infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

PT ATS Siap Diambil Alih PDAM Tirta Musi

Posted by infokito™ pada 12 Februari 2008

Rencana PDAM Tirta Musi Palembang mengambil alih (take over) manajemen PT Adhya Tirta Sriwijaya (ATS) disambut baik pihak perusahaan. Meskipun begitu, pihak PT ATS meminta PDAM menempuh prosedur yang tepat.

Manajer Umum PT ATS Mugiarto mengatakan, pengambilalihan manajemen serta konsep jual beli merupakan hal yang umum dilakukan. Namun, saat ini pihaknya masih terikat kontrak kerja sama dengan pemerintah provinsi tentang pengelolaan air bersih untuk wilayah Talang Kelapa dan sekitarnya hingga 20 tahun ke depan.

”Kami tidak ingin wanprestasi melanggar nota kesepahaman ini. Permasalahan ini terlebih dahulu harus dibahas bersama antara ATS, Pemkot, Pemprov, dan PDAM,” kata Mugiarto Senin (11/2) kemarin. Dia menjelaskan, bila PT ATS di-take over, akan berpengaruh terhadap kinerja karyawan yang berjumlah 38 orang dan para pelanggan. Pasalnya, saat ini pelanggan yang telah dikelola ATS berjumlah 8.500 pelanggan dengan berbagai wilayah jaringan.

Distribusi ATS, mulai dari wilayah perumahan Talang Kelapa, Maskarebet, Talang Buruk, Sukarami hingga Kebun Bunga. ”Adanya take over bisa berdampak positif atau juga bisa berdampak negatif,” ujarnya.

Menurut Mugiarto, ketertarikan PDAM untuk mentake over PT ATS bukan dikarenakan kondisi keuangan atau kinerja PT ATS yang memburuk, tetapi terlebih untuk mengejar target PDAM dalam memenuhi sambungan pelanggan hingga 80% tahun 2008. Dari posisi keuangan, pada 2007 PT ATS membukukan keuntungan hingga Rp2 miliar dan dapat dikategorikan cukup baik.

”Kami melihat proses ini cukup panjang, tetapi kalau pemkot bisa melakukan lebih cepat, itu lebih baik. Hal ini akan berdampak positif bagi kinerja perusahaan,” imbuhnya.

Saat ini, PT ATS baru memiliki empat water treatment plant (WTP) skala kecil yang berlokasi di Talang Kelapa. Masing-masing memiliki kapasitas sedot, mulai dari 130 m/detik, 2 x 50 liter/detik, 20 liter/detik, hingga 10 liter/detik.

Sementara itu, Direktur Umum PDAM Tirta Musi Palembang Syaiful DEA mengaku tertarik untuk men-take over PT ATS. Pihaknya tengah mempersiapkan dana dan manajemen sehingga layanan akan lebih baik lagi. ”Kita siap untuk membelinya. Saat ini, dana yang tersedia sekitar Rp4-5 miliar,” katanya.

Namun, jelas Syaiful, yang terpenting bagaimana seluruh warga Kota Palembang dapat menikmati air bersih. Untuk itu, PDAM terus menambah boster di beberapa kecamatan. Saat ini, prioritas pengembangan investasi PDAM, selain di water treatment plant (WTP), baru AAL dan WTP Kertapati, juga di Kalidoni, IT II, dan Plaju.

”Kita targetkan pada tahun ini warga di Kec Alang-Alang Lebar dapat menikmati air bersih. Karena kita sudah membeli tanah seluas 6.000 m3 di Jalan Soekarno Hatta untuk dibangun boster,” ungkapnya.

Wali Kota Palembang Eddy Santana Putra mengungkapkan, saat ini pemkot dan PDAM tengah melakukan nego harga dengan PT ATS. Bila PT ATS ingin menjual Rp3-5 miliar, pemkot siap membeli. ”Kita siap beli. Saat ini, kondisi PDAM sangat baik,” ungkapnya. (siera syailendra/SINDO)

12 Tanggapan to “PT ATS Siap Diambil Alih PDAM Tirta Musi”

  1. yadi said

    kalu sudah dikelola PDAM pasti airnya macet macet macet … . Jangan cak kepacaan. Yang pacak ngalirke air 24 jam cuma ATS. ATS oke !!!!

    • nasution said

      Hallo ATS, ngapo pelayanan kalian akhir2 ini sangat mengecewakan warga vila gardena dan sekitarnya. Pressure airnya sangat kecil dan sering mati. Kalau hidup airnya keruh dan banyak endapan berbau dan berasa. Ada apa sebenarnya ini ?? kalau memang kalian tidak sanggup melayani pelanggan lagi ya sudah tutup aja dan serahkan dg PDAM. Sudah tarifnya mahal pelayanannya buruk, kami sangat kecewa. Tolong tanggapi keluhan kami ini sebelum kami melakukan somasi. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan trims.,..l;l

  2. Mak Uwok 15 said

    Klo Sriwijawa Air bisa di Take Over,Brapa downpaymentnya?
    Data semua aset berupa barang Sriwijawa Air dapat dipublikasikan tdk?
    Knp dulu waktu saya tawarkan penawaran tinggi(BINTARO Jl.Pondok Betung,Banten),tak diambil penawaran tertinggi saya dibanding dgn semua orang yang berani menawarkan?Sekarang nyesel khan???

    Oce,salam za ma dewan komisaris pemegang saham kalian.

  3. Nisbi said

    Rada aneh sebenarnya jika PDAM mau ambil pengelolaan yang sdh dilakukan ATS, biarlah mereka meneruskan Investasinya. Jangan sampai pengambilalihan ini akan menimbulkan citra buruk Pemerintah Propinsi Sumsel yang seolah tidak mendukung investasi di Sumsel (Konon cerita ada saham asing di ATS dari Inggris atau Belanda gitu). Nanti bisa seolah menjadi kontra produktif terhadap kebijakan Pemerintah dimana saat ini sedang gencar mengundang investor asing.

    Sejauh ini layanan yang diberikan ATS cukup baik tinggal kontrol saja dan berikan target pelaksanaan investasinya untuk mendukung program 80% kota Palembang terlayani air bersih kalau itu menjadi tujuan.

    • nasution said

      Hallo ATS, ngapo pelayanan kalian akhir2 ini sangat mengecewakan warga vila gardena dan sekitarnya. Pressure airnya sangat kecil dan sering mati. Kalau hidup airnya keruh dan banyak endapan berbau dan berasa. Ada apa sebenarnya ini ?? kalau memang kalian tidak sanggup melayani pelanggan lagi ya sudah tutup aja dan serahkan dg PDAM. Sudah tarifnya mahal pelayanannya buruk, kami sangat kecewa. Tolong tanggapi keluhan kami ini sebelum kami melakukan somasi. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan trims.,..

  4. Renaldo.SH said

    PDAM tirta musi kok dak pernah mengadakan Rekrutment pegawai baru..?? sesalu main orang dalam.

  5. Renaldo.SH said

    PDAM tirta musi kok dak pernah mengadakan Rekrutment pegawai baru..?? selalu main orang dalam.

  6. nasution said

    Hallo ATS, ngapo pelayanan kalian akhir2 ini sangat mengecewakan warga vila gardena dan sekitarnya. Pressure airnya sangat kecil dan sering mati. Kalau hidup airnya keruh dan banyak endapan berbau dan berasa. Ada apa sebenarnya ini ?? kalau memang kalian tidak sanggup melayani pelanggan lagi ya sudah tutup aja dan serahkan dg PDAM. Sudah tarifnya mahal pelayanannya buruk, kami sangat kecewa. Tolong tanggapi keluhan kami ini sebelum kami melakukan somasi. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan trims.

  7. BONDAN said

    SANGAT SETUJU BILA ATS DI BELI OLEH PDAM, KAMI WARGA KEBUN BUNGA TEPATNYA DI DEPAN IGM SUDAH 15 HARI INI TIDAK DAPAT AIR DARI LEDENG ATS, SANGAT MERUGIKAN KAMI SEBAGAI PELANGGAN, PELAYANANYA SANGAT BURUK. (ATS = AIR TAK SAMPAI). SUDAH LAPOR 5 KALI TETAP AJA TIDAK ADA TANGGAPAN, SEHARUSNYA PERUSAHAAN AIR SWASTA PELAYANAN LEBIH BAIK DONG.

  8. BONDAN said

    KAMI SEBAGAI WARGA BERTANYA-TANYA KAPAN LEDENG ATAS HIDUP LAGI, TIDAK ADA MASALAH YG TIDAK BISA DISELESAIKAN DI DUNIA INI, ASAL ADA NIAT PASTI ADA JALANNYA, JANGAN DI DIEMKE BAE KAMI, KL DIEM ITU ARTINYA MATI, APA SUDAH MATI SEMUA PEGAWAI ATS?????

  9. Wibowo said

    Alhamdulillah kini pelayanan ATS sudah sangat baik, boleh dikatakan 24 jam. Ayo pertahankan pelayanmu, Bravo ATS.

  10. gie said

    kecewa pada pelayanan kita warga gardena hill sudah dikecewakan dikarenakan tidak ada pemberi tahuan sebelumnya dan juga akan sampai kapan air kembali mengalir
    \

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: