penting pule bagi yg pernah menjabat jgn menyerobot tanah masyarakat, balikalah, kalu dimak, mati dihimpit bumi.

    • rouzi.d said

      aq setuju kate’ mamang,
      lg pule pemerintah stempat pikirkah nasib pengangguran di lahat tu……….

  13. syarofi,SH,Mkn said

    Kekayaan alam yang akan berdampak pada perekonomian, tidak di pungkiri mendapat sambutan antara yang pro dan kontra. untuk itu sebelumnya perlu dipersiapkan perangkat soft were dan hard werenya , maka dari itu, agar tidak terlalu besar resiko negatif yang akan timbul. seyogyanya perlu di perhatikan, hak dan kewajiban bagi para pihak yg berkepentingan, dan perlu di perhatiakan unsur sosial atau CSR (Corporate social Responsibelity), dampak lingkungan, jaminan kesejahteraan bagi penduduk/pribumi yang berada pada wilayah kabupaten. Hal ini sangat penting, karena jgn sampai rakyat yang menjadi obyek penderita.pemerintah dalam hal ini sebagai regulator tidak hanya mementingkan kepentingan kelompok dan golongan tertentu. dan juga harus di pikirkan akibat kedepan, setelah proyek tersebut berakhir, jgn sampai menjadi temapat yang tidak bermanpaat. saya sebagai warga kab lahat kecamatan kikim, desa Tandaraja (Patikalama) memberi dukungan kepada pemerintah daerah dan warga kab lahat, semoga sukses dan jaya, selamat.

  14. Ramsis said

    Penggarapan yang dilakukan oleh pihak penambang yang sudah diberikan izin … tolong masalah pembesan tanah jangan lagi ada pihak phak lainyang ikut memangkas nilai jual tanah …. kasian donk yang punya tanah…

  15. nelly said

    Saya sudah merantau sekitar 23 tahun yang lalu, tapi setiap saya pulang keLahat, saya suka sedih koq Lahat gak ada perubahan yang berarti. Dan saya dengar banyak anak-anak Lahat yang sukses jadi sarjana tapi tidak menganggur. Dilahat lowongan kerja yang diharapkan hanyalah jadi PNS. Saya mohon bila benarbenar Tambang ini dikelola oleh Pemerintah Lahat, please…. tolong anak-anak yang berasal dari Lahat dan sekitarnya yang didahulukan untuk bekerja disana, saya yakin anak-anak lahat pasti punya potensi yang tidak kalah dengan anak dari daerah lain. semoga lahat bisa tambah maju lagi

    • act_miner said

      :)
      hohoho…

    • act_miner said

      saya sependapat dengan anda bahwa anak lahat memiliki potensi. tapi ini era persaingan bebas, siapa bisa dan punya kesempatan maka dia dapat. anak lahat pasti bisa dan punya kesempatan, tapi kebanyakan dari mereka tidak memiliki mental dan tekad untuk mengembangkan diri n membangun daerah.,selalu berhenti dengan kata “cukup”. Biasanya mereka sudah puas bila sudah bekerja n dapat gaji yg cukup untuk kehidupannya sendiri. Di masa persaingan bebas ini, tidak memandang putra daerah atau tidak.,siapa cakap dia di pakai.,perusahaan hanya membalas dlm bentuk CSR (Corporate Social Responsibility) yang mana terkadang itu hanya bentuk formalitas sosial.
      Yah..,saya hanya berharap beberapa tahun kedepan bisa bertemu n bekerjasama dengan putra2 daerah yg lain yang memiliki potensi n pemikiran luas..
      Semoga Lahat akan maju seperti yg saya pikirkan dan saya inginkan..
      amin…:)

      • nazla said

        setujjuu pak….iklim berkompetensi…..its ok to be white collar, but better to be enterpreuner,,,,,ciyeeee…
        Salam semangat jeme lahat

  16. Sepertinya Lahat membutuhkan tenaga dan pikiran mbak Nelly untuk pengembangan potensi daerah :)

    Siap bangun daerah!!?? :)

  17. si boo said

    profesionalisme harus tetap diutamakan……supaya citra yang didapat bagus….
    pengambilan tenaga kerja yang harus mampu bertnggung jawab pada pekerjaan….jangan asal pilih….membantu anggota keluarga memang penting,tp skali lagi yang “PROFESIONAL”

  18. ricky ardiansyah machmoed said

    kami berminat untuk melakukan kontrak long term, untuk kebutuhan luar negeri dengan kelima perusahaan tersebut,terima kasih

  19. Khairudin said

    Apa pun yang yang dibicarakan bp.Marwan tersebut semuanya bagus, tapi kalau masyarakat Kab. Lahat makmur dan sejahtera dengan adanya perusahaan tersebut. Jangan cuma ngomong bae dan KKN!!!

  20. Khairudin said

    Yang penting masyarkat kab. lahat & sekitarnya makmur dan sejahtera.

  21. Hidayat said

    sebagai orang asli lahat saya berharap
    saya juga bisa berkerja untuk menikmati hasil bumi di daerah sendiri

  22. nopriandi gumay said

    KEPADA PEMERINTAH DAERAH LAHAT, BAGAIMANA JIKA SDM-NYA DIAMBIL DARI PUTRA DAERAH YG PUNYA POTENSI & SKILL YG SELAMA INI BEKERJA DI PUSAT KOTA, LEBIH BAGUS LAGI PUTRA DAERAH SENDIRI YG MENGELOLAH TANAH KELAHIRANNYA….

    MENURUT PENDAPAT YANG LAIN BAGAIMANA ?????

    • RONI AKROMAN said

      kami anak smk negeri 1lahat jurusan pertambangan sangat setuju dengan pendapat bapak karena untuk mengurangi pengangguran di KAB.Lahat.

      salam dari SMK NEGERI 1 LAHAT.

      SMK BISAA!!!!!!!!!!

  23. arie wijayanto said

    ada lowongan kerja hbngi 087858029492

  24. hermin syahri said

    mikut ke milis jeme lahat dunk : http://groups.yahoo.com/group/warga_lahat

  25. Ipan said

    dengan adanya potensi pertambangan akan membawa dampak positif bagi kemajuan kab. lahat dan mengurangi tingkat pengangguran serta meningkatkan penghasilan bagi kab. lahat dgn syarat para petinggi di kab. lahat punya rasa empati untuk memajukan dan memakmurkan rakyat asli lahat.

  26. martin said

    jgn di jadikan menperkayadiri untuk pejabatnya…
    liat donk masyarakatnya msh bnyak yg nganggur dan jga masyarakatnya jga mempunyai potensi yg baik.klo emang mau jadiin lahat masyarakatnya makmur hrs warga lahatnya dikasih kesempetan buat kerja di daerahny dong.klo gak masyarakat minimal tingal di lahat 10 thn itu baru blh ditrima diprusahaan tsb.moga2 saran saya di terima

  27. RIYON said

    Kita sangat mendukung proses eksplorasi dan produksi yang akan dilakukan oleh kelima perusahan yang sudah memilki KP tersebut, karena hal ini akan dapat memaju percepatan perekonomian Kabuapten lahat secara khusus dan Sumsel secara umum.mengapa karena pembukaan tambang akan menciptakan lapangan kerja yang luas dari seluruh lapisan masyarakat di sekitar tambang, Ibarat gula maka akan banyak semut yang berdatangan. apabila hal ini diserahkan kepada PT.BA saja dalam mengekspolrasi dan produksi maka proses yang ada hanylah monopoli belaka, apalagi sistem BUMN negara kita ini belum sebaik yang ada dalam teori ekonomi. kita semua tahun PT.BA juga banyak melakukan kesalahan dalam lingkungan penambangan pada tahap awal nya memang saat ini dengan umurnya yang sudah 60 tahun lebih, efesiensi dan efektifitas produksi sudah pasti tercapai. tapi mengapa PT.BA tidak lah selalu cukup,dimana seharusnya mereka melakukan kerjasama dengan KP-KP yang ada dikabupaten Lahat, bukan malah mengadukan seperti PT.BA tidak pernah mencuri setiap tetes keringat para karyawanya…

    sekali hidup Bupati lahat terbaru yang telah berani mengambil sikap untuk segera melakukan ekplorasi dan produksi seluruh KP batu bara dikabupaten lahat, dengan tujuan menuju percepatan kesejahteraan masyarakat Kabuapten Lahat.

  28. bujang juare said

    Kite pikirkan :Pertama jangan kesejahteraan saja, melainkan tanggung jawab amdalnya?….tuk masyarakat Lahat berpikir ke 30 tahun kedepan, sebagai bahan referensinya : saat ini izin KP sudah dikeluarkan oleh PEMDA Lahat,+ 43 KP terdiri dari PT-PT, dan yang sudah Explorasi & Exploitasi sebanyak 10 KP, dan akan disusul oleh KP-KP lain. Jumlah areal + 78.000 ha. seandainya masing-masing KP dari mengupas & mengeruk Batu bara minimal kedalaman 50 meter x 78.000 ha Lahat yang akan datang jadi apa ? danau terbesar di asia kah ?…..Selanjutnya Mobil sebagai salah satu alat angkut transportasi, sebagaimana Surat Bupati Lahat DRS.H.HARUNATA.MM No.551/750/Hubkominfo/2008 tanggal,28 Agustus 2009 yang ditujukan Para Pimpinan Perusahaan Exploitasi Batu bara dalam Kab.Lahat, isinya sbb :1.perlu untuk memperhatikan status Jalan dalam kab.Lahat yang rata-rata Kelas III a III b III c tidak diperkenankan melebihi tanase sesuai kelas jalan tsb, baru awal saja sudah dilanggar akibat jalan rusak gale ?…(PP No.43/1993 pasal 11) 2.jasa angkutan transportasi batubara setelah 3bulan berturut-turut harus mutasi kelingkungan kab.Lahat,sehingga akan menambah kontribusi PAD kab.Lahat, nyatenye plat no.B – F – BE – BD – dll,(PP no.44/1993 pasal 182)dilanggar juge 3.Teknis kelaikan kendaraan harus kiur ulang selama 6 bulan sekali,tuk menekan lakalantas dan pencemaran udara akibat kendaraan, dan juga biaya ini akan memberikan kontribusi PAD pemkab Lahat,Makmane Kalu plat nomornye ukan Lahat,lewat pule Income kite?(PP.No.44/1993Pasal.132)

  29. sipaihit lidah said

    apa yang dikatekan Bujang juare benar, jadi mohon kepade PEMKAB Lahat dan Jajarannye,tuk dijadikan perhatian, khusus kepade Bupati Lahat,dan Ketue DPRD Lahat selaku pejabat teras Eksekutif & Legeilatif, bila perlu tinjau ulang izin KP PT-PT dimaksud – makmane nian tanggung jawab AMDAL nye, jangan COPY PASTE saje. katenye akan membawak dampak positif khususnye kesejahtraan masyarakat kab.Lahat, mane die buntalannye, ame intruksi Bupati saje dilanggar,makmane kami rakyat. Kite dukung … Bujang juare.

    • yho said

      MAKMANE PULE BOSS AME KITE NIE DEX KA DI ISULKAH.. PEJABAT KITE TU REMAN GALE.. KALU KENE KAPAK NGANGGUR KITE NIE.. SIAPE PEJABAT DINAS YG DIDE NURUT PASTI DI SINGKIRKA.. CONTOHNYE KEPALA DINAS PERTAMBANGAN KITE.. GARA2 DINDAK SEMBARANGAN NGELUARKA IZIN KP UNTUK PT. YG LA DIBECKINGI PEJABAT2 BESAK PUSAT.. LAJU DI SINGKIRKA.. NAK LUKMANE AGI.. BUPATI JABALAN.. CARE JABALAN PULE PEMERINTAHANNYE..

      • iyo makmane nian bupati ne jabalan nian pacaknyo nak off road tula, makmane nak maju lahat ne, makonyo amen nak majuke lahat tu cari bupati betine bae, gek kito cari be yang jabat bupati tu betine, sbab biasenye betine tu kerjo pake perasaan. jangan pule slogan saatnye berubah dk taunye dikde berubah tp kalu yg saatnye berubah wari jadi waria ado nian yeee he..he..he, sorry intermezo be yo.

  30. Brutus said

    Berijelah kamu, jeme dusun ! yang jelas kami jeme cine masih gi pacak JUALAN !!! Kami dide majoh BATUBARA, Pajoh lah ole kamu !BALAS, DITUNGGU.

  31. Tolong Minta Email PT. Bara Alam Utama. Kami Masyarakat Lahat yang mempunyai minat. Terima Kasih

  32. natha said

    Semoga dengan cadangan batubara 2,9 miliar ton tersebut bisa meningkatkan kesejahteraan warga kabupaten Lahat, bukan meningkatkan kesejahteraan para pejabat setempat maupun pemilik KP serta kroni-kroninya.

  33. Nia said

    Kalau ada yang punya email utk perusahaan yang mengolah Batubara tersebut, mungkin bisa di info karena dengan demikian akan banyak pencari kerja yang bisa memasukkan lamarannya, karena banyak para lulusan Tambang UNSRI yang melanglang buana ke Kalimantan, kenapa para SDM tsb tidak membangun Sumatera Selatan khusus nya Lahat ini?

    Saya saja kalau memang bisa pulang kampung, lebih baik kerja di Tambang Batubara di Lahat saja dari pada harus ke kerja di Tambang Batubara di Kalimantan Timur.

  34. Ripi besemah said

    ape masih ade kesempatan kandik purta daerah,kalau ade lowongan tolong di informasika dekit?

  35. usman said

    Dasar jeme cine keparat katek persaaan kisetlah ke negare kamu cine sane ngape cari makan ke indonesia.

  36. agiel said

    kira-kira penduduk/putra daerah asli sana,besar gak lowongan kerjanya??????

  37. rio said

    Dimana pada PT. Batu Bara kab. lahat dan sekitarnya ada lowongan kerja untuk putra-putri seganti setungguan ini. tolong diumumkan kalau ada lowongan buat pneerimaan kinerja baru. terima kasih.

  38. imank said

    profesional kerja harus di utamakan dan imbangi dengan pembangunan terutama didaerah setempat…smoga kota lahat tetap indah…

  39. Juli Supriyadi said

    Potensi batubara di lahat memang sangat besar. Saya kelahiran Lahat ada tidak lowongan untuk produksi management efficiency

  40. susi said

    Empai nemu situs ini ……..
    yang pasti segale sesuatu itu pasti ade timbal balik nye, tapi yang paling penting pacak merusak pacak pule ngiluinye, pacak ngambik jangan pule segan ngenjuk, terutame untuk pemugaran lahan apelagi makiniaghi dimane-mane bencana jangan sampai keserakahan segelintir manusie merugikan banyak manusie lainnye. la banyak contoh kasus seperti lumpur Lapindo, tanah longsor dimane-mane, ape lagi di daerah muara enim kalu dik salah la ade pule semburan lumpur. cintailan alam dan sebaliknya alam juge akan bersahabat dengan kite.
    Selamt dan sukses untuk masyarakat kab LAHAT. (Susi-kikim timur)

  41. ku dengaghi unek-unek kamu nich la sampai ke ubun ubun. tapi disini pacak kite ambik kesimpulan
    1. Masih Ade Budaye ( Sape Nak idup tarik nyawe dewik dewik )
    inilah budaye yang merusak jeme kite khususnye jeme lahat. karene yang pacak begawe di
    batubara Lahat hanye jeme yang ade koneksi. Masalah Kompetensi dan Kemampuan nomor sekian.
    Cube kite telaah sape bae yang ade ilmu ngaghi kemampuan pastilah dide keterime kalu dide
    bedie jeme dalam. kene disini ade faktor kekeluargaan mpuk sape bae dide kenendulukan jeme
    lain selain keluarge dekat kudai. diakui atau dide itulah budaye kite yang dik pacak
    dilengitkah. la pacak dikacei jeme kite akan menjadi penonton bae dide ka jadi pemain

  42. ERLAN said

    nama saya erlan sering dipanggl edo,saya anak johan zarnubi biarpun keluarga saya berada tapi saya tdk pernah ditawrin pekerjaan dan saya sangat kecewa dengan mamang saya sendiri biarpun mamang mantan dpr tapi mamang burzah tidah pernah yang namanya menawarkan pekerjaan untuk saya. kalo sama orang lain mamang burzah baik bgt bahkan dibantuk untuk meleluskan pekerjaan.begitu juga de ngan bapak bupati lahat waktu itu saya dan orang tua saya pernah datang tapi katnya polpp dirmanya disruh tgg setelah 1 jam kemudian pak wari berkata dengan polppnya ktanya disruh ketemu dikantor tapi apa kenyantaanya saya dan orang tua saya dari jam8 pgi sampai jam 4 sore tidak ketmu juga dengan bapak wari tersebut padahal maksud kedatangan sya itu adalah untuk mencri pekerjaan.tp apalah arti semua itu bapak wari sudah berubah dan tak mau kenal dengan kelurga bapk bursah .dia sudah lp dengan bapak wari tersebut,jd kesimplanya bapak wari itu sombong dan anggkuh……………..tlng bagi siapa yang membaca ini tlong dimsukan koran lahat supaya media surat kabr bersih tegas dan adil……..buat pak wari jan lemak dewek kalo mskn orangn kerja jagn pakai duit ya……ntar dikira korufsi lagi………. dan jaNGAN disebelah keluagaNYA saja yang bekerja dikantor bupati…….ENTR DIDEMO ORANG

  43. ERLAN said

    salm saja dengan bapak wari bupati lahat………….jagn lupe dengan kelurga burzh zarnubi

  44. ERLAN said

    pak bupati tolongsn luaskan dunia kerja lahat supaya pengangguran dilahat tdk bertambah dan mengurangi pengangguran…………salm kenal saYA EDO

  45. hengki said

    hanya satu saja comment dari saya : memberikan lapang pekerjaan itu memang baik tetapi sesuai tidak dengan kemampuan pruhaan tersebut jangan memberikan gaji yang tidak sesuai dgn kebtuhan apalagi hanya digaji pas2an sedangkan pruhaan yg bpak2 tuan2 yang pimpin sangatlah bsar keuntungnnya pikirkan pekerja2 tuan2 jangan hanya di jadikan hewan pliharaan yang sudah tidak berguna dibuang saja blaslah kringat orang dengan sesuai,OK.

  46. rafly said

    cak mano caro kerjo tambag di lahat, ngape blm maksimal eksploitasi dan loadingnya, terutama tambang PT. BME dan & transpotirnya dengnan manajemen PCM yng AMBURADUL mnyesangrakan si tuan armada

  47. yho said

    ADE RASE BANGGA SEKALIGUS SEDIH JADI JEME LAHAT….
    BANGGA TERNYATE DUSUN AQ NIE NEGKASNYE KAYE NAW…
    SEDIH KARNE KITE JEME LAHAT NIE LA DIBUYANI OLH PEJABATNYE DEWE’ DGN INVESTOR LUAR… BUKTIKALAH OMONGAN AQ NIE KELE.. LAHAT ( LIANG LAHAT PASTI JD KENYATAAN )

  48. ari said

    pesan buat bpk aswari selaku bupati lahat supaya bujang gadis lahat,dapat bekerja di daerah ya sendiri dng mengurangi pengangguran,tidak melang lang buana smbil mengabdikan diri k negri sebrang,klu ado lowongan krja d daerah sendiri knp hrus k laen……

  49. Rudi said

    mau nanya nih kapan ya, BL menerima pembukaan pegawai baru ?
    saya tamatan SMK PGRI 2 LAHAT jurusan Otomotif dan memiliki sertifikat dari BLK lahat jurusan yg saya ambil Otomotif (mobil bensin)
    email : rudiseptian455@gmail.com

  50. novri said

    saya setuju saja apa yang di lakukan pemerintah.tp saya sebagai putra asli merapi barat yang sudah berdomisili selama 20 tahun terakhir.saya ingin memberi masukan hendaknya masyarakat sekitar jangan dijadikan penonton saja..
    terima kasih

  51. Dedi Ulak Pandan said

    kite harus bijak to pembangunan lahat, kite same2 memantau semua perusahaan tambang di lahat, yang merusak lingkungan dan ekosistem langsung ditutup…kongkalikong pejabat n pengusaha harus diungkap…maju terus lahat….tapi bukit serelo (bukit tunjuk) jangan diganggu….

  52. SYAROFI,S.H.,M.Kn said

    Dalam negara yang maju, dalam hal ekonomi secara universal, tentu akan di ikuti dengan style maupun gaya hidup pada masyarakat tsb. tetapi untuk satu daerah yang maju dalam hal ekonomi tentu akan di ikuti oleh perekonomian masyarakat daerah tersebut. pada kesempatan ini saya sangat berharap kemajuan ini juga sangat berdampak, pada masyarakatnya, sehingga akan mengangkat ekonomi rakyat, dan ini adalah merupakan gerbang, bagi masyarakat lahat untuk menjadi maju baik maju pada bidang ekonomi maupun pendiddikan, untuk itu pergunakan kesempatan ini agar masyarakt tidak lengah agar supaya kehidupan hanya sebagai penonton. manfaat kan waktu dengan efektif dan bertindak pada hal yang positif, agar kita menjadi orang yang pandai dan cerdas dimasa mendatang.

  53. hulubalang said

    as,sudah saat nya qta harus bijak menilai apa yang telah dilakukan pemerintah,terutama dalam aspek untuk hajat orang banyak dan qta masyarakt harus optimis dan memandang hal yang positif kedepan nya selagi kebijkan itu berpihak kepada kemakmuran bersama,qta masyarakat sudah seharus nya memdukung membantu dan me4mantau jaln nya ekplorasi dan okploitasiu itu terutama untuk kemakmuran dan meningkat kan taraf hidup yang layak di kabupaten lahat..tidak seharus nya qta saling debat tapi pikirkanlah jalan tebaik nya untuk bersama’..mulai dari diri qta keluarga qtya jadilah masyarakat yang baik..

  54. Inggita Bachsir said

    ehhhmmm… maaf sebelumnya??? saya mahasiswa dari Universitas Brawiya Malang_jawa timur.jurusan Fisika Instrumentasi dan Pengukuran.

    begini, saat ini saya butuh banget batu bara, buat analisa skripsi,saya akan membelinya. klo pacak tolong isi pesan saya dibalas ke email saya. inggitaihp@gmail.com..

    terima kasih

    • m. aris sandi said

      kalu perlu batu bara, cari be dijalan-jalan sepanjang jalan lintas sumatera dilahat ini, dak usah beli nian. soalnyo mubil angkutan batu bara muatannyo banyak nian. aku kinak kemarin, ditambahnyo papan didinding mobiltu…jadi wajar be kalau banyak batu bara yang brjatuhan.

  55. Parades nafoleon , said

    Saya lulusan D III teknik pertambangan batubara POLTEK AKAMIGAS PALEMBANG ,Kira2 ada lowongan gak ,tolong d informasikan , terimakasih
    email ra.did@yahoo.co.id

  56. dian said

    dampak dari pertambangan batu bara dilahat sudah sangat terasa….jalan lahat palembang tembus 10 jam…karena jalan rusak parah…..

  57. ali said

    alangkah bijaknya apabila perusahaan tambang yang mengeksploitasi lingkungan suatu daerah agar memperhatikan dampak lingkungan yang ditimbulkannya. Tidak hanya dapat mengambil dan merusak, tetapi juga dapat memperbaiki dan menimbulkan kesan positif pada lingkungan sekitarnya(mungkin seperti perhatian lebih kepada sektor pendidikan dan kesejahteraan penduduk). menurut saya, hal ini belum sama sekali terlihat pada banyaknya tambang batubara dan minyak bumi di daerah lahat yang tidak selaras dengan berkembangnya kesejahteraan penduduk dan juga tidak terlihat perhatian terhadap dunia pendidikan/sekolah yang berada di sekitar.

    dampak yang paling terang terlihat di tanah kelhiran saya(sebuah desa di merapi timur) adalah kerusakan alam,yang diakibatkan banyaknya tambang yang merambah daerah yang dulunya hutan, tanah pertanian yang semakin gersang karena tidak adanya relokasi terhadap daerah bekas tambang minyak.

  58. AFRYIO said

    HIDUP BATUBARA ,,, GALI TERUS SAMPAI KE PERUT BUMI ,,, BUAT BANYAK ORANG TERGILA-GILA PADAMU WAHAI BLACK GOLD STONE

  59. arief said

    kalau lahat berpotensi memiliki batu bara apakah lowongan kerjanya juga perlu dipotensikan

  60. yayang saputra said

    batu bara di lahat sangat lah banyak tapi kenapa putra daerah lahat banyak yg nganggur ????
    saya berharap supaya pt batu bra bisa mengambil kariyawan putra daera sendiri.

  61. Peno Sukajadi said

    Masih banyak putra2 lahat yang memiliki kemampuan dan kualitas untuk mengisi posisi2 penting di perusahaan batu bara di Lahat, jangan hanya jadi penjaga malam, tukang masak, sopir, dan lain-lain. Bukalah kesempatan untuk putra2 lahat untuk kembali membangun daerahnya…..

    • truk-truk batubara dari lahat merusak jalan provinsi, membuat kemacetan sepanjang jalan indralaya, membuat solat di SPBU habis, seharusnya perusahaan tersebut menggunakan harga bahan bakar industri tapi malah menggunakan bahan bakar bersubsidi di SPBU

    • mclana said

      Setuju, padahal di lahat banyak putra-putra lahat yg lulusan SMK dan Sarjana, tapi itu tadi cuma ada lowongan utk sopir, jaga malam, atur lalin di pertigaan dan tkg bersih jalan raya…. smoga saja perusahaan tambang di lahat membuka kesempatan utk putra-putri lahat, amin

  62. Drs M Angkasa said

    Mohon email PT BATUBARA LAHAT atau Hp Bpk Andi Asmara, Dirut PT BL. Thanks, Angkas

  63. M.ARIF said

    KALAU ADA SPK TAMBANG ATAU YANG MAU JOIN OPERASIONAL DI LAHAT
    HUB:08136663789 AN ARIF.
    TRIMS

  64. M.ARIF said

    BANTU SAYA UNTUK DAPATKAN SPK TAMBANG ATAU JOIN OPERASIONAL DI LAHAT

  65. mogerz said

    masih ada kah lowongan batu bara di daerah lahat palembang…. info nya donk kalau emang ada lowongan nya …..

  66. baim said

    Adakah lahan batubara yg mau di jual di daerah lahat??? untuk proyek PLN cp baim08974454386

  67. bella said

    tolong diingat agar investasi batubara jangan merusak lingkungan yang asri selama ini. Jangan2 beberapa tahun lg gunung serelo yang jadi icon lahat, sudah rata sama sekali. Tinggal malapetaka saja yang didapat oleh rakyat lahat.

  68. yuni mayasari said

    :: ada lowongan kerja gak ???

  69. Mohon penjelasan untuk kecamatan kikim timur, nama nama pt.yang akan beroprasi?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: