infokito

Portal Palembang – Jembatan informasi dari kito untuk kito bersamo

Pemekaran Kabupaten Muratara dan PALI Ditunda

Posted by infokito™ pada 26 Oktober 2007

Kepala Pusat Penerangan Depdagri Saut Situmorang mengatakan, pembentukan Kab Musi Rawas Utara (Muratara) dan Kab Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) akan ditangguhkan. Berdasarkan kajian administratif, kedua kabupaten tersebut belum layak untuk dimekarkan.”Kita sudah lihat berkasnya, ternyata data administratifnya masih ada yang belum lengkap,” ujar Saut Kamis (25/10) kemarin, seperti dilansir harian sindo. Dia menyatakan, berkas yang belum lengkap itu belum adanya keputusan bupati kabupaten induk untuk dapat menganggarkan dana dari APBD selama tiga tahun berturut-turut. Keputusan dari provinsi berupa surat Gubernur Sumsel mengenai kepastian alokasi dana bantuan bagi kedua kabupaten tersebut selama tiga tahun berturut-turut pun belum ada. 

”Kita belum mendapat kepastian dananya sehingga kajian administratif dinyatakan gugur. Berkasnya belum dapat diteruskan dalam waktu dekat ini,” tegas dia. Di luar itu, saat ini proses pemekaran daerah baru diperketat. Untuk pemekaran kabupaten/kota, daerah induk minimal harus berusia tujuh tahun dan untuk provinsi 10 tahun. ”Untuk daerah yang sudah dimekarkan akan terus dievaluasi sehingga daerah otonom harus betul-betul menjangkau pelayanan kepada masyarakat,” jelas dia. Indikasi ditundanya pembentukan kabupaten baru itu terlihat dari tidak adanya pembahasan di DPR.

Buktinya, dari 12 usulan inisiatif DPR yang tengah dibahas, tidak ada satu berkas pun soal pembentukan Kab Muratara dan Kab PALI. Di lain pihak, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Sumsel Mulyadin Roham mengaku bahwa berkas Muratara dan PALI telah disampaikan kepada Mendagri pada 22 Juni 2007 lalu. ”Hingga sekarang kita belum dapat petunjuk lebih lanjut. Kalau ada, tentu kita akan disurati sebagai bentuk pemberitahuan,” jelas dia. Dia yakin berkas yang disampaikan telah memenuhi persyaratan.
”Kita mencoba memfasilitasi keinginan masyarakat terhadap pembentukan kabupaten baru ini. Kita lengkapi data, tentu pusat yang akan memprosesnya. Kenyataannya, sampai sekarang belum ada pemberitahuan,” ungkap dia seraya mengkhawatirkan jika proses pemekaran masih belum dibahas dapat mempengaruhi tertundanya pembentukan.

Ketua Forum Pembentukan Kab Muratara Syarkowi Wijaya mengancam akan menutup Jalan Lintas Timur (Jalintim) bila pembentukan Kab Muratara dihambat atau ditunda. Dia menilai, penundaan berarti telah terjadi pengekangan terhadap aspirasi masyarakat Muratara. ”Jangan main-mainlah. Masyarakat akan marah kalau pembentukan Muratara dihalangi. Kita akan blokade jalan,” tukasnya. (siera syailendra/sindo)

14 Tanggapan to “Pemekaran Kabupaten Muratara dan PALI Ditunda”

  1. Suleiman Alwi berkata

    Saya Tegaskan Agar Kab.PALI segera di bentuk,mengingat daera kami di jadikan sapi peras, hasil bumi minyak,perkebunan di kuras tapi kami tidak menikmati pembangunannya,jalan sepanjang 30 KM tidak dirawat,akses jalan kelurahan tidak di aspal,tidak ada pengairan parid jalan , sehingah dalam keadaan hujan hasil pertanian kami sulit untuk di keluarkan dan para pengumpul membelihnya sangat murah,daera kami seharusnya Makmur tapi di kuras untuk membangun daera lain,kami ingin menikmati kemerdekaan hasil kekayaan bumi daera kami, agar rakyat menjadi makmur dengan kemandirian otonom menjadi Kab.Pali kalau sampai Kab.PALI gagal dan Tidak di bahas di DPR RI
    Berarti menghianati aspirasi rakyat,maka rakyat akan marah,kemarahan Rakayt akan melakukan aksi menghentikan semua exploitasi pertambangan minyak,perkebunan kehutanan,dengan aksi masarakat bersama sama,saya kwatir akibat aksi ini akan merugikan kita semua.
    Diharapkan kepada semua pihak agar mengerti aspirasi Rakyat jangan main main apalagi mempermainkan rakyat dengan politik,seperti di saat pilkada Bupati,Gubernur menyuarakan Kab.Pali segera Terwujud kalau tidak menepati Janji membohongi Rakyat, negeri kita akan semangkin mengalammi kesulitan karna di pimpin oleh para pemimpin penghianat dan pembohong untuk itu agar di hargai rakyat jadilah pemimpin yang bijak dan mengerti hati rakyat, segalah sesuatunya kekurangan adm segera kita benahi dan lengkapi dan kepada DPR RI di bahas dan di syahkan Kab. Pali Segera Mungki. Wasalam Suleiman Alwi

    • fatur berkata

      saya tidak bisa memberikan komentar dari semua pertanyaan, akantetapi hanya satu hal saja yg dapat digaris bawahi yaitu (pembentukan kab. PALI Tertunda), berkas Pembentukan PALI sudah diterima oleh Mendagri pada tahun 2007. dan sejak surat itu dikirim kok sampai saat ini belum ada tindaklanjutnya. kemungkinan, dan saya tidak mengatakan kalu kabupaten induk yg kurang berminat untuk memekarkan kab. pali. karena hampir 80% kab. m.enim berpenghasilan di zona II kab. m.enim. jadi sebagai warga pali jangan mau daerah kita hanya diambil kekayaanya saja sedangkan pembangunan didaerah kita sangat dianak tirikan. satu-satunya jalan keluar untuk memekarkan kab. PALI hanyalah Putra Daerah PALI. sebagai putra daerah PALI bila ada masyarakat pali maju dipemilukada pekan depan saya siap mendukung penuh. terima kasih By. Fatur

  2. Johnny Bax berkata

    Spenedapat dengan saudara Suleiman Alwi, bahwa segera PALI di bentuk.
    mengingat bahwa keadaan Pendopo, talang Akar, Tanah Abang, Airhitam dll. tidak ada peningkatan sama sekali, apalagi setelah Minyak dan Gas Bumi yang nyaris habis, tidak ada kontribusi pusat.

    Masyarakat dan rakyat tetap miskin, padahal potensi putra daerah yang semuanya bekerja dan berkarya diluar sungguh luar biasa dan banyak.
    SDM berlimpah tapi hanya sebagian yang mengabdi buat daerah, karena tidak ada yang bisa dikerjakan

    Wasalam

  3. Saya sependapat apa yang dikatakan oleh saudara Johnny Bax bahwa kalau Kab.PALI tidak segera dibentuk maka masyarakat PENDOPO DAN SEKITARNYA akan semakin terpuruk dan semakin miskin, karna pembangunan di daerah pendopo sangat minim dan sarana & prasarananya kurang memadai.

  4. SUBIYANTO PUDIN berkata

    Saya sangat sependapat dengan rencana Pembentukan Kabupaten PALI, hal ini bukannya mau ikut2an tapi memang kondisi aktual daerah Penukal, Abab, Lematang Ilir sangat tertinggal dan belum terjangkau pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Muara Enim.
    Belum lagi dari aspek Bahasa, Sosiologi dan Budaya Daerah PALI sangat berbeda dengan Daerah Muara Enim

    Subiyanto Pudin (Kec.Penukal Utara)

  5. SUBIYANTO PUDIN berkata

    Halo Bung Sulaiman Alwi,Bung Johnny dan Bung Yudinato(Dudhit) salam kenal…Untuk menindaklanjuti perjuangan pembentukan Kabupaten PALI, saya punya usul supaya kita membentuk Komunitas Masyarakat Perantauan asal PALI di JABOTABEK, hal ini penting untuk sebagai Pressur Group ke DPR RI
    Jika Berkenan bisa hubungi email saya pp.fspkep_spsi@yahoo.co.id, dan saya minta alamat email kawan2

    Wassalam

  6. Ramon Zamora berkata

    selamat malam…saya berharap pendopo menjadi kabupaten PALI secepatnya karena memang sudah layak.karena kami sudah sekian lama menunggu agar daerah pendopo menjadi kabupaten.hasil bumi di daerah kami sudah banyak di rampas. orang orang yang tidak bertanggung jawab sehingga daerah kami sangat ketinggalan jauh dari daerah daerah sekitar.contohnya dulu sekayu tidak ada apa apanya dengan pendopo,tapi sekarang pendopo sangat ketinggalan jauh dari sekayu yang rata rata penduduknya makmur. ayo rekan rekan sudah saatnya kita bangkit jangan lagi hasil bumi daerah kita di rampas tangan tangan yang tidak bertanggung jawab.MAJU TERUS PENDOPO…!MAJU TERUS PALI….!

  7. amus berkata

    Sya dkung apa yg dblang Bpk Sarkowi Wijaya,ap bla Muratara tdk trbntuk mka kmi masyarakat akn mblokir Jln Lntas sumatra.

  8. amus berkata

    sdah saatnya msyarakat Muratara mnikmati pemekaran untk daerahnya…hayoo masyarakt muratara rapatkan barisan mu..dan trus maju smpai tetes darah terakhir..I love U Fuulll Muratara..

  9. aka cholik berkata

    saya aka cholik,selaku ketum forum aspirasi kepedulian rakyat lematang,dengan sangat memohon kepada DPR RI untuk di kemukakan ke prersiden RI,agar mempertimbangkan kemajuan daerah kami yang mukin tertinggal dgn daerah-daerah lain,kami tidak mempertidak kinerja kab.muara enim namun kita tau keterbatsan waktu dan lain sebagainya di karnakan sangat luas sekali wilayanya,dengan adanya program otonomi daerah tingkatkan pelayanan publik,dengan cara mempercepat pemekaran pali bayangkan masyarakat tanah abang ingi ke ibukota muara enim menempu jarak 2,5 jam belum lagi masyarakat benakat minyak lebikurang 4 jam,mhn.. dengarkan suara rakyat kami apalagi sekarang ketua DPR RI,MPR,KT D.III DPD(PAK M.ALI.TAUPIK K,PERCHA L)WONG PALEMBANG AYO BANGUN SUM-SEL PAK,terimakasih..ada salah mhn dimaafkan ini suara hati masyarakat lematang…(kec.tanah abang)

  10. Nando muara sungai berkata

    Saya setuju dgn pendapat kak olek. sepatutnya kita sadari bahwa pembangunan di daerah penukal, abab dan lematang ilir agak kurang diperhatikan.
    Saya punya usul, bagaimana kalau kita adakan audensi ?? Kita kumpulkan semua masyarakat PALI, baik itu masyarakat umum maupun para mahasiswa.
    Jika ini memang kehendak kita bersama dan untuk kemajuan daerah kita semua, mengapa tidak kita berjuang besama-sama.

  11. YAYAN,,,,,, berkata

    ketakutan warga pendopo ,,penukal dan sekitar,,mengenai kendala kendala yang terjadi selama ini atas ke tidak merdekaan mereka,,,, puluhan tahun,, dak kate dikit be ilok nyo….. harapan mereka, untuk para pejuang yang selama ini mengaku sebagai pejuang PALI,,, agar kira nya lebih profesianal lagi,, dan bersatu untuk satu kesatuan berjuang tuk pendopo…././/./././/./.,.// jangan hanya mengaku sebagai pejuang kalo dak berani bekorban.. dalam arti luas berkorban dengan ikhlas,, dan tidak mengharap suatu timbal balik, apa lagi mau cari keuntungan sepihak,,, MERDEKA PENDOPO,, BAKTI KU UNTUKMU PALI….

  12. Zinkser Babat berkata

    SeminsL nya saja q udah lu2s kuliah di Jogja, q ingin sekali membentUk kab. PALI berSama warga2 PALI.

    Doain aja dua tahun lagi lu2s.
    Itu cita2ku jangka panjang nanti.
    Kalo mengharapkan dr yg lalu itU tidak ada aCtioN na.

    Mari kita tUnjUkan aksi qta, bukan hanya ngoMoNg doaNk.

    • fatur berkata

      sngat setuju, kalo’ bukan wang kite asli yg memperjuangke PALI pasti diperlambat wang, cubolah kalo wang kitek jadi bupati pasti mudah, nah kedepan aku dak kade lagi temakan janji2 palsu wang lain, man ade wang kitek nak ngape wang lain.

      Buat Zinkser (Jempol dua). semoga cita2 tercapai

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 36 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: