infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Silsilah Keturunan dan Asal-Usul Nabi Ibrahim AS

Posted by infokito™ pada 18 Januari 2008

Ensiklopedia
Silsilah Keturunan dan Asal-Usul Nabi Ibrahim AS, Bapak dari 18 Orang Nabi
H. Muh. Nur Abdurrahman

Tokoh sentral dalam upacara ritual Ibadah Haji dan upacara Qurban adalah Nabi Ibra-hiym AS, ibunda Hajar dan Nabi Isma-‘iyl AS. Pelaksanaan Ibadah Haji yang antara lain dinyatakan dengan gerak fisik merupakan napak tilas ketiga orang tokoh sentral itu.

Tawaf 7 kali dengan arah yang berlawanan dengan jarum jam jika dilihat dari udara, adalah napak tilas Nabi Ibra-hiym dan Nabi Isma-‘iyl ‘Alayhima sSalam pada waktu membangun kembali Ka’bah yang dibangun oleh kakek dan nenek kita Nabi Adam AS dan Hawa.

Pada zaman Nabi Ibra-hiym AS hanya tinggal bekasnya berupa dasar Ka’bah berwujud tanah yang ketinggian. Nabi Ibra-hiym AS mengenal tempat bekas bangunan itu atas petunjuk malaikat Jibriyl. Kedua ayah dan anak itu pada waktu membangun kembali Ka’bah 7 kali mengelilingi hingga selesai membangun.

Sa’iy, berjalan dan berlari 7 kali pulang balik antara bukit Safa dan Marwah adalah napak tilas yang dijalani ibunda Hajar berlari-lari di antara kedua bukit itu 7 kali untuk mencari air.

Melempar jamrah di Mina (dewasa ini biasa pula diucapkan dengan Muna) adalah napak tilas melempar setan yang mencoba menghalangi pelaksanaan qurban, yang akhirnya Allah menyuruh ganti Isma-‘iyl dengan domba.

Menyembelih binatang qurban adalah napak tilas pelaksanaan qurban tersebut, yang bermakna bahwa betapapun juga pentingnya tujuan yang akan dicapai tidak boleh melecehkan apapula membunuh nilai kemanusiaan.

Dalam Al Quran disebutkan nama 25 orang nabi. Tetapi itu tidaklah berarti bahwa nabi-nabi hanya sejumlah 25. Sebelum Nabi Muhammad SAW, Allah mengutus nabi dan rasul kepada setiap bangsa. Nabi Ibrahim AS adalah bapak dari 18 orang nabi, yaitu Nabi-Nabi: Isma-‘iyl, Isha-q, Ya’quwb, Yuwsuf, Ayyuwb, DzulKifli, Syu’aib, Yuwnus, Muwsa, Ha-ruwn, Ilya-s, Ilyasa’, Da-wud, Sulayma-n, Zakariyya-, Yahya, ‘Iysa ‘Alahimu sSala-m, RasuluLlah Muhammad SAW.

Berikut ini disajikan silsilah keturunan Nabi Ibra-hiym AS.

Nabi Ibra-hiym AS(6) mempunyai 3 orang putera, yaitu Nabi Isma-‘iyl AS(8) beribukan Hajar, Nabi Isha-q AS(9) beribukan Sarah dan Madyan (bukan nabi), beribukan Katurah.

GENERASI PERTAMA SESUDAH NABI IBRA-HIYM AS

  1. Nabi Isma-‘iyl AS menurunkan: Haidar – Jamal – Sahail – Binta – Salaman – Hamyasa – ‘Adad – ‘Addi – Adnan – Ma’ad – Nizar – Mudhar – Ilyas – Mudrikah – Khuzaimah – Kinanah – Nadhar – Malik – Fihir – Ghalib – Luaiy – Ka’ab – Murrah – Kilab – Qushay – ‘Abd.Manaf – Hasyim – ‘Abd.Muththalib – ‘Abdullah – NABI MUHAMMAD SAW(25).
  2. Nabi Isha-q AS mempunyai 2 orang putera yaitu Isu (bukan nabi) dan Nabi Ya’quwb AS, kemudian bernama Isra-iyl, sehingga keturunannya dinamakan Bani Israil.
  3. Madyan menurunkan: Nabit – Iya – Syafun – Nabi Syu’aib AS(14) (menjadi mertua Nabi Muwsa AS(16))

GENERASI KEDUA SESUDAH NABI IBRA-HIYM AS

  1. Isu menurunkan: Anwas – Nabi Ayyuwb AS(12) – Nabi Dzu lKifli AS(13)
  2. Nabi Ya’quwb AS, (Israil) mempunyai 12 orang putera, dan dari ke-12 orang ini terbentuklah 12 suku Bani Israil. Yang disebutkan di sini hanya 4 orang di antaranya saja, yaitu yang menjadi nabi dan mempunyai keturunan nabi: 1. Nabi Yuwsuf AS(11), 2. Lawi (Wardun), 3. Yahuza (Ra’sun), dan 4. Bunyamin.

GENERASI KETIGA SESUDAH NABI IBRA-HIYM AS

  1. Nabi Yuwsuf AS mempunyai tiga orang anak. Ketiga anaknya tidak ada yang menjadi nabi.
  2. Lawi (Wardun) menurunkan: Kahis – Yashar – Imran. Adapun Imran mempunyai 2 orang anak semuanya menjadi nabi, yaitu Nabi Musa AS (keturunannya tidak ada yang nabi) dan Nabi Ha-ruwn AS(17). Adapun Nabi Ha-ruwn AS menurunkan: Izhar – Fanhas. Adapun Fanhas ini berputra 2 orang yaitu Yasin dan Ukhtub. Yasin memperanakkan Nabi Ilya-s AS(18), sedangkan Yasin memperanakkan Nabi Ilyasa-‘AS(19).
  3. Yahuza (Ra’sun) menurunkan: Baras – Hasrun – Raum – Umainizab – Yawksawn – Salmun – Yu’ar – Ufiz- Isya – Nabi Da-wud AS(20) – Nabi Sulayma-n AS(21)
  4. Bunyamin menurunkan: Abumatta – Matta – Nabi Yuwnus AS(15)

Silsilah selanjutnya dimulai dari Nabi Sulayma-n AS yaitu:

GENERASI KE-14 SETELAH NABI IBRA-HYM AS
Nabi Sulayma-n menurunkan: Raji’un (Roboam) – Ababa (Abia).
Adapun Ababa memperanakkan Sahfasat dan Radim.
Sahfasat menurunkan: Salum – Nakhur – Shadiqah – Muslim – Sulaiman – Daud – Yaksan – Shaduk – Muslim – Adam – Yahya – Nabi Zakariya AS(22) – Nabi Yahya AS(23).
Radim menurunkan: Yahusafat – Barid – Nausa – Nawas – Amsaya – Izazaya – Au’am – Ahrif – Hizkil – Misyam – Amur – Sahim – ‘Imra-n – Maryam – Nabi’Isa AS(24).

Selanjutnya akan disajikan silsilah asal-usul Nabi Ibra-hiym AS.
Silsilah ini menanjak ke atas hingga Nabi Adam AS(1).
Nabi Ibra-hiym AS – Tarikh (Thara) – Nakhur – Sarugh – Urghu (Ragau) – Falikh – Abir – Syalikh (Sala) – Finan – Arfakhsyadz – Sam – Nabi Nuwh AS(3) – Lamik – Matusalkh – Mahanaukh (Enoch) – – – – – – – seterusnya, berapa jumlah generasi antaranya hanya Allah Yang Maha Tahu – Yarid – Mahkail – Qinan – Anwas – Syisy (Seth) – Nabi Adam AS.

Sebagai tambahan, dari Yarid hingga sejumlah beberapa generasi ke bawah – Yardukil – Nabi Idriys AS(2).

Adapun Sam selain memperanakkan Arfakhsyadz juga memperanakkan antara lain Iram, Amu dan Kursyun.

Iram menurunkan: ‘Aush – Ad – Khulud – Riba – ‘Abdullah – Nabi Huwd AS(4) – Haran – Nabi Luwth AS(7).

Amu menurunkan Tsamud – Hadzir – ‘Ubayd – Masih – Asif – Ubaid – Nabi Shalih AS(5).
Kursyun menurunkan: San’ar – Kana’an – Namruwj, yaitu raja yang membakar Nabi Ibra-hiym AS. WaLlahu a’lamu bishshawab

[H.Muh.Nur Abdurrahman]

(*) Dari “Handbook” (tulisan tangan yang beraksara ‘Arab dan Lontaraq), Kitab Warisan dari Kakek saya Opu Tuan Imam Barat Batangmata.

42 Tanggapan to “Silsilah Keturunan dan Asal-Usul Nabi Ibrahim AS”

  1. Guntar said

    Terima kasih informasinya. Saya simpan. semoga nanti akan bermanfaat :)

  2. ok banget tu

  3. Salamun said

    Assamualaikum,
    Terima kasih pemaparan silsilah Nabi Ibrohim AS yang lumayan detiel. Namun ada yang menjadi ganjalan Kami, dan ini merupakan naluri ingin tahu. Bisa akhi kiranya menampilkan sumber makalah ( maraji’ ) dari mana ? Jadi informasinya ilmiah.Karena ini mengurut keturunan yang memakan waktu yang sangat panjang. Sukron.Akhi. Jazakumulloh.

  4. [H.Muh.Nur Abdurrahman]

    (*) Dari “Handbook” (tulisan tangan yang beraksara ‘Arab dan Lontaraq), Kitab Warisan dari Kakek saya Opu Tuan Imam Barat Batangmata.
    :)

  5. Meskipun baru tahu sekarang,informasi sejarah ini sangat bermanfaat.Apalagi kalau ada tahun-tahun yang berkaitan Hijriah dan Kalender biasa; Jadi lebih runut antara sejarah dengan fakta.Terima kasih untuk penjelasannya.

    • Sebagai tambahan dari saya.

      wah, susah juga permintaan Bu/Mbak Tri Kusmiyati. Penanggalan itu sendiri kan ciptaan manusia dimana di dalamnya ada sistem penanggalan yang berbeda-beda. Di dunia ini ada berbagai sistem penanggalan, baik berdasarkan sistem matahari (Syamsiyah) maupun sistem bulan (Qomariyyah). Penanggalan Masehi dibuat Romawi yang konon didasarkan pada kelahiran Kristus, Hijriah ketika terjadi Hijrah, penanggalan Cina, penanggalan Maya, penanggalan Hindu dsb.

      Jadi apabila disebutkan Nabi A selama sekian tahun hidupnya, yang digunakan itu sistem penanggalan apa ? Umur saya aja akan berbeda apabila dihitung dengan sistem penanggalan Masehi maupun Hijriah.

      Apabila dosertai dengan tahun, maka bisa-bisa harus mengambil referensi dari semua peradaban yang pernah ada sampai kurang lebih 5000 tahun !!!! Luar biasa puyengnya.

      Tapi, jazakillah Akhi atas info-nya.

  6. yudhi said

    Asslmlkm wr. wb.
    Syukron y ats infonya, saya sangat tertarik mmplajari sjarah Islam trutma sjarah para Anbiya’. Slain sangat mnarik mmplajari sjarah Islam InsyaAllah dpt mngktkn keimanan dan kcntaan kita trhdap Islam, amin allahumma amin.

  7. irfan fakih said

    Assalamu alaikum
    Terima kasih informasinya, sangat membantu Ana untuk menyusun dan sekaligus membuat struktur/bagan untuk memudahkan Ana mengetahui jalur keturunan mulai A samai Z, InsyaAllah kalau sudah jadi Ana akan sebar luaskan ke Antum semua, belakangan ini Ana menyusun Bagan silsilah dari Nabi Isma’il AS sampai pada Imam Al Mahdi.
    Kalau ada yang berminat silakan hubungi alamat email Ana.

    Wassalamu alaikum.

    Irfan Fakih.

  8. […] saja mereka (P.H,I) paham bahwa mereka berasal dari garis keturunan yang satu (nabi Ibrahim)http://infokito.wordpress.com/2008/01/18/silsilah-keturunan-dan-asal-usul-nabi-ibrahim-as/ yang bertuhankan satu Tuhan,Allah Yang Maha Esa (Q.S. 46/17), lahir dari bumi yang satu, dan berasal […]

  9. getdesk said

    jadi ini karangan Opu Tuan Imam Barat Batangmata ya?
    terus Opu Tuan Imam Barat Batangmata tahu dari mana.

  10. doni.band said

    terima kasih

  11. dwi said

    maaf , kalo boleh minta silsilah nabi adam sampai syu’aib ya . makasih ..

  12. dwi said

    maaf kalo bisa post silsilah nabi adam sampai syu’aib ya ..
    makasih ..

  13. ikhwan said

    Bismillah…

    setahu saya;
    1. Zakaria AS adalah seorang Imam, dan seorang Imam pastilah keturunan Harun AS, kemudian Amram, termasuk seterusnya ke Yahya AS.
    cerita diatas, didasarkan ketika Zakaria AS, berdoa meminta seorang keturunan.
    Bliau berdoa di Mihrab…
    (Bait Sulaiman atau ex. Bait Sulaiman), dan hanya keluarga Imam yang bisa keluar masuk ke Bait dengan leluasa.
    2. Termasuk didalamnya Mariam binti Imron yang merupakan sepupu Elizabeth (isteri Zakaria AS, bunda Yahya AS)
    di Quran diceritakan Zakaria yg menemui Maryam yang memperoleh makanan dari Sorga.
    Maryam ketika ditemui tersebut berada di Mihrab…
    3. Termasuk cerita…
    “hai saudara perempuan Harun….”

  14. wahyu said

    siapa nama ibu dari nabi ibrahim as
    tolong bantu!!!!

    saya dapat pertanyaan dri anak murid saya

  15. SARMAN MULYANA, S.H. said

    BERGUNA BAGI PEMAHAMAN SEJARAH….. TAPI APAKAH INI AKAN TERKAIT NANTINYA DENGAN ADANYA PERSELISIHAN ANTARA BANI ISRAIL DENGAN PALESTIN?

  16. trims infonya, insya Allah bermanfaat

  17. anton said

    Abraham di asuh oleh inangnya bernama Maraha

  18. jundi said

    izin copas ya bang…

  19. siapakah ank nabi ibrahim as
    hingga nabi muhammad?

    JAWAB YA……………

    • Pruti Yiki said

      Ga jelas. Karena yg terkenal adl nabi2 dr keturunan Isha-q yaitu nabi2 bani israel. Berarti agama Yahudi, Islam n Nasrani memiliki banyak nabi2 yg sama. Aneh ya?

  20. rafi said

    Makasih banyak ya~>buat ngerjain pr agama islam hihih|

  21. Riansyah said

    trimakasih atas catatan ini…moga bermanfaat yang tiada terputus

  22. Riansyah said

    Jangan ada suara kalau syair ku sedang bicara,karna syair ku lngin memutar balik cakra dunia,kenapa orang bijak bicara dengan jemawa “tidak ada yang abadi dijagat raya ini kecuali ketidak abadian itu sendri”,padahal duka hidup ku abadi luka hatiku abadi pagi mengusir malam siang menghardik embun dendamku pada kamandanu juga abadi,begitu juga dendam ku pada narsih juga abadi

  23. Zazha said

    Bukan kah nabi isya tdk punya bpk mungkin jga bsa d katakan kturunan siti maryam dan maryam kturunan nabi.

    • Pruti Yiki said

      Kalaupun Siti Maryam itu nabi, kok bisa ya hamil tanpa bantuan laki2? Kenapa nabi Isya begitu unik ya kelahirannya? Apa ada nabi nabi lain yg seunik nabi Isya?

      • Bonbon said

        semua nabi punya keunikan (mukzizat) masing-masing contohnya Nabi Adam Tidak mempunyai Bapak dan Ibu dan SIti Hawa mempunyai Bapak Tapi tak mempunyai Ibu dan Banyak lagi keanehan yang dimiliki oleh para Nabi dan ketururnannya.Itu semua adalah kuasa Allah Bila ia mengucapkan Jadi Maka jadilah. Allah tuhan yang maha tunggal tidak ada satupun mahluk yang menyerupai.

  24. Pruti Yiki said

    Aneh ya? Kok nabi nabi agama Islam kebanyakan sama dengan nabi nabi Israel? Seharusnya, nabi nabi agama Islam dari keturunan Ishma-lyl. Kok aneh ya?

    • Bonbon said

      pada dasarnya agama wahyu (samawi) terbagi menjadi tiga Yahudi,nasrani (kristen) dan salem (islam) masing masing saling melengkapi.contoh : perjanjian lama disempurnakan menjadi perjanjian baru untuk meberi bimbingan dan peringatan kepada bani israel karna terjadi pertentangan,isi kitapnya dirubah menurut keinginan masing-masing murid isa (rasul kristen),lalu diangkatnya Nabi isa (yesa atau Yesus menurut penyebutan lidah orang roma dan yunani)oleh kaisar bizantium (kaisar konstantin)menjadi tuhan putra matahari untuk menarik bangsa roma menjadi penganut kristen dan kurang berhasil menyadarkan bani israel sebagai tujuan utama,maka turunlah kitab furqan (al’quran) sebagai penyempurna dari kitab terdahulu dan isinya menerangkan bahwa nabi isa bukan tuhan cuma sebagai utusan tuhan sama halnya seperti nabi muhammad.dan intinya adalah mulai dari jaman nabi Adam sampai Nabi muhammad tuhan cuma satu yaitu Allah (AL- ILLAH ,TUHAN YANG MAHA ESA/TUNGGAL).Saya bingung kalo misalkan tuhan nya tiga nyebutnya Trilah.

  25. Rudy pribadi said

    Tlg trs cri tau sjarh pra nbi biar smua umat tau kbnaranx…

  26. Ridho said

    siapa nama ibu nabi ibrahim saw

  27. WaN Nee said

    Antum2 nie. Tnye ler pd Allah Yg Maha Mengetahui. Al-Quran akan menerangkan segala2nya seizin Tuhan.

  28. Arun raysen said

    Bukannya Imran dan nabiZakaria bersaudara mohon penjelasan

  29. dawalri said

    tlg kirim ke akun sy donq…..

  30. kok gak ada pengertian asal usul nabi ismailnya? kan gue butuh pengertian tentang asal usulnya. ah gak asik nih.

  31. hidayat said

    aku pingin tahu sumber sirah nabawi / hadits yang valid tentang keturah, istri ibrahim as yang ke tiga. jzkmllh.

  32. rumadi said

    salam, luar biasa infonya.mudah2an ini bisa menjadi info awal saya utk tahu labih jauh ttg silsilah para nabi. mohon ijin utk ambil tulisan dan sy coba diskusikn dan share kan dg lainya.

  33. 33. Nah ini baru generasi yang hidup dapat menghargai jasa para Nabi dan sangat luar biasa…semoga menjadi amal shaleh, amiin

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: