infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Wisata Danau Ranau

Posted by infokito™ pada 25 November 2007

Danau Ranau merupakan danau terbesar dan terindah di Sumatera Selatan yang terletak di kecamatan Banding Agung Kabupaten UKO Selatan (dahulu masuk dalam wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu). Berjarak sekitar 342 km dari kota palembang, 130 km dari kota Baturaja, dan 50 kilometer dari Muara Dua, ibu kota OKU Selatan, dengan jarak tempuh dengan mobil sekitar 7 jam dari kota Palembang. Sementara dari Bandar Lampung, danau ini bisa ditempuh melalui Bukit Kemuning dan Liwa. Secara geografis, danau ini terletak di perbatasan Kabupaten OKU Selatan Propinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Lampung Barat Propinsi Lampung.

Danau Ranau yang mempunyai luas sekitar 8×16 km dengan latar belakang gunung Seminung (ketinggian ± 1.880 m dpl), dikelilingi oleh bukit dan lembah. Pada malam hari udara sejuk dan pada siang hari cerah suhu berkisar antara 20° – 26° Celsius. Terletak pada posisi 4°51’45” bujur selatan dan 103°55’50” bujur timur.

Menurut legenda yang ada, danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung berapi itu kemudian menjadi sumber air utama yang mengisi cekungan/belahan itu. Dan lama-kelamaan lubang besar itu penuh dengan air. Kemudian di sekeliling danau baru itu mulai ditumbuhi berbagai tanaman, di antaranya tumbuhan semak yang oleh warga setempat disebut ranau. Maka danau itu pun dinamakanlah Danau Ranau. Sisa gunung api itu kini menjadi Gunung Seminung yang berdiri kokoh di tepi danau berair jernih tersebut.

Pada sisi lain di kaki gunung Seminung terdapat sumber air panas alam yang keluar dari dasar danau. Di sekitar danau ini juga dapat ditemui air terjun Subik. Tempat lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Pulau Marisa yang terletak tidak jauh dari air panas.

Kami, satu rombongan, menyempatkan menginap di wisma VARITA Pusri yang terletak di tepi danau Ranau ini. Tempat yang strategis untuk menikmati keindahan danau ini. Sayangnya, pengelolaan danau Ranau sebagai aset pariwisata dirasa sangat kurang. Beberapa infrastruktur pendukung, seperti akses jalan dan listrik, belum memadai.

Foto-foto berikut kami ambil ketika berada di kawasan danau Ranau ini.

[ Lihat Foto-foto ] « Klik di sini

Halaman: 1 2 3

155 Tanggapan to “Wisata Danau Ranau”

  1. fadil said

    sory boss aku ngseve sikok poto pusri
    aku dak sempat balek motonyo

  2. Joni Mardani said

    TQ Bos, terobati dikit rindu nyo dengan kampung halaman, Aku kebetulan asli dari ranau lahir di Simpang Sender, sekarang cari makan di Kepulauan Riau ( Pulau Bintan )sejak 13 th yang lalu.
    Maju terus OKU Selatan..!! Kami mendo’a kan agar kamu sejajar dengan Kabupaten lainnya di Indonesia terutama di bidang Pariwisatanya.
    Wslm.

  3. thatha said

    sbnrnyo danau ranau tuh keren abiz…
    g klh sm danau2 lainnya yang ada di Indonesia
    tp syg…kurang terawat

    cuma mo ksh saran be, klo bs sih dilesatarikan n diperbaiki lg keindahan di danau ranau.
    setidaknyo biso jd obyek wisata menarik yg ado di plg.

  4. itachi said

    danau ranau tu sbnrnyo keren tp syg masyarakat dak terlalu mprhatikan jdnyo bnyk sampah di pantainyo apo lagi yg di dekat pasar banding.

  5. saya sebagai putra daerah ranau sangat kecewa dengan bpk muhtadin…
    kenapa skr danau ranau malah dijual pihak lam-bar,knp tdk oku selatan???????
    jikalau saja kita pintar mengelola danau ranau,daerah tsb akan menghasilkan lumbung uang bagi oku selatan.
    susah kalau bupatinya tidak paham ilmu pemerintahaan
    saya seorang mahasiswa ranau di yogyakarta….sangat kecewa sekali dengan bpk tsb,
    JANGAN HANYA BISA MENAMBAH KEKAYAAN D YOGYA SAJA….RUMAH 4,MOBIL 4
    anda telah gagal melayani masyarakat oku selatan,khususnya RANAU

  6. Anak Negeri said

    saya putra ranau yang lahir dan besar di jakarta. kakek nenek saya asli ranau. mari kita bersama sama memajukan danau ranau sebagai maskot daerah tujuan wisata di daerah lampung dan sumatera selatan. banyak hal yang dapat dibuat untuk mewujudkan pemikiran tersebut. buatlah lomba perahu bidar antar kecamatan di daerah sekitar itu. setiap tahun. mungkin awalnya dapat mulai dilaksanakan pada peringatan kemerdekaan negeri kita tercinta. even lainnya wisata perahu. tentu saja K3 ( keselamatan wisatawan ) harus di nomor satukan. dengan pembentukan penyelamat pantai. yang dapat di rekrut dari putra putra daerah setempat yang pasti jago dalam berenang. dengan awal yang sukses. maka para investor lain akan melirik daerah tersebut. yang otomatis akan mensejahterakan rakyat setempat. masih banyak hal hal lain yang dapat di perbuat/dilakukan untuk memajukan danau ranau. untuk bertukar pikiran. saya bersedia sukarela membantunya. majulah danau ranau tercinta. majulah negeriku tercinta INDONESIA.

  7. geta said

    danau kito tu bagus………….
    selain klg yg buat motivasi aq balex,
    danau kito jugo yg buat kangen.
    kalu aq balex pasti turun ke bawah,
    kebetulan aq lahir di sp.sender.
    alhm4JJ1 aq numpang idup di lam-teng.
    tq dulur – dulur yg masih sering di danau,
    tlg di rawat be……….thx.

  8. m2okus said

    danau ranau idak bakalan maju dikernakan bupatinyo idak ngerti apo2. apo lagi kepala dinas pariwisatanyo asalnyo guru idak ngerti di bidangnyo taunyo ngajar tapi idak becus di jadikan kepala dinas paawisata oleh tadin. di kernakan dio timsuksesnyo tadin waktu nyalon bupati. oku selatan kabupaten tertinggal dikernakan guru di jadikan camat dan kepala dinas bukan ahlinya. bahkan okus kekurangan guru.

  9. ihwan said

    prospek pariwisata danau ranau sangat menjanjikan bila ditunjang dengan pasilitas yang memadai seperti akses untuk menuju daerah tersebut pengelolaan aset wisata menjadikan area pertanian sebagai objek wisata dll.namun sangat disayangkan pasilitas yang sudah ada tidak terawat dengan baik spt lapangan terbang airrupik dan yang lainya, kurangnya promosi dan dinas pariwisata yang selalu ingin membengkakan perut sendiri.tolong dong koleksi potonya ditambah spt pulau mariza way pans dll.MEK SAMPAI DITUJUAN KEKMEK PANDAI RANG RANG
    JAWOH RANG-RANG KIDANG INGOK DI PEKON
    PEKONLOM GEDUNG TUHA
    KUDO MINAK
    GUPUR BALAK AWAK
    TIRAM NI ALLOH MUDEPAK

  10. Hepy yandra said

    Huiii mong adupai nyawako pemerintahanno…
    listrik ram ranau goh maseh mati urik..
    setiap kemajuan itu membutuhkan fasilitas penunjang. Begitu juga kemajuan danau ranau. salah satu fasilitas penunjang itu adalah adanya Listrik. Kita bisa lihat setiap teknologi modern seperti komputer, internet, hanphone, TV, dan lain2..pasti membutuhkan tenaga listrik sebagai sumbernya..
    Sedangkan pasokan Listrik di daerah Ranau saja masih kurang. Buktinya kadang hidup kadang mati.. kalau hiduppun cuma malam dari jam 17 sampai jam 07..
    Bagaimana Ranau bisa terus maju… kalau fasilitas penunjang untuk MAJU itu kita masih kurang!!!!!!
    saya pernah dengar ada pejabat mengatakan kalu sum-sel itu lumbung energi, sekarang kita lihat keadaan danau ranau, apaitu terbukti….?????????!
    LISTRIK BUKAN HANYA MEMBERIKAN CAHAYA PADA GELAPNYA MALAM,
    TAPI JUGA MEMBERIKAN CAHAYA PADA KEHIDUPAN MASA DEPAN….

  11. ryki.jeck said

    pejabat yg ado di ranau tu.dakkatik kepacaan

  12. wong duaro,simpang said

    pesan aku samo,wong pln,yg ado,di basistu,tlg listrik jangan idupnya begilir kalu mesinyo rusak dandani kamu,jangan besak kelakar bae.

  13. harapan ku smoga dengan adanya pemekaran baru ini dimana OKU selatan yg telah menjadi kabupaten,,,bisa terus mengembangkan potensi2 yg ada untuk kesejahteraan penduduk nya…..jujur aja sebagai orang ranau sangat mendukung jika ada nya priogram2 pemerintah yg bisa memberikan kesejahteraan pada masyarakat OKUS khusus nya…

    aq setuju dengan pendapat WONG DUARO,SIMPANG….tolong listrik segera dibenahi karena persoalan ini dah berlarut2 dari tahun ke tahun tp sampai sekarang belum jg ada pembenahannya,,,,,
    moga pihak2 yg berwenang n bertnggng jawab supaya tanggap dengan masalah ini…

    kasian ga ram listrik maseh gileran,,,,,,,

  14. Hepy yandra said

    Wuiiiiiii…didengisko keti mawek cawa sekam ji Pejabat?Wat cuping mawek?

    listrik kito tu susah nian,cubolah para pejabat tu ngatur makmano caronyo… itulah tugas kamu tuu.
    Dak do otaknyo, nak ku pinjami otak po?

  15. 5u$aNa (b4sis) said

    nyakji asli sp. sender, danau ranau dijaga k pandai aja’i kntek2 diperantauan mri pandai bahwa danau ranau helau, indah mek kalah dibandingko rang lain.jlmani sikop2, baek2. sayang gawoh dinas PU mek jak sa promosikan danau ranau…….cuba kek jaksa pasti nangon adu helau tambah helau….

    “lam sayang bwt abay”

  16. reza said

    hepi,homsir,geta,theny,jeck,susana……dll
    adu pai,acak ikin comment dja :)
    api ambeh ni d dengi pejabat kam no..ana nga isini jelma mwk ngerti tentang strategi ilmu pemerintahaan
    acak ram kik wat uneg2…ngicik di fs ranau gwh yu….

    kita smua cinta DANAU RANAU

  17. Meghanay Lawang said

    hahaha
    pandai nihan puari2 ku ji cawa
    pokokni, adu injuk cawani jelma se jak nutuk penataran P4 di LEMHANAS hehehe
    payu amon reno dang lupa jama Ranau yuu…
    ingok kon tahi gandamu
    hehehe ^_^ V

  18. Wrisaba said

    Ass. makaseh sunyin” ni puakhi ku di perantauan, pada intini keti” perhatian lawan masalah” di ranau ji, tapi keti dang pesimis ga, yakin goh, suatu saat pasti maju, ajo nyak pak skam dija mek ngdok warnet ya.. maseh dapok main internet. skali lagi makaseh lamon”. ke keti tikham, kirim goh khasan ati keti mit email ku jarawrisaba@yahoo.co.id atau mit email skula skam di sman2_bda_okus@yahoo.co.id pasti ku balosi. salam di keti unyini. jak meranai tunggu pekon. Wrisaba Ranau.

  19. djblogger said

    saya akan meluncur kesana….

  20. Wahyu Surono Cemong said

    Danau ranau masas kecilku, emang saya bukan penduduk asli ranau, tetapi anak saya blasteran jawa ranau penerus perjuangan anak negeri” 1. MAHESWARA PRASTIWI (13 TH) 2. RONDHON ARJUNA PRASBOWO (9 TH) 3. RESTRIARAVIRIANTY DEWI PUSPANINGRUM ( 3 TH), BANGGA MEMILIKI GUNUNG SEMINUNG DENGAN CERITA SI PAHIT LIDAH DAN SI MAT EMPAT, APA LAGI KALAU TUJUAN WISATA KE 17 DANAU RANAU NAN MOLEK ITU MENDAPAT PERHATIAN, SEHINGGA DAPAT MENAMBAH PENGHASILAN UNTUK APBD KABUPATEN OKU SELATAN DAN MASYARAKAT SEKITAR DANAU RANAU.Ada satu hal yang menarik dari tidak berkembangnya dunia pariwisata yang mempunyai potensi besar dalam menghasilkan uang, masyarakat adat belum siap dengan perkembangan zaman Contoh Soal :” Dikecamatan Banding Agung tidak ada berdomisisi orang CHINA ” disamping itu Dinas Pariwisata kurang optimal menggelar pesta budaya. Semonga ini bukan sekedar harapan…………. Salam Tikhram jama minak muakhi jak pekon pinggir Way Ranau……..

  21. Sebenarnya saya belum pernah melihat danau ranau secara langsung, hanya lewat acara di televisi. Tetapi saya langsung tertarik ingin pergi ke sana. Ini saya jadwalkan dalam agenda saya jalan-jalan yang entah kapan akan terlaksana. Saya seperti terhipnotis . suasana yang damai membuat saya berpikir kalau danau ranau adalah pilihat tepat. Meskipun jauh dari tempat saya ( saya berada di Jember-Jawa Timur) tapi saya sangat berharap suatu saat nanti saya dapat mewujudkan impian saya untuk pergi ke sana. Agar dapat melihat secara langsung keindahan danau ranau. Doakan yaa….

  22. pertama kali denger ‘danau ranau’ dari temen2 dikampuz.. kaya’ na seru abiz dech…dari situ kami (imel m vika )coba cari2 info tentang danau ranau itu…ternyataaaaa ‘it’s very beautiful n amazing….pemandangan na masih alami n lum terjamah… jd terinspirasi tuk k sna p lg m klrg or someone special may be… kaya na nie tempet wisata yang gak boleh jauh dari daftr tmpet vocation…

  23. aprian said

    bagus sekali foto-nya.. jarang bisa liat kampung di Internet.. pengen rasanya balik memberikan yang bermanfaat buat kampung kito ini.. tapi susah juga kalau infrastruktur di kampung kito rusak:
    1. trasfortasi buruk
    2. keamanan buruk
    3. pendidikan buruk
    4. sumber daya energi buruk
    5. telekomunikasi buruk

    kalau saja pemerintah daerah lebih berani ber investasi mungkin banyak orang pintar kito yang merantau balik membangun kampung..
    – buka jalur penerbangan ke danau ramau
    – buat pembangkit listrik tenaga air
    – pendidikan gratis
    – dll

    sorry kalau panjang, hidup sriwijaya FC.. he..he..

  24. Oliver said

    Duuuh…, abis baca semua artikel di atas… Pastinya gw dan rombongan Turing…, TIDAK JADI KE DANAU RANAUUUUU…. bbeeeeeh…

  25. emara_now@yahoo.com said

    ass, nyak juga jelma khanau,, kidang numpang hukhik di tangerang,,
    tnyata lemon juga jelma khanau di forum inji, nyak wat usul nyani komunitas khusus ranau dunksss, milis ato api ya gawoh,, di tunggu info ni ya,, sapa se dapok nyani ko ni.. tq sunyini,,

  26. tamong lefi...simpang said

    kapan uii….RANAU listrik 24jam?????

    sapa ya gawoh guburnur ni kanah aga…. syahrial atw alek nurdin

    pokok ni maju ko keti ranau sekam

    awas kik mawek….. :)

    aga kudo keti sekam ranau kanah nyani propinsi diwik???

    halok keti setuju kik nyak sai jadi guburnur ni RANAU

    heheheheeeeeeeeeeeee

  27. Angel said

    Kalo saya naik mobil dari Jakarta ke danau Ranau, sebaiknya lewatin kota mana saja ?
    THanks

  28. tamung BELANGKON said

    untuk angel
    kalunak kedanau ranau,mampirdulu kerumahkito.di duaro
    kagek kuantarkankau.nakkemano bae
    naik mobil RI dari bekasi,turundi duaro.tanyokan bae BELANGKON

  29. alex nurdin said

    yes…yes….
    akhir nya eke menang nek !!!!!

    buat orang ranau dimana saja anda berada
    jangan takut”saya berjanji akan membuat danau ranau tujuan wisata
    ni 1 d sumatera”(dr pd helmi yahya..sok-sok an ngomong internasional)

    dari ujung banding agung sampai kota batu akan saya sulap seperti di
    san marino,USA

    tapi yang centeng2 ranau tu jangan ngacau..ok

  30. H. Aidil Fiqri said

    Assalamualaikum…

    Danau Ranau yang indah tapi tidak didukung infrastruktur yang baik, sayang sekali potensi yang besar tidak tergarap dengan baik. Ini tanggungjawab kita semua terutama Pemerintah Daerah baik Kabupaten dan Provinsi. Saya usul (mungkin sama dan pernah diusulkan yang lain) sbb :
    1. Jalan Provinsi Baturaja-Ranau sudah selayaknya di lebarkan harus lebih baik dari jalan Batas Sumsel/Lampung ke Liwa.
    2. Pastikan tidak akan pernah penangkapan ikan dengan racun atau peledak.
    3. Ikan semah secara besar-besaran dibiakkan sekarang sudah sangat langka termasuk mujair yang dulu besar-besar berwarna kehitaman dan kedua ikan tersebut sangat lezat. Saat ini di pasar kalangan justru banyak ikan laut yang tidak segar… ironis.
    4. Listrik ? Kapan lumbung energi jadi kenyataan… bukan Ranau saja yang mati hidup tapi Sumsel seluruh padahal Batubara dari Sumsel yang menghidupkan Listrik Jawa-Bali. Ironis…Jadi di Sumsel harus ada investasi besar-besaran di bidang listrik dengan menggunakan sumber energi yang ada spt. Khusus di OKU Selatan manfaatkan Batubara yang ada di sekitar ulu ogan dan batas lahat-Muaraenim, Energi Gas yang melimpah di Sumsel, Solar Cell dan Energi Air untuk sekala kecil, di Ranaupun bisa dulunya bisa di Air Selabung.
    5. Fasilitas Wisata harus dirawat (sekarang tambah tidak karuan). Dermaga, Speedboat, Mess PU Bina Marga, Mess POLRI semakin tambah jelek sejak tahun 70-an sampai sekarang tidak direnovasi total.
    6. Jaga kawasan hutan (Catchment Area) sekitar Danau Ranau dengan jelas dan tegas yang melibatkan seluruh masyarakat dan aparat secara terusmenerus dan dibudayakan untuk menjaga kelestarian D.Ranau itu sendiri dan sumber air bagi jutaan manusia yang memanfaatkan air D.Ranau mulai dari Belitang sampai Lampung untuk irigasi.
    7. Tekan tingkat kriminalitas ke angka mendekati “Nol”. Tugas aparat dan seluruh lapisan masyarakat, tapi yang perlu tindakan bukan retorika dan Polisi di Ranau harus lebih baik kesejahteraan maupun disiplin agar sigap dan tidak makan sogok.
    8. Kembangkan wisata lain seperti buah-buahan, di ranau dari dulu hanya alpukat sekarang malah tambah kurang.
    9. Wisata sayuran dikembangkan, dulu terkenal dengan terung Ranau yang manis dan segar sekarang malah agak langka.
    10.Event-even olah raga alam baik tingkat daerah maupun Nasional digalakan kembali di Ranau sperti dulu ada lomba Offroad. Bisa dibangun fasilitas Olah Raga lain spt. Track Motor Cross, Sepeda Gunung, Offroad, Go Cart, ATV. Fasilitas air spt : Jetski, Banana Boad, Paralayang dll. Fasilitas OR lain spt Sepak Bala, Tenis, Bulutangkis, Volley Pantai dan Volley biasa dengan mutu yang memadai untuk even Nasional. Juga usul Wisata Petualangan (Adventure Offroad) ke arah Telanai dan Mekakau Ilir tembus Pulau beringin atau ke arah Gunung Raya dsb.
    11.Agrobisnis lain yang menunjang ekonomi dan wisata dari dulu Kopi, Tembakau, Kayu manis perlu dikembangkan lagi karena dari dulu sampai sekarang tetap menguntungkan.
    12.Jaga kebersihan Danau Ranau dari berbagai kotoran seperti pelastik dsb, juga keindahan Desa/Kota Banding Agung, Kota Batu dll dengan kerapian kota dengan jalan yang hotmix, trotoal dan penghijauan kota di tepi jalan baik pohon maupun bunga.
    13. Camat sebagai pimpinan dan pemimpin di Ranau sebaiknya yang punya komitmen kuat dalam pengembangan wisata di Ranau. Harusnya seorang yang Inovatif, Tegas, Wibawa, bermoral baik untuk jadi contoh dan dapat dukungan kuat dari Pemerintah Kabupaten. Meskipun memang wisata Ranau bukan hanya tanggungjawab seorang Camat dan Masy Ranau saja tapi Pemda OKUS dan Pemprov Sumsel, tapi Camat harus jadi pelopor dan pejuang tanpa lelah memperjuangkan dana pembangunan agar untuk Ranau baik dari Pem OKUS, Pemprov Sumsel bahkan Pusat. (ini semua bukan untuk dikorupsikan atau ada titipan).
    14. Pengembangan mental spritual seperti pengembangan Agama Islam, bagusnya Bandar Agung, Sp. Sender, Kota Batu dijadikan pusat kajian Islam melalu Pesantren Modern dan semakin mengedepankan
    cara-cara Islami di Masyarakat dan aparat pemerintah sehingga tidak ada terdengar lagi kasus Tuju (Santet), Racun dan Hamil pra nikah akibat adat Sesiahan yang disimpangkan.

    Demikian usulann saya. Sekedar info saya dulu sekolah SD sampai kelas 5 di Banding Agung. Ayah saya dulunya Camat di sana dari tahun 1969-1975 (Drs. H.Suhaimi Sai). Ranau adalah bagian dari nostalgia saya, awal pembentukan pribadi selain dari keluarga juga saya lewat guru-guru saya seperti pak Guru Syafri yang banyak membimbing kepemimpinan lewat Pramuka dan guru les Matematika saya sehingga sampai sekarang saya menyukai ilmu Matematika.

    Saya sealu rindu Ranau melebihi rinduku pada asal usul orang tuaku Desa Campang Tiga/Kuripan Kab.OKUT. Salam buat sahabat lamaku yang tidak dapat disebutkan satu persatu, hanya yang ingat spt. ALdi, Damhuri, Wahab, Johan, Fauza,Erri nak Mantri, Hendri, Mawi, Edi Bagol, dll.

    Maaf kalau ada yang tidak berkenan atas ususlan saya diatas.

    Wassallamualaikum…

  31. H. Aidil Fiqri said

    o ya.. ralat teman lamaku bukan Johan tapi Bahar… yg lain belum ingat..

  32. BELANGKON.RANAU said

    camat kita yg adadi ranau…3 kecamatan
    tapi camat nyo,buyan-buyan galo,dakkatik yg pintar.makanya ranau,itu,dak maju maju
    MASAK,DARI GURU,JADI CAMAT

    ANGKUH,SOMBONG,BUYAN………..ITULAH HEBATNYA CAMAT KITO

    DULU BERANGKAT MENGAJAR,NAIK MOTOR.L2 SUPER
    SEKARANG COY,NAIK MOBIL.

  33. tanjung jati,RANAU said

    LOWONGAN KERJA
    ———————
    DIBUTUHKAN….5OOO PENGANGURAN
    JADI ANAK BUAH MUTADIN….BUPATI OKU SELATAN,,,,KABUPATEN YG TERTINGAL
    UTUK JADI .PENGAWAS BURUNG WALET

    PERSARATAN,MINIMAL S,1
    KALUDAK TUKANG OJEK,JADILAH

    PENDAPTARANYA,LANSUNG ANTAR,KE KANTOR BUPATI.OKU SELATAN

    WASALAM…DR,Ir,Hi,MUTADIN SHERAY.MBA.MSC

  34. wahyudi said

    kilau permata,
    anjak bayang way ranau,
    sikam jak sukajaya,
    aga ngajuk keluh anjak mid gubernur.

    pola fikir dari masarakat yang sudah semakin maju,
    menuntut kehidupan yang layak untuk berbudaya.
    kami mayarakat ranau ingin diperhatikan terlebih untuk danau ranau.
    “SARAN”
    kembangkanlah pembangunan yang dasarnya mempunyai potensi(wisata danau ranau.
    YAKUSA

  35. KOTA BATU said

    WAHAI ORANG-ORANG YANG HAUS DENGAN KEKUASAAN MARI BERTAUBAT.
    “SARAN”
    PAK BUPATI.
    TOLONG BANGUN WISATA DANAU RANAU.

  36. cute said

    hey………………..

    hey…hey…
    boleh kasih komentar dikit kan tentang ranau mekipun bukan orang sana???????????????boleh kan,,,boleh donk..ok!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    menurut saya danau ranau sangat indah dan elok sehingga dapat menjadi aset penting buat propinsi lampung tapi sayang………
    sayang banget kurang begitu dikenal,,,nah……….sekarang waktunya kita bersama-sama membangun danau ranau dan pastinya dengan aktifnya pemerintah daerah tersebut.oke………..

  37. ANAK .RANAU.ASLI,TANJUNG JATI .BASIS said

    naggapi komentar jak kota batu

    BUPATI REK WAKIL NINO
    API AMBEHNI KEAGNGON DITIAN.AGA MEMBANGUN WISATA.DANAU-RANAU
    ACAKNITIAN,GURUSI PEROYEK PAY.DUIT NI MBALAK..PEROYEKNO
    MEK GEDOK DI PIKERAN BUPATINO.AGA MEMBANGUN RANAU HUSUSNI…DANAU RANAU

    TELUY HABUNI,TADIN REK WANCIK.

    TAGANDO,KIMEKGEDOK PERKEMBANGAN,,,DANAU RANAU NO

    BEBARONGPAI,RAM GEDUAKON TIAN RUANO (TADIN REK WANCIK) NO

    IN..TADIN NO,,KANGKER OTAK.BALAK TENAI.KENA KUSTA.KENCING MANIS.KOLESTROL.GINJAL.MERAYANG MEK MERUYUH.

    WANCIK NO..BALAK TENAI..HIDRO SIPALUS.(BALAK ULU).KUSTA.KANGKER OTAK.GINJAL.KOLESTROL.

  38. m2okus said

    wajar bae ranau jadi daerah tertinggal. camatnyo bae dari guru/luranyo dari guru kepala dinas parawisatanyo dari guru, bupatinyo tamat Smp. jadi warga OKU selatan lolo galo milih tadin serai jadi bupati. kalu nak tau tadin itu preman jokja kepacaannyo main betino dgn main judi. ijasah palsunyo bae dari bantul jokja.

  39. ANAK .RANAU.ASLI,TANJUNG JATI .BASIS said

    KALUTADIN,2010 NAK NYALON LAGI.JADI BUPATI,KITO BAKARNYO BAE SARANG BURUNG WALETNYO,
    BIAR DIO,BALIK KE JOKJA,JADI GEMBEL.

    BY.MERANAI PENGANGURAN.RANAU SELATAN

  40. ANAK .RANAU.ASLI,TANJUNG JATI .BASIS said

    OKU SELATAN.KABUPATEN BARU BERPOTENSI GAGAL

    MANONAK NAK GAGAL..BUPATI NYO.BUKAN GURUSI.DAERAH NYO
    KEPACAANYO TADINTU.
    1.SAKIT..BEROBAT KESINGAPUR
    2.NGURUSI PEROYEK
    3.NGURUSI WALET
    4.MALAKI.WONG YG NAK,JADI PNS
    5.KORUPSI
    6.TAMAT.SMP…ITU JUGO..IJAZAH.PALSU

    ITULAH,KALU PEMIMPIN KABUPATEN…CUMA TAMATAN..SMP
    WAWASAN KURANG.PENDIDIKAN,MINIM.

    UNTUK.WAK TADIN SERAY
    KALUDAK SANGUP,MEMIMPIN..MENDINGAN KAU.NAI JEMBATAN.MUARA DUA.TU,YO,????
    LONCAT KAU,KE BANNYU,SELABUNG TU.
    BIAR ADO PERKEMBANGAN DIKIT.OKU SELATAN TU….OKE..TADIN,????????

  41. lunti_wai curing said

    waaaah….seru nihan keti ji

    sekendua nutuk butong2 juga ah !!!!!!

    nyak setuju nihan jama keti sunyini,aga perduli jama neram OKUS,khusus ni ranau,,,

    halok bupati rik wakil bupati ni oku selatan(muhtadin/wancik)
    mwk pandai buka internet….jadi mwk dacok ngebaca uneg2 neram sunyini, kuper bgt sih pak anda ber2 :)

    saya saja bisa online dari way curing….makanya blajar biar bisa !!!! jgn cmn leha2 saja

    ini saran saya :
    1. buatlah website khusus ranau,kl gak bisa OKU selatan jg boleh
    2. buat pabrik sebanyak mungkin,biar yg d cileungsi,tangerang,cibinong dll..bisa kerja d ranau gak perlu merantau
    3. semua sekolah d ranau GRATIS !!!!!! MUBA bisa knapa OKUS tidak
    4. banyak2 berdoa smoga kalian ber2 tdk mati masuk neraka,krn mkn uang haram….

  42. ishak juarsah said

    waah…
    sayang bgt ya danau ranau yg nan indah itu, jk jarang di kunjungi oleh wisatawan ,
    ya merupakan kewajiban pemerintah setempat utk memajukanya.
    tapi jk pemerintah hanya termangu saja ….
    seterusnya danau ranau begitu…atau bahkan jadi rusak dehhhh

    Pesan kami yang merantau pak …utk bupati dan wakilnya
    sering-seringlah turun ke bawah tengok keluhan
    masyarakat.
    lakukan perbaikan ….
    tunjukan bapak-bapak itu bener-benar layak jadi pimpinan.

    Dan yang paling penting jangan tergoda dengan utk korpsi…
    nanti Bapak di Datangi KPK lho……

  43. cehak tipe said

    aku jeme kasui lapung way kanan,
    tapi pernah due kali temalam di penginapai
    pinggir danau ranau…
    memeng jujur danau ranau itu ilok nian….alap kalo kate kami ogan
    nah….kalo…danau ranau itu nak lestari dan begune bagi anak2
    cucung kite kelene….
    make ne pak Bupati dan aparat pemerintah setemapt serta masyarakatnye saling kerje same…mirai…gituuuuuu

    dan pak bupati dan wakil…atau sekdanya atau ye laineeee
    jagan koropsi…ye….

    semoge..darau ranau lestari dan ramai di kunjungi wisata lokal dan mancenegare….oke

  44. HOMSIR.SP SENDER said

    kirenodo danau ranau no api ambehni aga diratongi turis,manca negara

    paling banter,manak muary,jak ranau nedo

    sampai,di pusri kanah,ngacau,

    jak lamunni,karcisni,kijak jelmasai ratong

    BY;HOMSIR.ANAKNI HEP.UMPUNI KEMAL

  45. MUARA 2.KISAM said

    TADIN ANAK KAMPANG
    WANCIK ANAK BABI

    KORUP BAE PACAK NYO
    NGURUSI OKU SELATAN.CAKGALAK CAK IDAK
    ITULAH KALU DAK PENDIDIKAN

    KALAH JAUH,DARI OKU TIMUR
    KARNA BUPATINYO.MANUSIA

    BUKANCAK OKU SELATAN.BUPATINYO CAK,KAMBING

    BY.M2.KISAM

  46. KIKI.GURU OLAHRAGA.SD 4.DEPAN KUBURAN said

    PAK,BUPATI,TULUNGPAI SEKAM SAI HONOR DI SD4,JI.TURUNKONPAI SK,SEKAM
    PENGATU NIHAN,

    KIMAWEK,NIKU,,,,,, JADI,GURU OLAHRAGA
    ,KANAH,NYAK SAI JADI BUPATI.

    WASALAM…KIKI.GURU HONDA,,,SD.4.(JABATAN GURU OLAHRAGA)
    DEPAN KUBURAN,SUKARAME
    BUAY PEMATANG RIBU

  47. Wahyu Surono Cemong said

    pun minak muakhi…… minal aidin wal faizin mohon maaf lahir dan bathin 1429 hijriah …….. sekam di rantau ampai aga mulang ki PESONA WAY KHARAU khek GUNUNG SEMINUNG adu ngeratongkon duit bagine APBD OKUS…. He he he

    nyak adu hanipi kapan DANAU RANAU jadi ketikhramane TURIS DOMESTIK khek TURIS MANCANEGARA…………… HALOK NIHAN ?

    SALAM TIKHAM UNTUK SANAK SD NEGERI RANTAU NIPIS ALUMNUS TAHUN 1992 khek SANAK SMP NEGERI BANDING AGUNG ALUMNUS TAHUN 1996

    IDENTITASNYO……: WONG KITA GALO DARI BANDING AGUNG ……..
    PANGERAN CARERA PENYIAR RADIO LISA BANDING AGUNG RANAU
    RON WAHYUDI PENYIAR RADIO MRSI AM 115O CIMONE TANGERANG
    WAHYU CEMONG PENYIAR RADIO MERSI FM 93,90 BANDAR DANGDUT INDONESIA KOTA TANGERANG

  48. aq putra daerah asli lahir dan besar d ranau tamat sms lanjut kul

    d mlang ma mano ranau nak mju klu pemrinth nyo d sno dak pacak

    ngelola dan masyarakat nyo dak njgo .glonyo dak ktik yg becus,

  49. oi ma mno kbr nyo kwan lmo lha lmo kto da btmu sdah rndu

    smo ranau ma mno kbr nyo gank KODOK”rs

    joey kodok
    agus kodok
    nunung congor
    ucok kodok

    ma mno kbr nyo d ranau

    HIDUP SRIWIJAYA FC

    BRAVO LASKAR WONK KITO

    jg sampai kalah

    he…he…he….

  50. Dang lamon muncuh. Mek perlu muncuh ki kham aga bebakhong maju.. Jak kham ji do Q aga maju. Ki kham temon aga maju, sapa keti si di perantauan no, munggak!. Tunjukkon ki keti pandai..mampu..hebat. Di Ranau lamon khang Usaha. Rela keti kudo harta kham di akuk tian terus.
    Ki keti menok Ranau helau, seno harta kham. Jadi kham ji do si ngmemfaatkn ni. Dang pengatu mit khumpok ngurus ni..
    Makaseh.
    Ajad Sukamarga.

  51. susilowani said

    Danau Ranau merupakan objek wisata yang sangat potensial yang mempunyai prospek yang menjanjikan kalau diurus dengan managemen yang baik, saya rasa masalah ini tidak akan selesai dengan waktu yang singkat baik pemerintahn sekarang(muhtadin) maupun pemerintahan yang akan datang (Bupati berikutnya)tetapi semuanya itu akan sangat tergantung kepada pemuda-pemudi sekarang demi kemajuan kota kita tercinta Muaradua (OKUS), maka dari ini mari kita bersama2 singsingkan lengan bersatupadu menghimpun barisan PEMUDA OKUS dengan nama “BAMOKUS” (atau nama lain ini baru wacana)

    kepada para pemuda- pemudi dimanapu anda berada marilah kita bersama-sama berkonsultasi/berembuk untuk membangun kota kita tercinta dengan memberikan ide, pengalaman, pengetahuan yang bermenfaat di forum/blog ini, kami yakin pemuda okus banyak yg kreatif dan pintar sehingga mampu membangun daerahnya kelak dikemudian hari dan mulai sekarang kita berprinsip bahwa pemuda okus dapat lebih maju dan optimis “YANG MUDA YANG OPTIMIS”

    Tolong kirimkan idenya
    tolong kirimkan pendapatnya
    bagaimana baiknya

    kita yakin bahwa okus akan lebih maju dari okut, okus bahkan kabupaten lain kalau pariwisata kita kembangkan secara profesional tapi tentunya dengan dukungan pemkab setempat dengan pemimpin yang berpikiran maju, berwawasan luas, optimis dalam membangun, mempunyai kemampuan melobi yang baik, mampu membaca SDM yang berkualitas, dan mempelajari & memenfaatkan SDA serta mengelolanya secara profesional.

    Maka dari itu dimasa yang akan datang kita harus memberikan dukungan sepenuhnya kepada kaum muda yang mencalonkan diri sebagai pemimpin maupun wakil didaerah kita, dan kita pemuda membentuk barisan muda ini dan kita mendukung sepenuhnya pemuda tsb dimasa yang akan datang “YANG MUDA YANG OPTIMIS”

    kepada Bupati dan wakil bupati yang sekarang
    kepada Bupati dan wakil bupati (2009-2014)
    Kepda Ketua dan Wakil DPR, beserta Anggota
    Kepada Para Kepala Dinas
    Kepada Pejabat Lainnya

    Janganlah jabatan dijadikan sasaran untuk mencari popularitas, kekuasaan, dan materi karena semuanya itu adalah amanah yang ditipkan kepada mu, apa yang dapat kau berikan terhadap daerah jangan kau mengharapakan apa yang dapat diberikan daerah kepadamu, rencanakanlah/usahakan semaksimal mungkin, lobike pemprov agar jalan Baturaja – Muaradua – Danau Ranau agar menjadi lebar bagi kami pemuda itulah modal terbesar membangun daerah,
    permudahkanlah jalan pemuda dimasa yang akan datang agar dapat membangun daerah kita. kami pemuda akan teruskan kenangan yang sangat berharga tersebut.

    “YANG MUDA YANG OPTIMIS MEMBANGUN”
    “PEMUDA OKUS HARAPAN DAERAH”
    “MAJU TERUS DEMI DAERAH”

    oDE bOO Jeme mr2

  52. susilowani said

    Yth. Bapak Bupati OKU dan Wabup Okus

    Seiring dengan majunya persepakbolaan di Sumsel dengan diraihnya double winner, dengan naik tingkatnya ps. palembang dan ps. banyu asin ke devisi I, maka saya mengharapkan kemajuan sepak bola di muaradua, tolong dong bangun stadion sepakbola, bagaimana ibukota OKUS tidak ada lapangan sepak bola, ada satu di bumiagung tetapi dipasang tiang bendera permanen, itu namanya mematikan persepakbolaan, segal sesuatu itu harus dipikirkan dengan matang kalo dipasang tiang bendera carikan temapat lain, masak kala sama lapangan sepakbola sipatuhu

    atas perhatinya saya ucapkan terimakasih

  53. (OM JABAR) security of kt batu said

    MUHTADIN……lagi pusing dio bos,maklum lah jago nyo di pilkada (sahrial/helmi) kalah
    makonyo proyek nyo dak katik yang GOL….
    siap-siap be kau DIN,dak dapat duit lagi(proyek uang)

    sekatini ni gila dang hak temahak ga di duit

    liak nyak ku…cukup seribu-seribu dapet dari angkot spg sender-liwa ,lumayan tik pakai bonding di salon liwa
    heheheheee

    salam jama keti sunyini minak muari di forum sinji jak nyak ku JABAR..
    pasti keti kenal jama nyak kan(api lagi padang2 d kt batu,tkng tektek,rik sbareh ni)
    hahahahaa…..memang eke tukang palak apa nek :)

    udah ah jabar mau bobok dulu nich

    hahahahaaa

  54. MUHTADIN CAK TAI………. DAK PACAK NGURUS DAERAH TURUN BAE KALU DA PACAK TU……

  55. safwan said

    Emang Muhtadin bisa apa dia ?
    oku-selatan-berpotensi-menjadi-kabupaten-baru-yang-gagal..!!

    Baca disini :

    http://sumsel.wordpress.com/2008/02/18/oku-selatan-berpotensi-menjadi-kabupaten-baru-yang-gagal/

  56. HOMSIR,ANAKNI HEP SP SENDER said

    cek aris kiniku aga nyalon angota dewan
    acak duit,mu,acaktirentenir kon gawoh
    temadan,kanah niku kalah
    nomer 11 no sapa say,aga milehni

  57. NUR AZIS said

    Hebat-hebat unyin ternyata,
    mawek kusangka ke jema ranau kritis-kritis.
    salut-lah lawan sunyini..

  58. NUR AZIS said

    untuk kantek-kantek sek maseh tinggal di jogja,
    payu nekram jama-jama memperjuangko
    pengadaan fasilitas asrama untuk mahasiswa okuselatan di jogja.

    2 miliyar dana sek adu tianggarko rek adu ticairko lom APBD 2007,
    khusus untuk pengadaan asrama untuk mahasiswa jak oku selatan di jogjakarta.
    tapi masalah ni samapi detik inji makung ngedok bukti konkrit terhadap asrama heno.
    padahal adu setahun lebeh…

    pikhra kali sekam mencoba mengusut masalah inji,
    mundar-mandir jak jogja lung M2 nanya langsung lawan bupati,,
    ngelapor lawan DPRD… Tapi hasilni maseh nihil..
    sekam cuba ngirim somasi,nota desakan, ngirim muneh lawan KPK, lawan DPR pusat,
    bahkan lawan presiden adu pernah sekam kirimi surat laporan tentang inji,
    Tapi, lagi-lagi nihil…

    sekam bahkan pernah aga di tuntut oleh pak bupati, tapi sekam mawek rabay, karna
    sekam sadar atas api sek sekam perjuangko…

    sekam berani karena sekam ngerasa wat tanggung jawab sosial,
    karena duit 2 miliar no, lain hak cutek, n heno duit, duitni masyarakat oku selatan sunyinni.
    sekam berani juga karena wat tanggung jawab moral,
    karena sekam termasuk warga atau masyarakat oku selatan dalam hal inji ranau.

    lain hak bermaksud sok heroik atau sok-sok-an….
    tapi ke mawek nekhram sapa lagi kantek…

    sekali lagi, lawan kantek-kantek sek jak ranau sek masih tinggal di jogja,
    payu nekram bersatu mengusut masalah sinji samapi selesai…

    SALAM KENAL LAWAN SUNYINNI YU…
    LAWAN DESI, YOk.. RIYADI.. JOHAR… LAWAN HOMSIR (WALAUPUN MAKUNG PERNAH PETUNGGA,PADAHAL BARONG DI JOGJA .. kudo Sir..!)

  59. mekhanai pekhda suka CP3 ranau tengah said

    ass, minak muakhi ranau,khepa pik ni way khanau aga maju kik listrikni kadang mati kadang hukhik, bupatini injuk tahi,

  60. mekhanai pekhda suka CP3 ranau tengah said

    nyak setuju usul ni amara, khepa kek kham marga ranau nyani komunitas khusus marga khanau, kek wat sekpandai tulung sani kopai!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  61. mekhanai pekhda suka CP3 ranau tengah said

    ui bupati dang hak mikerko tenai mu goh,pikerko khepa cara ni nyin okus khususni khanau ji maju,

  62. meranai.kp duku.riki alamsayah said

    pengatunihan.keti sai dirantawan.sumbang ketipai,langar sekamji

    by.kp duku

  63. mekhanai pekhda suka CP3 ranau tengah said

    ui mekhanai kp duku khepa kek gila langgar no senangon kukhang dana nihan do kudo

  64. Assalamualaikum sunyinni.

    untuk alternatif tempat kumpul komunitas anak ranau, coba Download Aplikasi Chatting Mig33 di Hp atau Pc.. disana sudah ada Rum Ranau. oya, nick aku eska_sudrajad. aku tunggu. terima kasih.

  65. taman ali said

    Taman pagardewa berkata:
    payu ana ..merebu do demu. nyak setuju usulan ni merani sukamarga no, sehelauni ram nyani milis di yahoogroups gawoh, untuk mempererat hubungan silaturahmi….. ubat tiram. repa pendapokni puari jak lumpakno…

    by kelapa dua tangerang

  66. Tamong said

    adu pandai cawa unyin puakhi ku ji….
    nyak nutuk kidah..

    jadi kheji, ajo nyak ji buwarah, aga pengatu nihan lwn puakhi se tukang kilu retribusi di pusri, takhu pai se bebudi no.
    keti mansa duit, kidang duit me halal ana!!!

    buyun2 yu…
    ke motor, juk ko karcis motor!
    ke mubil, juk ko karcis mubil!
    dang mubil unyin!!!!

    aga layau nihan keti ji!!!!

  67. meranai tangsi agung.kudan lap camat said

    payu ke khenu puakhi….

    khepa ke usul nyani komunitas no,

    keti se ngerti no uiiii….

  68. Triyanto Pangkalan Bun said

    Jak ujung danau Ranau, teliuh di Way Kanan, sampai pantai Laut Jawao…… kenangan di Danau Ranau Tahun 1991…………….

  69. Luck Tj.Setia said

    pertamo2 terimokasih lah pacak nyingok foto2 danau ranau, lumayan pacak ngobati kangen kampung. abis lah lamo dak balik.
    pesan aku samo kawan2 khususnyo budak ranau, ayo kito samo2 mbangun ranau biar maju.
    klo aku baco berita tntng oku selatan alangkah sedihnyo nyingok tingkah laku bupati samo kroni2 nyo tu, tapi apo boleh buat lah tejadi galo, tinggal makmano kito kedepannya pacak lbh baek….
    klo nak share samo aku, aku disini.. luck_ranau@yahoo.com ym nyo jg samo.

  70. eka hartati said

    wah aq sebagai anak ranau, bangga loh klu danau ranau temapt wisata udh masuk ke internet,,he,,he,,,
    danau ranau itu bagus tapi kurang terawat. meskinya bupatinya tu sadar kalau danau ranau itu bisa
    menghasilkan uang yang banyak bagi oku selatan,he,,,he..

  71. wandi said

    numpang liyu puari…..

  72. kon api kabar.

    ngapi mek pernah nimbul luot.

  73. muli SKM, aga cawa
    Menurutku, Kemajuan daerah tergantung pada Pimpinan dan Masyarakatnya,( dan memang dibutuhkan yang Intelek,Berakhlakul Kariamah dan punya Hati Nurani)jd nyambung….
    untuk Bupati,
    – beri penekannan kepada masing2 camat Untuk meningkatkan Kinerja
    – Jangan KKN N KORUPSI karena g’ bakal maju.
    – Ngangkat Camat harus yang benar-benar Berkualitas kaya’ g’ada yg lain aja, bila perlu data putra daerah yang merantau dan berpendidikan tinggi suruh balek kampung karena para perantau punya banyak pengalaman apalagi jika suaranya disatukan pasti punya banyak ide briliant…
    – terutama untuk camat RANAU U/ 3 WILAYAH, tolong beri iming-iming penghargaan ( kalau g’ salah ADIPURA ) agar mereka giat melestarikan dan menjaga lingkungan dan wilayahnya masing-masing karena sayangkan ..? OBYEK WISATA DANAU RANAU G’ DIJAGA padahal berpotensi menghasilkan pendapatan daerah.
    -Lanjutkan dan teruskan pembangaunan Pembangkit Listrik karena memang kendala diRANAU adalah listrik karena merupakan satu-satunya penunjang segala macam produksi
    -bangun dan buka kembali Bandara Perintis AIRRUPIK, karena para perantau banyak yang ingin pulang via udara, karena Bandara sangat strategis bagi masyarak M2, BtRaja, Liwa dan sekitarnya.
    -Berikan binaan-binaan kepada masyarakat untuk membuat kerajinan dan makanan khas daerah ranau, karena kalau plg kampung bisa bw oleh2 ( souvenir) soalnyo Keluarga Besar dijakarta banyak yang terkenang akan keindahan danau ranau dan ingin kembali lagi,tapi masalahnya disitu kurang banyak Restoran makanan khas Ranau begitu juga oleh-olehnya.
    -Penataan kota diutamakan khususnya di daerah Banding Agung dan Kota Batu terutama pembuangan Limbah mohon untuk tidak dibuang keDanau ( pembuangan WC, dan sampah dibuatkan pembuangan khusus)sehingga pantai akan selalu bersih, kalau bisa dikelola seperti diBALI kalau dah githu….asyiik deh berenang soalnya banyak keluhan kalau pantainya kotoooorrrr.
    -yang harus ni..penghijauan kota dan pinggir pantai soalnya Banding Agung dan sekitarnya GERRRSANGG.Terutam Rumah camat dan mes Pemda Banding G’ kaya’ 20 thn lalu dimana-mana tumbuh bunga….jadi indah nian….apalgi banyak pohon cemara dipinggir pantai jd makin sejukkkk.
    oke..!!!kay’nye ini dulu lain x nyambung lagi

  74. togek api kbh”ni sihat2 gawoh

  75. NUR AZIS said

    Pusing…..
    sebagai putra ranau asli, ngerasa prihatin nihan terhadap kondisi ranau.
    mawek becus ni pemerintah OKUS dalam mengelola pemeritahan ngejadiko sunyini berantakan. api mungkin karna OKUS adalah kabupaten otonom baru, sek lagi masa transisi sehingga wat kewajaran…? sehingga maseh lamon kekurangan..? Tapi, ngapi kabupaten sek bareh walaupun sama-sama baru terbentuk dapok lebih maju.
    bahkan OKUT sek notabene ampai lakher adu dapok lapah, sedangko kab nekram adu saka laher tapi maseh hawilan alias dawel alias cacingan alias busung lapar.

    sebenarni ke kemaluan, ehh…sorry salah sebut, maksudku kemauan, balak becong untuk berdedikasi demi ranau tercinta. Tapi api daya, mungkin nasib makung ngizin ko untuk tinggal di ranau. sementara sinji hanya do’a sek dacok ku dedikasiko untuk ranau, dengan harapan semoga ranau dapaok lebih maju, dapok lapah walaupun lambat, ketimbang tano, sek angkah jalan ditempat.

    CAYO RANAU…:)

    N/B:
    Oya…terlepas jak kicik diatas, tanggal 23 jemoh nyaku aga munggak lung ranau, kedapok ngilu pandai, pira ya ongkos Ranau Indah tano, baik AC atau pun sek Non-AC..? biasalah.. soalni adusaka mek munggak tek….He..He..He…

  76. m2okus said

    ranau tdk akan maju dikernakan camatnya guru SD

  77. tamong duan said

    ngejuk pandai jama minak muari ajo adu wat komunitas jelma ranau asli , kirim email ke: danauranau@yahoogroups.com

    pasti jelam ranau lamon cawa dija salam jak lumpak

  78. Bahas Masalah RANAU dg masalahnya!!, org rantau yg ingok terus jama tanoh kelahiran.. Kenal ke sisranau@yahoo.com

  79. Sanak GEDUNG said

    Yth puakhi2..
    Ki benokh2 aga “ngurus ranau” anjak jaoh, skendua ngundang bhubungan di:
    Sisranau@yahoo.com
    Terutama kantik say jak jogja no,
    Kita penjarakan org2 yg menggerogoti hsl kkayaan RANAU!!, say anjak pekon ampai sani pakhda suka CP3 Pasti khedik lamban ni tamong kemal ya?
    Nyak penasaran jama say nulis muncuh2 jak jaoh ji, nekham anjak jaoh ji do say aga “memberontak” lepas anjak “penjahat2″ say adu mulai aga ngalahkon SDM dg cara pembodohan msyrkt, SDA dg cara menjual hasil BUAY PEMATANG RIBU RANAU

  80. Aktifis RANAU said

    Sepakat…, sanak GEDUNG kanah nyak mid email mu YA!!!
    jadi dang kham muncuh-muncuh jak jaouh gaoh kidang nyelesaikon masalah mak pandai..
    nekham kukhuk kon di ubak pejabat-pejabat say ani lamon nganik duit ni rakyat no..
    bila perlu nekham koordinir muli mekhanai, ulun tuha, dall. untuk berangkat mid ktr BUPATI, nekham DEMO ya…
    “RANAU BUKAN UNTUK DI CACI MAKI, TAPI KITA CARIKAN SOLUSI, KITACARIKAN PEMIMPIN YANG SANGGUP UNTUK MEMIMPIN RANAU YANG KAREKTERNYASEPERTI TULISAN-TULISAN DI ATAS”..
    trims..

  81. mekhanai pakhda suka cp3 ranau tengah said

    untuk sanak gedung ya lamban ku senangon khedik lamban ni tamong kemal nyak ji umpuni

  82. tamong duan said

    kik… wat bukti sai otentik sai nyimpang tulung kirim kon di email: danauranau@yahoogroups.com. insya allah sekam sai aga menyelesaikonni….

    lamon jelma ranau sai adu jadi pejabat di jakarta ji aga nulung

    pejabat KPK, BPK, PPKP, Kehakiman, Kejaksaan, Kapolres, gelukkon sekam proses

  83. Sanak GEDUNG said

    Utk tamong Duan:
    Api buktini sai dapok d buktiko bhw niku pok lain kroni ni PENJAHAT JABATAN ji, apilagi niku pok d jkt sp pandai? Nyak stuju injuk ani aktifis RANAU adu skiriman email sekam, utk mnylsaikn MASALAH hrs brsatu, sai lg “hangat2″ ni d Ranau tanno skndua pandai jak media jg, kidang tano lg skndua susun mdh2an bln ji slsai, sai khadu ilung media massa ni Sumsel kidang me’ngedok gaung ni pecak ni..

    Utk mekhanai Cp3, brarti nekham kenal? Salam jama udo EKA ke niku d ranau, niku umpu ni se sepa?

  84. HENDRIYANTO said

    Temon kudo ana tamong duan dang kik caknyo bae ani bahasa ram sa, kik temon payu kidah, cuman dang kik injuk sai adu ditinjuk-2 KPK udi, gara-garani ampai dibekomi tian pitis cutik na hak khilaf he he he.
    semoga Tamong Duan dacok jadi Pendekar Keadilan penerus Sepahit Lidah, api sai dicawako langsung masin, lain hak bebudi’an kodo, …. kapan-kapan mulang wui mit Ranau Menjair Kumbang adu kalah jama Iwa Nila aku minta solusi, he he he…..

  85. Udo said

    Nikeu ni wat-wat gawoh….. Nyak tujah nikeu na’en…..

  86. mekhanai pekhda suka CP3 ranau tengah said

    yu knh ku slam ko lwn udo

  87. Mekhanai subik said

    Sapa niku sanak gedung?

  88. Luck Tj.Setia said

    Sapa niku sanak subik?… dipa niku tano?…
    peh gham ngbrol2 kidah.. wat ym mu mwk?…
    aju saka mek ngbrl2 lawan seghanau..jd tigham…
    bls mit email ku ya?…
    luck_ranau75@yahoo.com, ym jg gegoh.

  89. pemerhati said

    gimana ranau mo maju!!!
    hanya pinter ngomong doang, orang ranau_nya..
    gak ada yang berani!!!
    khabay jama tian pok jak bimbin….

  90. tamong duan said

    uii… sanak gedung….. kik niku aga buktini bahwa sekam jak jakarta ji nulung ngemajukan ranau….. sekam radu ngebangun masdjid tanjung jati ranau.mulai jak nol. sekam adu ngejuk percontohan pengelolaan Biji Kopi mulai jak basoh sampai jadi kopi bubuk di Way Rupik cuba lulehkon jama jelma way rupik, mesinni sekam adu tikeniko 7 macam, tinggal keti pekonji sai nguruskonni , in niku pandai sampai jadi Oku selatan ji atas perjuangan / rik gagasan sekam di jakarta adu beberapa pertemuan,udi camat oku selatan di kakak ku, jadi adu pai hak lamon ga teori sai di sani no makngedok gunani, tanno bukti, rik jama, cawa ni udo no aga nujah, adu pai ana mawek kik reno ni jelma ranau sa ( Pagas) , ikin hak turut ngomentar kik mawek ngedok kelebehan. tong kosong gawoh….

    sebetulni …. nyak… wat rencana… agak nyani Ranau khususni ranau selatanji… ngedok listrik siang malam. dengan memanfaatkan panas bumi gunung seminung dan adu diteliti bahwa paling potensial, nyak adu ngedok investorni karna adu jak diteliti oleh peneliti BPPT dapok nihan tisani Pembangkit Listrik tenaga panas Bumi. tinggal menjalin Mou jam Pemda setempat.

    kidang induh…nyak bupikir kik masyarakat ranau ji sifatni injuk sanak gedungno sunyini. acak hedakkon gawaoh…..
    tamong duan kecewa….

    mulani….. bergaul buka wawasan…..

  91. Sanak GEDUNG said

    Weeeh tamong duan ji pebutong rupa ni ya!..
    Ampai kenal namo gawoh adu aga magas!! Injuk pak angkah d tanjung jati gwh sai wat mesjid, ki lumpak mid gedung wat telu mesjid d gedung, pak sai juga mek ngedok sai ngedenyak kon ni, krn memang utk UMUM MUSLIM..
    Menghayal aga ngeletusko gunung seminung boleh2 saja, ki sekam jak lumpak ji wat rencana aga ngelangok ko way ranau di, wat emas ni d tinggalko sipahit lidah tumbay kidang lupa ya nyawako tebong ni mas no jeno..
    MEMBANGUN, bukan tugas msyrakat kecil inju

  92. Sanak GEDUNG said

    k khakhu sanak GEDUNG ji, adlh tugas pemerentah yg sdh d prcyakn msrkt miskin utk mnjalankannya!
    Injuk kantik jak jogja no, mah sampai mid msyrkt yg mbthkn..
    Pemerentah HARUS brpihak kpd msyrakat ranau yg d bodohi dan d bantu ketika akan “NYALEG” saja! (Ada kepiat d balik peyek?)..
    PEMIMPIN yg baik hrs bisa&mau d koreksi, ki pubutong,pemagas,mrendahkn org lain,hny mnganggap diriny yg paling BENAR,mnggap paling brjasa,buntak pekhambuk…
    L A Y A WW!!

  93. Sanak GEDUNG said

    RANAU adlh trdiri dr msyrkt yg majemuk pemikiran,pndidikan.. d butuhkn PEMIMPIN yg brpihak kpd msyrakat, kipak lamon duit ku ku tabohk2 ko d ranau ji, klu tdk d dukung PEMIMPIN\PEMERINTAH yg bagus, induh gaya ni minan..
    Hanya akan “menjual” kekayaan alamny yg brlimpah, ttapi tdk brpihak pd msyrkt..
    Ki pak pikeran sekam d lumpak ji agak brbeda jama tian pok, tp kurasa jakarta blm bs d jdkn referensi jaminan brwawasan luas,positif,dn BIJAK..!!
    Kilu mahap sunyinni…

  94. BELANGKON..SP SENDER...DUARO UJUNG said

    keti,sanak.sanak .jak gedung.jak tanjung setia,tamung duan
    ketino ,sok pintar,sanak nambi ketino
    api sai pernah keti lakukon,untuk ranau.
    uyunkon,gaoh sekula keti.
    TELUY HABU,PANDAY MAWEK KETI.
    masukan masukan ketino,jaowoh jak angan angan,pejabat oku delatan.masukan ketino,mawek kuruk diakal

    pandai KAMPANG MAWEK KETI

    ki keti mak senang,kiketi mulang kanah.sepoinyak diranau
    nyak ngojek dipasar,simpang

    BY…..BELANGKON,DUARO UJUNG
    sepoiketi gaoh BELANGKON TUKANG OJEK
    SAPA SAI MAK KENAL JAMA BELANGKON

  95. Luck Tj.Setia said

    Assalamualaikum wr wb.
    semakkungni kilu mahap jama keti pok sunyini….
    luhotku.. payu gham selesaiko masalah dg kepala dingin…
    saling kritik, kecurigaan itu biasa di jaman reformasi,
    tujuanni sai, membangun gham nyin lbh baik. asal dang nuduh… temon kudo puaghi?…
    sai lebih penting ghepa carani ngerubah rezim sai lg bekuasa di oku selatan ji.
    butuh keberanian jak masyarkt okus sndiri.. nah ki wat ide2 brilian boleh lah..tq

  96. Pemerhati said

    Apo dak jiku!!
    Ado yg dg soknyo nak ngeledakkan gunung seminung tu, ado yg nak nyari emas yg d tinggalkan sipahit lidah, ado jugo yg KAMPANG!
    tp ado jg yg dingin, bravo luck tj setia.
    Makmano nak maju ranau tu, kalau mak itu terus..
    Lanjak kanlah galo! Ati2 ado kroni2 rezim cak kato ente tu luck tj setia, pecaknyo kamu tu tetanggoan dg sanak gedung tu yo..

  97. aL_ aZis said

    Puakhri_Q sunyinni, kegelisahaan diatas mencerminko kegelisahan sunyinni masyarakat oku selatan khususni ranau. Percekcokan di atas juga mencerminko api sek lagi terjadi di masyarakat nekham khusuni di lom pemerintahan oku selatan.
    reaksi kritis perlu nekhram tunjukko sebagai generasi ranau sek peduli, tetapi reaksi kritis sek ram bangun ke dapok reaksi kritis dekonstruktif-solutif, artini kritis sek mebangun, sek ngejuk solusi atas permasalahn sek wat. lain kritis tapi angkah menghacorko tanpa memberi solusi tawar. alih-alih aga ngejuk solusi melainko angkah nambah hancor manak muakhri.

    ke temon aga ngurusi masalah sek lagi terjadi diranau, tok ko pai egoisme pribadi sek aga menang diwik no, sek ngerasa lebih pintor diwik, sek ngerasa paling berjasa. keberhasilan ngubah ranau dapok terjadi ke nekhram adu satu suara, kemakung satu suara dang harap aga terjadi perubahan. jaringan birokrasi lingkara setan di pemerintaha oku selatan harus dilawan dengan persatuan sek terorganisir lom sai wadah sek sistemik. mengutip sebuah adagium: ” sebuah kejahatan yang kecil tetapi terorganisir akan mengalahkan kebenaran yang besar tetapi tidak terorganisir”.

    CONGCLUTION:
    Sampai kapanpun nekhram mawek dapok ngerubah ranau (OKU selatan), tanpa didasari niat sek tulus jak individu-individu nekhram untuk ngerubah ranau.
    Perubahan OKU selatan dapok terjadi ke nekhram adu satu visi, satu misi sek terorganisir-sistemik dalam satu wadah organisasi tanpa membedakan suku (wong ranau, wong muara duo adalah satu).

    oleh sebab ne, untuk memulai persatuan inji khusus ni untuk kantek jak Gedung, kantek Blangkon jak simpang sender, tamong Duan, rek kantek jak TJ Setia. adu dopai sek sepuncuh-puncuhanno, sampai aga sepagasan. acak nekhram mejong bakhrong walau pun akngkah dilom dunia maya, tukar pikiran, nyepok solusi sek realistis untuk kemajuan ranau. maju terus generasi ranau..:)

    “Inna as-subbana al-yaum, Rijalul Ghodan (“sesungguhnya pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan”) (nurazis99@yahoo.com)

  98. deniranau said

    Alang ke senemon ni perdebatan keti soal ranau no…….
    Tantu keti sunyinni no adu saka mawek gulai iwa mujaer ranau….
    Bang jadi buntak purambuk unyin….
    Acak da keti munggak an pai mid ranau
    Kham sekerma barong2…..
    Mek di hari ko keti ke di ranau tanno adu aga tibangun tian
    RATOS (Ranau Town Square), Tanno adu mulaki ngusi…
    Acak tulungi keti pai ngusini, nyin geluk radu….

  99. Sipahit lidah said

    sedih nyak ngaliak kariloh keti ji. terpaksa arwahku gentayangan aga ngedamaikon keti,kik keti mawek semahafan aga kututup posting sinji.

    kepada yth mederator infokito ini mohon posting untuk wisata danau ranau di blokir saja, karena ini postingnya sudah diluar konten dan agak membawa perpecahan di masyarakat ranau, trimakasih.

  100. Tamong Igol said

    Nyak juga sedih sebenokh ni…
    Kidang aga ti khepako…
    Na payu tagan do riya uiy, ram hari2 ko goh jak jaoh!!!

  101. Sanak GEDUNG said

    Alhamdullah..
    Maseh wat say BIJAK dlom mnanggapi mslh, benokh ana al_azis, dang hak ampai pandai cutek adu ngrasa plg brjasa, ki tumbay angkah pandai “sesiahan”.. Tggu d email, sipahit lidah kgk dl tutup postingny yo, tamong igol tanno d sbekhang api d jkt? Ha.ha.. Salam jama tamong igol ni nihan yu..
    Moderator infokito memang ada yg lbh dahsyat klu lg bhs danau ranau..

  102. simata empat said

    ha…ha… ternyata sipahit lidah gentayangan ngeliat kariloh keti. nyak juga sedih, sipahitlidah kita rua semahafan ya adu jak sepatian, tanno keta rua tutun jelma ranau ji dang injuk kita rua sai agak bermusuhan terus…. ha…ha…ha…

  103. HENDRIYANTO said

    Semakungni na sekendua haga kilu mahaf jm seunyinni pengunjung blog sinji. wat sai pesanku makung kesipak dibahas kuti pengunjung Blok Sinji “Iwa Mejair Kumbang adu Kalah Jama Iwa Nila”. nyambung mawek masalahni sai kucawakon seno,.
    Jelema Pendatang adu lebih maju jak jelema pribumi api masalahni, mani neramji ikah pintar cawa tanpa pintar berbuat ani neram mak pandai begawi semetara sai ratong jak luar mit Ranau ngusung segudang pengalaman tanpa basa basi ani iklan rokok,. tetapi banyak berbuat. jadi jama sai radu ngedok pengalaman di luar ya cuba berbagi pengalaman jama sekam di Ranauji. mani tano zaman internet jadi adu tanpa batas. mak dacok bebudi’an lagi.
    Sebagai contohni posisi lamban dan sekelilingni dacok dipantau jak satelite pakai Google earth repa hak aga cara bebuhungan lagi, …

  104. aL_ aZis said

    Assalamu a’laikum puakhri_q sunyinni……….!

  105. Luck Tj.Setia said

    Alangkah indahni ki gham dpk ngicik dgn kepala dingin, pakai bahasa sai mubangik nengisni,tukogh pikeghan,nyin timbul ide2 gham sai mngkn dapok mecohko masalah sai makin pelik ji,tihaghap nantini gham jadi mukantek bahkan jadi puaghi….dang gham saling puncuh, api lg pakai bahasa sai kasar, angkah mencerminko karakter ghek kepribadian negham gawoh.
    nah ke puaghi sunyini wat ghasani hati
    tentang ketidak beresan pemkab okus, langsung gawoh laporko mit KPK:
    email: pengaduan@kpk.go.id
    Telp: 021-23508389
    SMS : 0811959575 (baca 0811959 kpk)
    08558575575(baca 08558 kpk kpk)

    salam jama manak muaghi sunyini, trutama tetanggo jak gedungno, pemerhati, al-azis, tamong duan dll.

  106. Meranai "nyapah" said

    Meranai cp3 dipa niku? Nyak d jambi..

  107. Andri Ranau said

    Assalamualaikum !!
    numpang liyu puaghi seunyini..
    ai ai..dang keti aga sepagasan uy..puaghi unyin gham ji ^_^
    forum inji kan harus ni jadi ajang silaturhami sesama jelma Ranau di dunia maya? ya wek?? hehehe
    kebetulan gawoh topik ni agak nyimpang jama tema se diatas.tapi wek api2lah..

    payu kembali ke laptop ke ani tukul..
    membangun wisata di danau Ranau harus di mulai jak ram diwik, dalam hal inji penduduk se nempati wilayah di sekeliling dana Ranau. hal inji berarti meliputi seunyin ni Marga Ranau yg sekarang terbagi di lom 3 wilayah administratif.
    membangun di lom paradigma baru mek harus berarti pembangunan delom arti fisik.misal ni pembangunan gedung dll..
    tapi juga pembangunan mental masyarakat sekitar danau unyin siap jadi daerah tujuan wisata.
    inji dapok di mulai jak hal2 se renik. contoh ni :

    1. ngebersehkon way ranau no jak sampah.
    wisatawan tantu ngerasa risih kek ngeliak sampah latap di pinggeran danau.nah mulai tanno hindari kebiasaan ngetok kon sampah di way ranau.
    2. mental pungli.
    kek gham lg midor di way ranau, tantu risok ngeliak se ngakuk retribusi ( se resmi maupun mawek resmi ). iya,kek gham se jelma ranau ji do mawek kena akuk retribusi, kidang cuba kek gam se jadi wisatawan?kuruk pusri kena pungut, kanah liyu air terjun kena luwot, liwat panggal suka marga wat lagi se ngehadang, kanah kuruk banding kena luwot..itung pira kali kena pungutan baik se resmi atau mawek?kek kurasa se jadi wisatawan tantu ngerasa wek nyaman dengan pungutan inji. ain masalah jumlah ni,kidang masalah kenyamanan ni.
    3. kurang akomodasi.
    kek masalah akomodasi tantu wat hubunganni jama jumlah wisatawan.kek wisatawan ramik, tantu aga nyepok oleh2 se khas jak daerah gham ji. komoditas andalan se dapok ti banggako jak daerah gham ji kan lamon. contoh ni jambu puan,mujaer dll. oiya, kek mujaer way ranau nangun terkenal antak ipa2 oleh ni taboh ni.kek mek salah sa di pusri wat
    rang mengan ni se nyaji ko mujaer se segar ampai akuk jak ham. nah injuk rang inji wajib wat di daerah wisata ni.

    nah heno do kurang lebeh ni sumbang saran jak nyak, gegoh gawoh jama se adu komentar se diatas2.mudah2an wat manfaat ni..amin

    p.s mekhanai pekhda suka CP3 ranau tengah ji sapa? abang Rio lain?

  108. mekhanai pekhda suka CP3 ranau tengah said

    nyk lain bang rio nyk anak ni sek wat pabrek di campang selain tamong kemal, mekhanai nyapah nyak di bekasi

  109. MERANAI SIMPANG TIGO.KOTA BATU said

    untuk.bang luki.pengatu nihan jama niku
    keuangan pemkap.oku selatan
    namani..KULIN.asli kota batu

    DENGI2,TIANJAK KOTA BATU,ia lagi nyani lamban
    dana untuk lamban ni gawoh,adu bela 600,juta
    jak ipa,ni,KULIN no .duit
    kilain jak KORUPSI
    lambannisa,ampai,50%

    TULUNG LAPORKON PAI,,,,,LAMBANNI KULINSA,DIBELAKANG RUMAH PUN JAYA

    SALAM SEUNYINNI,UNTUK KANTEK KANTEK,SAY PEDULI REK RANAU

    BAY…..JABAR…KOTA BATU

  110. simata empat said

    emara_now@yahoo.com berkata
    7 Agustus 2008 pada 12:59 pm

    ass, nyak juga jelma khanau,, kidang numpang hukhik di tangerang,,
    tnyata lemon juga jelma khanau di forum inji, nyak wat usul nyani komunitas khusus ranau dunksss, milis ato api ya gawoh,, di tunggu info ni ya,, sapa se dapok nyani ko ni.. tq sunyini,,

    nyambung permintaan sdr emara”

    ajo sekerua sipahitlidah nyanikon komunitas keti : kirim gawoh di email: danauranau@yahoogroups.com.

    keti dacok tukar foto informasi dsb.

    salam kompak jak sekerua.

    luhotni sekeru. dang kik tijual ranauno puari haa…hhaa

  111. Pemerhati said

    Mana!!?

    Koq sepi.

    Mana perdebatannya?
    Pada mau menang sendiri ya..?

    Mana solusi utk wisata danau ranau yg d minta posting..

  112. sairanau said

    hi… pemerhati ..adu aman niku ngurai debat injukni niku ji lain hak jelam ranau asli, pendatang . ikin hak turut-turut ngacau gawoh niku acak niku intok jak ranau ji. ajo sekam lagi nyepok mas kidang bang mansa iwa mas. he…he

  113. among wai curing said

    adu pai keti sai ribut2….

    ija keti singgah di hotel ku di wai curing

    ajo ampai sampai muli jak kerawang…

    soal bayar kamar cukup usungko keti nyak kupi rik gula dang lupa ruti maskut ni…

    lupa… nyak ku juga ampai jak buka warnet di wai curing ji :)

    payu reno gawoh khabar jak sekam dija

    nyak ku aga lanjut lagi,ajo lg webcam an jama muli jak subik

  114. Pemerhati said

    Nyak ji jelma ranau tek, ngeliak debat ni kantik jak gedung lawan tamong duan dll, kidang mek ngedok moderator ni jd payah nymbung ni.. Nyakku spakat injuk ani kantik jak gedung, ngebantu ranau angkah wat mujaer d balik batu, kpn aga nya nyaleg!
    Sairanau acak niku mid waicuring no kantik bukak langganan pecakni kenyin nekham munggak wat jg penghandop ni kudo?, asli tek jelma ranau dang dikayun intok puakhi, kanah mek ngeliak tamong duan aga ngeledak kon gunung seminung..

  115. prajuritsawang said

    ha..ha.. seru juga posting sinji, nyak yakin minak muari sai nutuk posting inji angkah bugurau gawoh ngelebonkon kepengatan jak macul atau jak ngurit di darak. hha…
    rik… sketiraman jama sai rantau dengan sekaligus menjembati komunikasi ram sai diranau jama sai dirantau. teruskan pak sapisuhan… dak jak hati.. mong …. karna indentitas say posting ji kosong. dang2 yano kakak atau puari diwik ..heee…. hee salam jak lumpak way ji…hi…hi ram tungga kak buka gawoh ya….

  116. Mekhanai Gedung Duakha said

    Gawi… Gawi ….
    Mek Ngedok Se Enjak Halokni Jak Budebatno kekudo
    Temon Cawani Tamong iggol
    Di Ranau Di Adu disanikotian RATOS (Ranau Town Square) Jak Seno Kanah Aga Di Sanikotian MMRC ( Mega Mall Ranau City)

    Kidang Se Bakhehni jak Seno Nyak sependapat jama se nyawako guai sinji angkah khang kham bugukhau..
    mampan ko tikham di hati khik ngejalin silaturahmi…
    kemayangn ke kham dapok ngebentuk Persatuan Anak Ranau..
    Dang Ke Mena Aga Di puncuh Keti Puakhi, Ajo Sekedakh Usul, Nekhang Kham Seinong inongan. Dang Hak Putinggul Cutik Hak Aga Sepagasan.

    Takhu Pai Antak Ija
    Takhu Pai Antak Sinji
    Sai Ngarang Mekhanai Duakha
    Sai Nulis Sumang Lagi

    Ke Wat Se Minat Khang Nekham Seinong-inongan.. Pepakhada Jelma Khanau
    Ajo Nyak Di 021-7136 1727
    Thank Atas Partisipasini..

  117. Ngusut said

    Nyak Mek Ngedok Komentar ai…
    Kidang Nyak Sependapat Jama Ketipok Se Wat Usul Kham Nyani Persatuan Khusus Jelma Khanau…
    Dang Sampai hak hekhi pakhda kham
    Mai Kham Khususni Jelma Khanau ji Maseh Puakhi Khedik.
    Ke Wat Se Minat Khang Kham Ngejalin Silaturahmi Ajo Sekam Di
    beat_ranau@yahoo.com
    Tekhimakaseh yu… Sekam Lancakh…
    Wassalam….

  118. Tamong Nawai.. said

    Api Gawi Keti Tuah..
    Acak KetiMulang Mit Khanau..
    Ajo Pekon Keti Do…
    Adupai se Ngelacokh Induh-induh
    Ajo Ki Sekam Gila Gelahkni Adu Mutuha..
    Sapa Keti Se Umpu Ni Tamong Iggol,,,?
    Sekam Tumbai Bakhong Mekhanai Khik Tamong Keti No.
    Nik VITAK Ya…

  119. Kumpulan Wayak Khanau said

    Sapa Keti Se Adu Lupa Atau Bahkan Adu lupa Jama Wayak Khanau…
    Ki Keti aga Belajakh..
    Hehayuni Maseh Mungukha
    Ajo Hubungi Keti
    02199947015
    Mawek Hak Bayakh…
    Ajo Pakhda Nekham.
    kidang Ke Wat Belanja Cutik Mek Cigani Transfer Mit BCA Cab. Baturaja 7110662950 a.n pemerintah setempat merangkap pihak keamanan.

  120. Tamong Igol said

    Untuk sek pandai tamong igol…….
    Nyak salah satu umpu ni tamong Igol…..
    Kanah ku cawa ko salammu jama tamong igol sek asli….!!!!
    Kidang sapa niku, api penginong jama tamong igol…????
    Untuk Sunyinni, nyak setuju ke nekham jelma ranau nyani
    komunitas diwik, untuk nekham sunyinni nyawako kehaga,
    nyawako tenyinta, rek nyawako gundah gulana…..!!!!
    Temon do ani sek kementar sa, ranau sa mawek ngehak mubalak ga…!!!
    Retini nekham sek jelma ranau ji, maseh seinongan unyin…
    Maseh butungga ke ruwah buka…
    Jadi, adu pai nekham sepepuncuhan…!!!
    Acak nekham berbagi satu sama lain…
    Berbagi Informasi sek mendidik…
    Nyak yakin jelma sek tesok di forum sinji
    Jak kalangan berpendidikan unyin….

  121. Sanak GEDUNG said

    Injuk jin injuk lain,
    Bakas kabulu dada,
    Injuk ni puakhi unyin,
    Kidang angkah setunggaan dija..

    Ki pak hak aga square,mall api ya jg sai aga d bangun ulun d tanoh ranau kidang dang acak ki angkah mbuyan2 kon jelma ranau gawoh, temon hny untk kampanye ni sai aga NYALEG no gawoh ya..!

    Mekhanai gedung, kpn nekham bakhong sekerma d panggal gedung sai kbr ni tanno mek ngedok lg panggal gedung, sai wat hny panggal pdgratu dn pnggal jepara.. Kidang kham numpang skerhkma gawoh..
    Salam…

  122. Gatolan said

    I Love You uah…Muah…Muah…

  123. Ngusut said

    Ki Wat Wktu Penok Keti Pai Suya Kelimaku Di Pemekhintah Khanau Klik Keti Pai
    beatranau.co.cc
    Plusd Komentarni
    Dang Lupa Yu..
    Sekam Munggak Pai
    Kalau Kok Jemoh Medoh Lagi.

  124. Sanak GEDUNG said

    Nyak umpu ni muneh..
    Niku umpu ni jak unggak tantu, nyak umpuni jak doh..
    Sorry forum, agak personal..

  125. Mekhanai Gedung Duakha said

    Sapa Niku Puakhi… SANAK GEDUNG
    Dipa uma Keti…
    Ke Dapok Ija Kham Se Inong2An
    Ajo Sekam Di beat_ranau@yahoo.com

  126. Tamong Igol said

    Jama Sunyinni, Puakhi2 sek wat di Forum inji
    Ke wat waktu keti pok, singgah pai keti di blogku….
    Kidang harap maklum, gelakh mpai belajar ngebelog..
    Jadi matuh lamon kekuranganni….
    Nyak nunggu saran khek kritikni keti sunyinni…
    Klick : http://www.denyranau.co.cc
    Dang lupa Yu……………

  127. Mekhanai Gedung Duakha said

    Sai Batin Niku Kudo

  128. Sanak GEDUNG said

    Temon ana puakhi..

    Niku sehadapan jama tamong igol no ya..
    Beat Lg on line ya, acak kilu gwoh nmr hp jama abg if ni tamong igol no nekham sms an gwoh..
    Yan, nyak adu jak blog mu kidang lupa mu ngukhuk kon kijan tlg kandau..
    Nyak online pake ponsel jd agak repot!

  129. Khagah Gedung said

    Ki Adu khagah ji Kasi tesok kudo wuy…?
    sekam mukhanai tumbay makkung ngedok forum injuk kheji
    angkah wat sesiahan gawoh…injuk mikhak juga sekam khagah ji
    ki kasi de ana wuii…

  130. sairanau said

    dipa jelam warkuk ji mawek ngedok bunyini……

  131. Gina said

    Nyak tiram jama kantik2ku jak pekon Lombok…

  132. Mekhanai Duakha said

    Tin Niku Online Awk…
    Sapa Khagah Gedung Ji..

  133. Sanak GEDUNG said

    Induh sapa khagah jak gedung ji..???

    lain ki jak sembetung kudo..??

  134. Khagah Gedung said

    Awas keti mekhanai2 ketu keti tulah kanah… nyak ji khagah Gedung Asli nyak mewakili suakha ni Komunitas Khagah2 Ngukha Gedung… kidang ki keti ngaku2 umpu ni TAMONG IGOL Ku Khasa Menna nyak jadi Umpu ni Tamong Igol no. Kanah Keti ku coret jak Silsilah Umpuni Tamong Igol…aga keti kudo??
    Sorry Forum…!!

  135. Sanak GEDUNG said

    Sapa khagah gedung ji? Umpu ni say sepa muneh ana beat.. Khagah unggak api khagah doh, tantu ani kedau blog ji bang kacau kheji ani, isi ni muli mekhanai tamong kajong,

  136. wong kito gilo said

    lanjok kon bye …bang… mang mak itu wong kito … gilo galo hiii…sory just kidding

  137. Sanak sakhi said

    uy puakhi,
    dija lain khang ni cawa khuta.
    kham dija bebagi pemikekhan untuk kemajuan ranau.
    pak mawek ngukhus ranau langsung, y tulung mukekh goh ngasi do.

    sorry,…
    untuk sunyini

  138. makhanai tuha said

    tamong kajong sepokkon pai nyak muli…. ranau

  139. numpang liyu puakhi …
    sekam ji adu saka mek munggak mit ranau, khepa babatan adu muhelau kudo… syukur ke adu helau, mubil mek caput lagi..injuk sekeji..
    Salam tuk unyini..

  140. sanak sakhi said

    kehelau do munggak pai sanak talang.
    kintu kanah niku munggak mek ngedok se nginong niku lagi.
    ke babatan adu btik hlau ni, pak niku ngusung pesawat jg adu wat LAPTER ni, kidang tano disani tan khang balapan.

  141. mekhanai ngukha said

    to : mekhanai Tuha

    wat muli alom pupedom, minjak pubelak-belak.
    repa niku aga mek ?

    asli made in Ranau.

  142. wong kito gilo said

    haa..haaa..haaa. .. payu..jak kik kengisonan tekhus..sesekhan pakai ngehahandop….

    bugakhau gawoh…

  143. sairanau said

    to: makhanai tuha
    wat muli… bathin…. sikop becong…injuk muli putri….bak rik mak ni adu mutuha sana hahana. kidang uba… aga niku kudo ?

    asli jak talang

  144. Untuk dulur-dulur galo pengunjung blog ini, mo kaseh banyak untuk kunjungannyo ke blog ini.

    Cuma, alangke baeknyo, kalu komentarnyo jangan make bahaso daerah, paleng idak bahaso palembang bae, syukur make bahaso indonesia.

    Mungkin ado yang pengen tau isi diskusi kamok-kamok tu (termasuk aku jugo), tapi dak terti dengan bahaso kamu.

    Diminta pengertiannyo untuk menggunoke bahaso yang lebih familiar yo. :D

    Mo kaseh banyak

  145. Tuk Sanak Sakhi, takhima kaseh infoni tentang khanau, kakalau wat khejeki sekam sangmanakan dacok munggak unyin (ngaliak balapan di LAPTER), juga kakalau maseh wat sai nginongni, paling mawek puakhi sanak sakhi…
    Tuk Redaksi Infokito, saran aja… supaya bisa menyerap aspirasi dari isi blog ini, ada baiknya dewan redaksi ada yang berasal dari ranau (karena membahas daerah ranau), atau paling tidak minta bantuan pada yg mengerti bhs tsb. Kami jg berterima kasih adanya blog ini krn bisa sbg media komunikasi (tentunya ttg info2 yang baik dan positif) bagi kami yg jauh dari tanah kelahiran tsb.

    Salam tuk unyini, 100% asli talang

  146. Pemerhati said

    Benar! Utk mnyimpulkan hsl diskusi mesti ad yg ngrti dg bhs ranau krn pmbhsan yg d minta sangat menarik ttg ranau,jd bhs yg d pakai org ranau adlh “ANKON” ktika mreka bhs mslh ranau..
    SARAN:
    klu tdk objektif, aspiratif,ttg dialog,diskusi,debat yg mmpir d blog ini tutup sj posting ttg danau ranau,
    Ganti dg posting wayang kulit maka trima sj bhs yg bnyk muncul adlh bhs wayang!
    KESAN:
    Postingny menarik,jd org2 ranau yg merasa bs msk mk dg bhs ranau pun sy kr g soal..

    Thanks..

  147. aL_ aZis said

    Wo Gina anakni makwo yus sek di semarang ya…?

  148. kancit said

    to among way curing:

    wat …sai sikop kudo….

  149. deniranau said

    Untuk Kancit Cuba Nyepok pai gelakh sek kebenokhan ui….
    Bang Selacor-lacor ni reno…..!!!!
    Akik ti uyunko hurek ji makung kesiwan mujadi jelma….!!!
    Api lagi ke tiusung mek kebenokhan….
    Nyak KECEWA jama keti sunyinni….
    Kidang ke butungga jama among wai curing….
    Cawako, tedai denyak sai yu……

  150. deniranau said

    Untuk Kancit Cuba Nyepok pai gelakh sek kebenokhan ui….
    Bang Selacor-lacor ni reno…..!!!!
    Akik ti uyunko hurek ji makung kesiwan mujadi jelma….!!!
    Api lagi ke tiusung mek kebenokhan….
    Nyak KECEWA jama keti sunyinni….
    Kidang ke butungga jama among wai curing….
    Cawako, tedai denyak sai yu….!!!!!!!!!!!!!

  151. kancit said

    ha…..haa…. yu..deniranau….ana gila in.. infokito no butong…jadi ya posting juga….
    kanah kucawakon jama among wai curing…. kutedaiko…kidang kas ku ya…..ha…ha .. mahaf bugukhau…gawoh…

  152. Beat Gedung said

    Nyak aga muneh ui sek way curing no….
    Matuh wat kudo, nyak kebagian genok seperapat….???

  153. Deny Ranau said

    Na payu kidah ke Reno…..!!!!
    Pak kas mu ya kasido, kidang tibasuh pai ui yu….
    Dipa rang mu ui, kuruk pai mid YM koe deny_ranau@yahoo.com
    Ram Seinong-inong di YM goh…..!!!

  154. […]  http://infokito.wordpress.com/2007/11/25… […]

  155. […] Danau ranau merupakan danau terbesar dan terindah di Sumatera Selatan yang terletak di kecamatan Banding Agung Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan. Jarak tempuhnya adalah sekitar 7-8 jam dari kota Palembang, atau 2-3 jam dari Martapura. Menurut sejarahnya, danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar. Sungai besar yang sebelumnya mengalir di kaki gunung berapi itu kemudian menjadi sumber air utama yang mengisi cekungan/belahan itu. Dan lama-kelamaan lubang besar itu penuh dengan air. Kemudian di sekeliling danau baru itu mulai ditumbuhi berbagai tanaman, di antaranya tumbuhan semak yang oleh warga setempat disebut ranau. Maka danau itu pun dinamakanlah Danau Ranau. Sisa gunung api itu kini menjadi Gunung Seminung yang berdiri kokoh di tepi danau berair jernih tersebut. (Sumber : http://infokito.wordpress.com/) […]

Maaf, form komentar ditutup saat ini.

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: